Perbaikan Soal
Setelah soal
ditelaah dengan menggunakan kartu telaah, langkah selanjutnya adalah mengadakan
perbaikan soal. Untuk mendapatkan soal yang siap rakit, diperlukan perbaikan
soal dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Perhatikan kriteria yang bertanda cek (ü)
dalam kolom “tidak” pada kartu
telaah.
2.
Perhatikan catatan yang terdapat pada kartu telaah.
3.
Perbaiki soal berdasarkan kriteria yang mendapat tanda
cek (ü)
dalam kolom “tidak” pada kartu
telaah dan catatan yang terdapat pada kartu telaah.
Langkah-langkah tersebut dapat dirinci
sebagai berikut :
1.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 1, perbaiki soal sehingga sesuai dengan indikator.
Indikator : siswa dapat menyebutkan salah satu hasil Konferensi Asia Afrika.
Contoh
soal yang kurang baik
Salah satu dampak positif diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika
bagi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika adalah … .
a.
mendorong kebangkitan semangat
kebebasan dan kemerdekaan
b.
banyak negara penjajah yang
memerdekakan daerah jajahannya
c.
timbulnya rasa antipati kepada
negara-negara imperialis
d.
timbulnya tuntutan kemerdekaan
dari negara-negara terjajah
Kunci : A
Contoh soal yang lebih baik
Salah satu hasil Konferensi Asia Afrika tahun 1955 adalah … .
a.
menghormati kedaulatan dan
integritas teritorial semua bangsa
b.
mengadakan kerjasama politik
antarnegara di Asia-Afrika
c.
memberi bantuan persenjataan
bagi negara yang ingin merdeka
d.
memberi bantuan dana bagi
negara-negara miskin di Asia-Afrika
Kunci : A
Indikator
: Siswa dapat menerapkan konsep
sifat-sifat cahaya yang berkaitan dengan fungsi bagian-bagian mata pada
manusia.
Contoh soal yang kurang
baik
Alat optik yang dapat membantu manusia melihat sesuatu
yang jauh menjadi lebih jelas adalah … .
a.
mikroskop b.
kamera c. teleskop d. proyektor
Contoh soal yang lebih baik
Bagian mata yang mengatur
banyaknya cahaya yang masuk adalah … .
- pupil b. retina c. kornea d. selaput iris
Indikator : Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat
menentukan sinonim salah satu kata dari kalimat tersebut.
Contoh soal yang kurang
baik
Kalimat
yang menggunakan sinonim kata adalah …
a.
Perempuan itu ternyata masih ganda.
b.
Adikku anak cerdik dan pandai.
c.
Orang kaya itu sukses dalam pekerjaannya.
d.
Bu Ani mendidik anaknya dengan lemah lembut.
Contoh soal yang lebih baik
Sumber
daya alam belum dieksploitasi secara optimal.
Sinonim kata eksploitasi pada kalimat di atas adalah … .
- perluasan b. pemanfaatan c. pengembangan d. pendayagunaan
2.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 2, perbaiki soal sehingga pilihan jawabannya berfungsi dan logis.
Contoh soal yang kurang
baik
“Bukan satu, bukan dua, bukan sepuluh, tetapi
beratus-ratus tokoh yang tamat dari sekolah ini.”
Kalimat itu menggunakan majas … .
a. klimaks b. sastra c. ilmiah d. antiklimaks
Contoh soal yang lebih baik
“Bukan satu, bukan dua, bukan sepuluh, tetapi
beratus-ratus tokoh yang tamat dari sekolah ini.”
Kalimat di atas menggunakan majas … .
a. klimaks b. antiklimaks c. repetisi d. paralelisme
3.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 3, perbaiki soal sehingga hanya mempunyai satu jawaban yang benar atau
yang paling benar.
Contoh soal yang kurang
baik
Salah
satu puisi karya Chairil Anwar adalah … .
- Diponegoro b. Berdiri Aku c. Karangan Bunga d. Gadis Peminta-minta
Contoh soal yang lebih baik
Salah
satu puisi karya Chairil Anwar adalah … .
- Doa Ibu b. Berdiri Aku c. Karangan Bunga d. Gadis Peminta-minta
Contoh soal yang kurang
baik
Bahan makanan yang berfungsi sebagai sumber energi adalah … .
a. ikan b. sayur bayam c. kentang d.
susu
Contoh soal yang lebih baik
Bahan makanan yang berfungsi
sebagai sumber energi adalah … .
a. ikan b. sayur bayam c. kentang d. jeruk
4.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 4, perbaiki soal sehingga pokok soal menjadi singkat, jelas, dan
tegas.
Contoh soal yang kurang
baik
Pernyataan
manakah yang benar ?
a.
lambung menghasilkan enzim untuk mencerna protein
b.
usus halus menyerap sari-sari makanan
c.
di mulut terjadi pencernaan zat gula
d.
pangkreas menghasilkan cairan empedu
Contoh soal yang lebih baik
Proses
pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus halus adalah … .
- perombakan tepung menjadi maltosa
- penyerapan air dan garam-garam mineral
- penyerapan sari-sari makanan
- pelarutan partikel-partikel makanan
5.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 5, perbaiki soal sehingga rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus
merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
Contoh soal yang kurang
baik
Zakat
berasal dari kata tazkiyah. Hukum zakat mal adalah … .
a.
sunat b. fadhu a’in c. boleh d. a dan c betul
Contoh soal yang lebih baik
Hukum
zakat mal adalah … .
a. sunat b.
fadhu a’in c. boleh d. fardhu kifayah
6.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 6, perbaiki soal sehingga pokok soal tidak memberi petunjuk ke arah
jawaban benar.
Contoh soal yang kurang
baik
Segitiga sama sisi mempunyai tiga sudut yang sama besar. Jika salah
satu sudutnya 60o, maka besar sudut yang lain adalah … .
a. 30o b. 45o c. 60o d. 90o
Contoh soal yang lebih baik
Besar setiap sudut segitiga sama sisi adalah … .
a. 30o b. 45o c. 60o d. 90o
7.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 7, perbaiki soal sehingga pokok soal tidak mengandung pernyataan yang bersifat negatif
ganda.
Contoh soal yang kurang
baik
Bilangan berikut ini bukan bilangan prima, kecuali adalah … .
a. 1 b.2 c.
6 d. 9
Contoh soal yang lebih baik
Bilangan berikut yang merupakan bilangan prima adalah … .
a. 1 b.2 c. 6 d. 9
8.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 8, perbaiki pilihan jawaban sehingga semua pilihan jawaban homogen dan
logis.
Contoh soal yang kurang
baik
Alat optik yang digunakan untuk memperoleh bayangan dari gambar
kecil menjadi besar adalah … .
a. teleskop b. proyektor c. periskop d. stetoskop
Contoh soal yang lebih baik
Alat optik yang digunakan untuk memperoleh bayangan dari gambar
kecil menjadi besar adalah … .
a. teleskop b. proyektor c. periskop d. kamera
9.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 9, perbaiki pilihan jawaban
sehingga semua pilihan jawaban relatif sama panjang.
Contoh soal yang kurang
baik
Pernyataan berikut yang merupakan hukum kekekalan energi adalah
energi … .
a.
dapat diciptakan
b.
dapat berpindah
c.
tidak dapat diciptakan dan
tidak dapat dimusnahkan
d.
tidak dapat berubah
Contoh soal yang lebih baik
Pernyataan berikut yang merupakan hukum kekekalan energi adalah
energi … .
a.
dapat diciptakan dan dapat
dimusnahkan
b.
dapat berpindah dari satu
tempat ke tempat lain
c.
tidak dapat diciptakan dan
tidak dapat dimusnahkan
d.
tidak dapat berubah dari satu
bentuk ke bentuk lain
10.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 10, perbaiki pilihan jawaban
yang mengandung pernyataan, “Semua pilihan jawaban di atas salah” atau
“Semua pilihan jawaban di atas benar.”
Contoh soal yang kurang baik
Peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik pada proses
penyerbukan dinamakan … .
a. persarian b.
pembuahan c. fertilasi d. semua jawaban benar
Contoh soal yang lebih baik
Peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik pada proses
penyerbukan dinamakan … .
a.
persarian b. pembuahan c. fertilasi d. peleburan sel
11.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 11, perbaiki pilihan jawaban
tersebut sehingga urutan angka atau urutan waktunya menjadi benar.
Contoh soal yang kurang baik
Rukun
iman ada … .
a.
6 b. 5 c. 10 d. 12
Contoh soal yang lebih baik
Rukun
iman ada … perkara.
a. 5 b.
6 c. 10 d. 12
12.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 12, perbaiki grafik, gambar, tabel, diagram, dan sejenisnya yang
terdapat pada soal sehingga menjadi jelas dan berfungsi.
Contoh soal yang kurang baik
( disajikan 2 ( dua ) buah gambar saja )
Motorcycle A is … motorcycle B.
a. as cheap as b. cheaper than
c. as expensive as d. more expensive than
Contoh soal yang lebih baik
Look at the picture !
Motorcycle A is … motorcycle B.
a. as cheap as b. cheaper than
c. as expensive as d. more
expensive than
13.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 13, perbaiki soal agar tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya
dan menjadi soal yang mandiri.
Zat yang diperlukan untuk proses pembakaran adalah … .
a. CO2 b. O2 c. N2 d. H2O
Contoh soal yang kurang baik
Berapa persen dari zat yang
dihasilkan pada jawaban di atas terdapat di udara sekitar kita ?
a. 10% b. 20% c.
25% d. 50%
Contoh soal yang lebih baik
Zat O2 yang terdapat di udara sekitar kita adalah
sejumlah … .
a. 10% b. 20% c.
25% d. 50%
14.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 14, perbaiki soal tersebut sehingga menjadi soal yang menggunakan
bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Contoh soal yang kurang baik
Adapun keluar dan masuknya
udara pernapasan pada serangga terjadi melalui ….
a. kulit b. stigma c. trakea d. trakeolus
Contoh soal yang lebih baik
Keluar masuk udara pernapasan
pada serangga terjadi melalui ….
a. kulit b. stigma c. trakea d. trakeolus
15.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 15, perbaiki soal tersebut sehingga menjadi soal yang tidak
menggunakan bahasa / istilah yang berlaku setempat.
Contoh soal yang kurang
baik
Percil bernapas dengan . . . .
a. paru-paru b. kulit c. insang d.
trakea
Contoh soal yang lebih baik
Berudu bernapas dengan . . . .
a. paru-paru b. kulit c. insang d.
trakea
16.
Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada
kriteria 16, perbaiki soal tersebut sehingga pilihan jawaban tidak mengulang
kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.
Contoh soal yang kurang baik
“Have you ever been to Batam ?”
“Yes, … .”
a.
I have been to Batam twice
b.
I have been to Batam for two
years
c.
I have been to Batam in 1999
d.
I have been to Batam since
January
Contoh soal yang lebih baik
“Have you ever been to Batam
?”
“Yes, I have been to Batam ….”
a.
twice
b.
for two years
c.
in 1999
d.
since January
Contoh soal yang kurang
baik
Umur suatu fosil dapat diketahui dengan cara … .
a.
menentukan zat yang terkandung
dalam fosil
b.
menentukan ukuran dan bentuk
fosil tersebut
c.
menentukan lapisan tanah tempat
ditemukan fosil
d.
menentukan jenis tumbuhan di
atas tanah fosil
Contoh soal yang lebih baik
Umur suatu fosil dapat diketahui dengan cara menentukan … .
a.
zat yang terkandung dalam fosil
b.
ukuran dan bentuk fosil
tersebut
c.
lapisan tanah tempat ditemukan
fosil
d.
jenis tumbuhan di atas tanah
fosil
Contoh soal yang kurang
baik
Disebut suara yang harmonis adalah … .
a. suara yang enak b. suara yang serasi
c. suara yang manis d. suara yang halus
Contoh soal yang lebih baik
Suara yang harmonis adalah suara yang … .
a. enak b. serasi c. manis d. halus
Contoh soal yang kurang
baik
Di bawah ini yang termasuk
start jongkok, kecuali … .
a. start pendek b. start menengah c. start panjang d. start berdiri
Contoh soal yang lebih baik
Di bawah ini yang termasuk
start jongkok, kecuali start … .
a. pendek b. menengah c. panjang d. berdiri
DAFTAR KEPUSTAKAAN
Subiono,
Drs., M.A., dkk. 1982. Buku Panduan Evaluasi Belajar untuk Sekolah
Lanjutan Umum. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
1989. Kurikulum Sekolah Menengah Pertama ( S M P ) : Petunjuk Pelaksanaan
Penilaian. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia
Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1989. Pedoman Umum
Penyelenggaraan Administrasi Sekolah Menengah. Jakarta : Balai Pustaka
---.
1989. Pedoman Penelaahan, Perbaikan, dan Perakitan Soal. Jakarta
: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
dan Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
1989. Pedoman Penulisan Soal Bahasa Indonesia SMTP. Jakarta :
Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
dan Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
1993. Kurikulum Pendidikan Dasar : Landasan, Program, dan Pengembangan. Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Syarif,
Drs. Ismed., cs. 1985. Komponen Evaluasi dalam Pengajaran sebagai Suatu
Sistem. Jakarta : Roda Pengetahuan
---.
1996. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) : Petunjuk Teknis
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia. Jakarta : Direktorat Pendidikan
Menengah Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
1997. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) : Petunjuk Teknis
Mata Pelajaran : Matematika. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah
Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
1999. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta : Direktorat Pendidikan
Menengah Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---.
2000. Penilaian dan Pengujian untuk Guru SLTP. Jakarta :
Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan
Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar