# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Jumat, 17 Juni 2016

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 8 tentang Mengenalkan Literatur pada Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Prodi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

1. Sebutkan literatur apa yang sesuai untuk dapat digunakan oleh anak-anak PAUD ! Sudah saya sebutkan tadi.
2. Beberapa penulis cerita anak kontemporer saat ini menghasilkan karya literatur yang bersifat mendidik. Sebutkan !
3. Literatur salah satu sarana yang efektif menambah pengetahuan. Jelaskan maksudnya ! Literatur adalah sumber informasi yang berisi tulisan dan / atau gambar. Semua sumber bacaan disebut literatur. Literatur yang sesuai dengan anak usia dini akan menjadi sarana yang efektif bagi anak untuk menambah pengetahuan. Misalnya, buku yang berisi gambar tentang alat-alat transportasi dulu dan sekarang. Tentu saja buku tersebut akan menambah pengetahuan anak tentang alat-alat transportasi. Begitu pula buku-buku lainnya. Tentu saja literatur berupa novel atau roman tidak sesuai untuk anak usia dini. Sebaik dan semenarik apa pun literatur yang disediakan tidak akan efektif jika guru menyajikan pembelajaran dengan tidak menyenangkan. Perasaan senang akan membangkitkan gairah belajar siswa.
4. Jelaskan apa yang dimaksud pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari secara klasikal ! Pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari secara klasikal maksudnya dipelajari secara bersama-sama, misalnya mengucapkan vokal a, i, u secara bersama-sama mengikuti guru.
5. Apa peran literatur dalam pengenalan bahasa anak usia dini ? Literatur merupakan salah satu dari sarana yang efektif untuk menambah pengetahuan melalui beraneka ragam bahan bacaan. Berbeda dari pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari secara klasikal, penyediaan berbagai bahan pustaka sebagai literatur secara individual dapat dimanfaatkan oleh anak dalam pengembangan bahasanya. Anak yang antusias dan respek dengan bahan bacaan tentu akan lebih baik kemampuan berbahasanya dibandingkan dengan anak yang tidak peduli dengan bahan bacaan. Pembelajaran secara klasikal hanya sedikit membekas dalam diri anak dibandingkan dengan pengalaman membaca atau melihat bahan bacaan yang dilakukan anak secara individual. Anda bisa melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk mengetahui kebenaran pendapat ini.
6. Apa yang dimaksud dengan sejarah literatur ? Baca modul halaman 8.3 – 8.5 !
7. Apa yang dimaksud dengan literatur ?
8. Apa saja yang termasuk hakikat literatur ? Literatur adalah sumber informasi yang berisi tulisan dan / atau gambar.
9. Bagaimana prinsip pemilihan dan pengadaan literatur untuk anak usia dini ? Baca modul halaman 8.21 – 8.23! Baca juga modul halaman 8.13 – 8.14!
10. Sebutkan manfaat buku bagi anak ! Sudah saya sebutkan.
11. Sebutkan contoh-contoh literatur yang dapat digunakan untuk pengembangan bahasa anak ! Sudah saya sebutkan.
12. Apa yang dimaksud dengan kontemporer ? Cari di KBBI, ya !
13. Apa yang dimaksud dengan bibliografi khusus, indeks, dan abstrak ? Bibliografi khusus berisi daftar kepustakaan khusus, misalnya tentang pertanian, perikanan. Biasanya bibliografi terdapat pada akhir sebuah buku. Indeks berisi sekumpulan penjelasan tentang kata-kata penting dalam sebuah buku yang disusun secara alfabetis. Sedangkan abstrak berisi penjelasan ringkas tentang sesuatu hal. Kalau saya tidak bisa memuaskan Anda, silakan tanyakan kepada atok gugel.
14. Apa yang dimaksud dengan dokumen lain seperti standar, paten, pamflet, brosur, kliping ? Baca modul halaman 8.10 ! Saya tidak paham maksud kata standar dan paten pada halaman tersebut. Bisa jadi (dokumen) standar dimaksud semacam surat keputusan (SK), permen, PP, atau surat perintah tugas. Sementara yang dimaksud (dokumen) paten semacam surat izin tempat usaha ( SITU ), surat halal dari MUI, atau surat-surat berharga. Pamflet berupa ringkasan risalah sesuatu hal; biasanya dicetak dengan bentuk semenarik mungkin. Brosur berupa terbitan tidak berkala sejumlah beberapa lembar kertas tentang sesuatu hal; biasanya dibagikan atau ditempel di tempat-tempat tertentu. Kliping berupa sekumpulan naskah cetak tentang sesuatu; naskah tersebut bisa berasal dari koran atau majalah. Silakan tanyakan kepada atok gugel, perbedaan pamplet, leaflet, dan booklet.
15. Apa yang dimaksud dengan sentimentil ? Menyentuh perasaan, biasanya membuat sedih atau terharu.
16. Jelaskan cara memberi dasar-dasar ke arah belajar secara mandiri ?
17. Bagaimana cara mengatasi anak yang tidak suka dengan literatur yang telah disediakan di sekolah? Bangkitkan gairahnya. Jangan paksakan dia! Bukan itu kegemarannya/minatnya. Ubah suai literatur itu menjadi ke arah minatnya tersebut. Usahakan semaksimal mungkin agar literatur yang terdapat di TK / PAUD senantiasa bersih, rapi, teratur, (bila perlu) wangi. Hal itu tentu butuh kreativitas guru. Namun demikian, jika 99% anak menyenangi literatur yang terdapat di sekolah, jelaslah bahwa anak itu yang bermasalah. Untuk mengatasi anak secara individual diperlukan usaha tambahan dan intensif dari sang guru. Inilah peluang ibadah sang guru. Kelak guru akan mendapat insentif dari Tuhan.
18. Apa dampak negatif atau dampak positif apabila seorang guru selalu membacakan dongeng untuk  anak usia dini ?
19. Apakah ada dampak negatif atau positif bagi anak yang suka membaca buku komik kartun ? Ada. Negatifnya, secara psikologis bisa saja dia mencontohikuti tokoh dalam buku yang dibacanya itu. Apalagi kalau Sinchan yang dibacanya. Tidak ada sedikit pun nilai positif dari buku / film Sinchan. Positifnya, kemampuan berbahasanya akan lebih baik dibandingkan yang lain. Akan tetapi, jarang-jarang ada anak usia dini ( 0 – 6 tahun ) yang suka membaca buku komik. Bisa jadi hanya melihat gambar saja.
20. Apakah komponen yang paling mendasar dalam kriteria literatur anak? Informasi berupa gambar atau tulisan.
21. Literatur apa yang baik digunakan untuk anak TK / PAUD ? Literatur untuk anak usia dini lebih ditekankan pada gambar tanpa teks. Baca modul halaman 8.11 !
22. Apa sajakah manfaat dari kegunaan literatur ? Baca modul halaman 8.5 !
23. Apa saja contoh-contoh literatur yang tepat untuk anak di usia dini ?
24. Apa contoh dari literatur ? Baca modul halaman 8.10 – 8.16 !
25. Bagaimana cara mengenalkan literatur pada anak usia dini ? Baca modul halaman 8.20 – 8.30 !
26. Apakah peranan literatur itu ada kaitannya dengan perkembangan anak ? Baca modul halaman 8.5 – 8.6; 8.13 – 8.15; 8.21 – 8.23 !
27. Bahan pustaka atau literatur yang dapat disediakan untuk pengembangan bahasa anak, mencakup dalam karya elektronik, seperti disket, pita magnetik, selongsong. Apa yang dimaksud dengan disket, pita magnetik, selongsong ? Pita magnetik itu CD/DVD sedangkan selongsong itu maksudnya flashdisk. Kalau saya tidak memuaskan, tanyakan saja kepada tok gugel.
28. Apa perbedaan literatur dan perpustakaan ? Literatur itu buku atau dokumen, baik cetak maupun elektronik. Perpustakaan ... .

Sumber :

Buku Materi Pokok Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa
Modul 8 Mengenalkan Literatur pada Anak
Dra. Sri Wulan, M.Si.
Jakarta : Universitas Terbuka, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar