Pedoman Penskoran Soal Uraian
Pedoman
penskoran merupakan panduan atau petunjuk yang menjelaskan tentang :
1. batasan atau kata-kata
kunci untuk melakukan penskoran terhadap soal-soal bentuk uraian objektif.
2. tuliskan kemungkinan-kemungkinan jawaban.
3. kriteria-kriteria jawaban yang digunakan untuk
melakukan penskoran terhadap soal-soal uraian
nonobjektif.
Pedoman
pemberian skor untuk setiap butir soal uraian harus disusun segera setelah
perumusan kalimat-kalimat butir soal tersebut. Banyak penulis soal yang
memiliki kebiasaan kurang baik seperti menuliskan pedoman pemberian skor soal
bentuk uraian ketika akan memeriksa pekerjaan siswa. Cara ini tidak baik dan
kurang dapat dipertanggungjawabkan karena dapat mempengaruhi objektivitas
penskoran dan penilaian. Bila cara ini digunakan guru di kelas, objektivitas
yang diinginkan dalam tes bentuk uraian tidak akan dapat tercapai.
Contoh soal Uraian objektif :
Buatlah 2 (dua) kalimat dengan
menggunakan kata maha !
Pedoman penskoran
No.
|
Kunci / Kriteria
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Ketepatan penulisan ejaan kata
maha
|
0 – 2
|
|
Jika kata yang mengikuti kata maha adalah kata dasar, penulisannya
|
|
|
harus digabungkan
|
|
|
Contoh : Mahakuasa,
Mahaesa, Mahaperkasa
|
|
|
Jika kata yang mengikuti kata maha adalah bukan kata dasar,
|
|
|
penulisannya dipisah.
|
|
|
Contoh : Maha Pengasih, Maha Penyayang
|
|
|
Jika kedua kalimat menggunakan
kata maha yang tepat penulisan
ejaannya
|
2
|
|
Jika hanya satu kalimat yang
menggunakan kata maha secara tepat
penulisan ejaannya
|
1
|
|
Jika kedua kalimat menggunakan
kata maha yang tidak tepat
penulisan ejaannya
|
0
|
|
|
|
2.
|
Ketepatan struktur kalimat
|
0 – 2
|
|
|
|
|
Kedua kalimat memiliki struktur
yang tepat
|
2
|
|
Hanya 1 kalimat yang memiliki
struktur yang tepat
|
1
|
|
Kedua kalimat memiliki struktur
yang tidak tepat
|
0
|
|
|
|
Contoh soal Uraian Nonobjektif :
Tulislah cerita
tentang pengalaman pribadimu waktu liburan semester !
Perhatikan
keserasian judul dengan isi, ejaan, pilihan kata, struktur kalimat, kepaduan
antarkalimat, kepaduan antarparagraf, dan isi keseluruhan !
Pedoman penskoran
No.
|
Kunci / Kriteria
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Kesesuaian antara judul dan isi cerita
|
0 – 2
|
|
Judul sesuai dengan isi cerita
|
2
|
|
Judul agak sesuai dengan isi
cerita
|
1
|
|
Judul tidak sesuai dengan isi
cerita
|
0
|
|
|
|
2.
|
Ketepatan ejaan
|
0 – 3
|
|
Tidak ada kesalahan ejaan
|
3
|
|
Ada sedikit kesalahan ejaan
|
2
|
|
Ada beberapa kesalahan ejaan
|
1
|
|
Ada banyak kesalahan ejaan
|
0
|
|
|
|
3.
|
Ketepatan pilihan kata
|
0 – 3
|
|
Semua kata dipilih secara tepat
|
3
|
|
Ada sedikit kata dipilih secara
tidak tepat
|
2
|
|
Ada beberapa kata dipilih secara
tidak tepat
|
1
|
|
Banyak kata dipilih secara
tidak tepat
|
0
|
|
|
|
4.
|
Ketepatan struktur kalimat
|
0 – 3
|
|
Semua kalimat memiliki struktur
yang tepat
|
3
|
|
Ada sedikit kalimat yang
memiliki struktur yang tidak tepat
|
2
|
|
Ada beberapa kalimat yang
memiliki struktur yang tidak tepat
|
1
|
|
Ada banyak kalimat yang
memiliki struktur yang tidak tepat
|
0
|
|
|
|
5.
|
Kepaduan antarkalimat
|
0 – 2
|
|
Semua kalimat padu
|
2
|
|
Agak padu
|
1
|
|
Tidak padu
|
0
|
|
|
|
6.
|
Kepaduan antarparagraf
|
0 – 3
|
|
Semua paragraf padu
|
3
|
|
Sedikit paragraf yang tidak
padu
|
2
|
|
Beberapa paragraf tidak padu
|
1
|
|
Tidak padu
|
0
|
|
|
|
|
Skor maksimum
|
16
|
|
|
|
DAFTAR KEPUSTAKAAN
Subiono,
Drs., M.A., dkk. 1982. Buku Panduan Evaluasi Belajar untuk Sekolah
Lanjutan Umum. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
1989. Kurikulum Sekolah Menengah Pertama ( S M P ) : Petunjuk Pelaksanaan
Penilaian. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia
Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1989. Pedoman Umum
Penyelenggaraan Administrasi Sekolah Menengah. Jakarta : Balai Pustaka
---.
1989. Pedoman Penelaahan, Perbaikan, dan Perakitan Soal. Jakarta
: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
dan Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
1989. Pedoman Penulisan Soal Bahasa Indonesia SMTP. Jakarta :
Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
dan Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
1993. Kurikulum Pendidikan Dasar : Landasan, Program, dan Pengembangan. Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Syarif,
Drs. Ismed., cs. 1985. Komponen Evaluasi dalam Pengajaran sebagai Suatu
Sistem. Jakarta : Roda Pengetahuan
---.
1996. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) : Petunjuk Teknis
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia. Jakarta : Direktorat Pendidikan
Menengah Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
1997. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) : Petunjuk Teknis
Mata Pelajaran : Matematika. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah
Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
1999. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta : Direktorat Pendidikan
Menengah Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
2000. Penilaian dan Pengujian untuk Guru SLTP. Jakarta :
Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan
Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar