# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Jumat, 16 Oktober 2015

Perbaikan Soal ; Revisi Soal

Perbaikan Soal

Setelah soal ditelaah dengan menggunakan kartu telaah, langkah selanjutnya adalah mengadakan perbaikan soal. Untuk mendapatkan soal yang siap rakit, diperlukan perbaikan soal dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Perhatikan kriteria yang bertanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kartu telaah.
2.      Perhatikan catatan yang terdapat pada kartu telaah.
3.      Perbaiki soal berdasarkan kriteria yang mendapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kartu telaah dan catatan yang terdapat pada kartu telaah.
Langkah-langkah tersebut dapat dirinci sebagai berikut :
1.      Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 1, perbaiki soal sehingga sesuai dengan indikator.
Indikator : siswa dapat menyebutkan salah satu hasil Konferensi Asia Afrika.
Contoh soal yang kurang baik
Salah satu dampak positif diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika bagi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika adalah … .
a.         mendorong kebangkitan semangat kebebasan dan kemerdekaan
b.         banyak negara penjajah yang memerdekakan daerah jajahannya
c.         timbulnya rasa antipati kepada negara-negara imperialis
d.        timbulnya tuntutan kemerdekaan dari negara-negara terjajah
Kunci : A
Contoh soal yang lebih baik
Salah satu hasil Konferensi Asia Afrika tahun 1955 adalah … .
a.       menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa
b.      mengadakan kerjasama politik antarnegara di Asia-Afrika
c.       memberi bantuan persenjataan bagi negara yang ingin merdeka
d.      memberi bantuan dana bagi negara-negara miskin di Asia-Afrika
Kunci : A
Indikator :    Siswa dapat menerapkan konsep sifat-sifat cahaya yang berkaitan dengan fungsi bagian-bagian mata pada manusia.
Contoh soal yang kurang baik
Alat optik yang dapat membantu manusia melihat sesuatu yang jauh menjadi lebih jelas adalah … .
a.       mikroskop                         b. kamera                        c. teleskop                      d. proyektor
Contoh soal yang lebih baik
Bagian mata yang mengatur banyaknya cahaya yang masuk adalah … .
  1. pupil                                  b. retina                          c. kornea                         d. selaput iris
Indikator :    Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menentukan sinonim salah satu kata dari kalimat tersebut.
Contoh soal yang kurang baik
Kalimat yang menggunakan sinonim kata adalah …
a.       Perempuan itu ternyata masih ganda.
b.      Adikku anak cerdik dan pandai.
c.       Orang kaya itu sukses dalam pekerjaannya.
d.      Bu Ani mendidik anaknya dengan lemah lembut.
Contoh soal yang lebih baik
Sumber daya alam belum dieksploitasi secara optimal.
Sinonim kata eksploitasi pada kalimat di atas adalah … .
  1. perluasan                  b. pemanfaatan               c. pengembangan           d. pendayagunaan
2.      Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 2, perbaiki soal sehingga pilihan jawabannya berfungsi dan logis.
Contoh soal yang kurang baik
 “Bukan satu, bukan dua, bukan sepuluh, tetapi beratus-ratus tokoh yang tamat dari sekolah ini.”
Kalimat itu menggunakan majas … .
a. klimaks                    b. sastra                          c. ilmiah                          d. antiklimaks
Contoh soal yang lebih baik
 “Bukan satu, bukan dua, bukan sepuluh, tetapi beratus-ratus tokoh yang tamat dari sekolah ini.”
Kalimat di atas menggunakan majas … .
a. klimaks                    b. antiklimaks                 c. repetisi                        d. paralelisme
3.      Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 3, perbaiki soal sehingga hanya mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar.
Contoh soal yang kurang baik
Salah satu puisi karya Chairil Anwar adalah … .
  1. Diponegoro              b. Berdiri Aku                c. Karangan Bunga           d. Gadis Peminta-minta
Contoh soal yang lebih baik
Salah satu puisi karya Chairil Anwar adalah … .
  1. Doa Ibu                    b. Berdiri Aku                c. Karangan Bunga           d. Gadis Peminta-minta
Contoh soal yang kurang baik
Bahan makanan yang berfungsi sebagai sumber energi adalah … .
a. ikan                             b. sayur bayam               c. kentang                          d. susu
Contoh soal yang lebih baik
Bahan makanan yang berfungsi sebagai sumber energi adalah … .
a. ikan                             b. sayur bayam               c. kentang                          d. jeruk
4.      Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 4, perbaiki soal sehingga pokok soal menjadi singkat, jelas, dan tegas.
Contoh soal yang kurang baik
Pernyataan manakah yang benar ?
a.       lambung menghasilkan enzim untuk mencerna protein
b.      usus halus menyerap sari-sari makanan
c.       di mulut terjadi pencernaan zat gula
d.      pangkreas menghasilkan cairan empedu
Contoh soal yang lebih baik
Proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam usus halus adalah … .
  1. perombakan tepung menjadi maltosa
  2. penyerapan air dan garam-garam mineral
  3. penyerapan sari-sari makanan
  4. pelarutan partikel-partikel makanan
5.      Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 5, perbaiki soal sehingga rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
Contoh soal yang kurang baik
Zakat berasal dari kata tazkiyah. Hukum zakat mal adalah … .
a. sunat                        b. fadhu a’in                   c. boleh                           d. a dan c betul
Contoh soal yang lebih baik
Hukum zakat mal adalah … .
a. sunat                        b. fadhu a’in                   c. boleh                           d. fardhu kifayah
6.      Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 6, perbaiki soal sehingga pokok soal tidak memberi petunjuk ke arah jawaban benar.
Contoh soal yang kurang baik
Segitiga sama sisi mempunyai tiga sudut yang sama besar. Jika salah satu sudutnya 60o, maka besar sudut yang lain adalah … .
a. 30o                           b. 45o                              c. 60o                              d. 90o
Contoh soal yang lebih baik
Besar setiap sudut segitiga sama sisi adalah … .
a. 30o                           b. 45o                              c. 60o                              d. 90o
7.      Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 7, perbaiki soal sehingga pokok soal tidak  mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
Contoh soal yang kurang baik
Bilangan berikut ini bukan bilangan prima, kecuali adalah … .
a. 1                              b.2                                  c. 6                                 d. 9
Contoh soal yang lebih baik
Bilangan berikut yang merupakan bilangan prima adalah … .
a. 1                              b.2                                  c. 6                                 d. 9
8.      Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 8, perbaiki pilihan jawaban sehingga semua pilihan jawaban homogen dan logis.
Contoh soal yang kurang baik
Alat optik yang digunakan untuk memperoleh bayangan dari gambar kecil menjadi besar adalah … .
a. teleskop                   b. proyektor                    c. periskop                      d. stetoskop
Contoh soal yang lebih baik
Alat optik yang digunakan untuk memperoleh bayangan dari gambar kecil menjadi besar adalah … .
a. teleskop                   b. proyektor                    c. periskop                      d. kamera
9.      Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 9, perbaiki pilihan jawaban  sehingga semua pilihan jawaban relatif sama panjang.
Contoh soal yang kurang baik
Pernyataan berikut yang merupakan hukum kekekalan energi adalah energi … .
a.       dapat diciptakan
b.      dapat berpindah
c.       tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan
d.      tidak dapat berubah
Contoh soal yang lebih baik
Pernyataan berikut yang merupakan hukum kekekalan energi adalah energi … .
a.       dapat diciptakan dan dapat dimusnahkan
b.      dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain
c.       tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan
d.      tidak dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain
10.  Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 10, perbaiki pilihan jawaban  yang mengandung pernyataan, “Semua pilihan jawaban di atas salah” atau “Semua pilihan jawaban di atas benar.”
Contoh soal yang kurang baik
Peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik pada proses penyerbukan dinamakan … .
a. persarian                  b. pembuahan                 c. fertilasi                        d. semua jawaban benar
Contoh soal yang lebih baik
Peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik pada proses penyerbukan dinamakan … .
a. persarian                  b. pembuahan                 c. fertilasi                        d. peleburan sel
11.  Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 11, perbaiki pilihan jawaban  tersebut sehingga urutan angka atau urutan waktunya menjadi benar.
Contoh soal yang kurang baik
Rukun iman ada … .
a. 6                              b. 5                                 c. 10                               d. 12
Contoh soal yang lebih baik
Rukun iman ada … perkara.
a. 5                              b. 6                                 c. 10                               d. 12
12.  Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 12, perbaiki grafik, gambar, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal sehingga menjadi jelas dan berfungsi.

Contoh soal yang kurang baik
       ( disajikan 2 ( dua ) buah gambar saja )

Motorcycle A is … motorcycle B.
a. as cheap as                                             b. cheaper than
c. as expensive as                                      d. more expensive than
Contoh soal yang lebih baik
Look at the picture !

      ( Disajikan gambar sebuah sepeda motor dengan tulisan berharga Rp 300.000.000,00 serta disajikan pula sebuah gambar sepeda motor dengan tulisan berharga Rp 3.000.000,00 )
Motorcycle A is … motorcycle B.
a. as cheap as                                             b. cheaper than
c. as expensive as                                      d. more expensive than
13.  Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 13, perbaiki soal agar tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya dan menjadi soal yang mandiri.
Zat yang diperlukan untuk proses pembakaran adalah … .
a. CO2                            b. O2                               c. N2                            d. H2O
Contoh soal yang kurang baik
Berapa persen dari zat yang dihasilkan pada jawaban di atas terdapat di udara sekitar kita ?
a. 10%                            b. 20%                            c. 25%                         d. 50%
Contoh soal yang lebih baik
Zat O2 yang terdapat di udara sekitar kita adalah sejumlah … .
a. 10%                            b. 20%                            c. 25%                         d. 50%
14.  Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 14, perbaiki soal tersebut sehingga menjadi soal yang menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Contoh soal yang kurang baik
Adapun keluar dan masuknya udara pernapasan pada serangga terjadi melalui ….
a. kulit                         b. stigma                         c. trakea                          d. trakeolus
Contoh soal yang lebih baik
Keluar masuk udara pernapasan pada serangga terjadi melalui ….
a. kulit                         b. stigma                         c. trakea                          d. trakeolus
15.  Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 15, perbaiki soal tersebut sehingga menjadi soal yang tidak menggunakan bahasa / istilah yang berlaku setempat.
Contoh soal yang kurang baik
Percil bernapas dengan . . . .
a. paru-paru                 b. kulit                            c. insang                         d. trakea
Contoh soal yang lebih baik
Berudu bernapas dengan . . . .
a. paru-paru                 b. kulit                            c. insang                         d. trakea
16.  Jika terdapat tanda cek (ü) dalam kolom “tidak” pada kriteria 16, perbaiki soal tersebut sehingga pilihan jawaban tidak mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.
Contoh soal yang kurang baik
“Have you ever been to Batam ?”
“Yes, … .”
a.         I have been to Batam twice
b.         I have been to Batam for two years
c.         I have been to Batam in 1999
d.        I have been to Batam since January
Contoh soal yang lebih baik
 “Have you ever been to Batam ?”
“Yes, I have been to Batam ….”
a.         twice
b.         for two years
c.         in 1999
d.        since January
Contoh soal yang kurang baik
Umur suatu fosil dapat diketahui dengan cara … .
a.       menentukan zat yang terkandung dalam fosil
b.      menentukan ukuran dan bentuk fosil tersebut
c.       menentukan lapisan tanah tempat ditemukan fosil
d.      menentukan jenis tumbuhan di atas tanah fosil
Contoh soal yang lebih baik
Umur suatu fosil dapat diketahui dengan cara menentukan … .
a.       zat yang terkandung dalam fosil
b.      ukuran dan bentuk fosil tersebut
c.       lapisan tanah tempat ditemukan fosil
d.      jenis tumbuhan di atas tanah fosil
Contoh soal yang kurang baik
Disebut suara yang harmonis adalah … .
a. suara yang enak                                     b. suara yang serasi
c. suara yang manis                                   d. suara yang halus
Contoh soal yang lebih baik
Suara yang harmonis adalah suara yang … .
a. enak                               b. serasi                             c. manis                          d. halus
Contoh soal yang kurang baik
Di bawah ini yang termasuk start jongkok, kecuali … .
a. start pendek                   b. start menengah              c. start panjang               d.  start berdiri
Contoh soal yang lebih baik
Di bawah ini yang termasuk start jongkok, kecuali start … .
a. pendek                           b. menengah                      c. panjang                       d.  berdiri


DAFTAR KEPUSTAKAAN

Subiono, Drs., M.A., dkk. 1982. Buku Panduan Evaluasi Belajar untuk Sekolah Lanjutan Umum. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---. 1989. Kurikulum Sekolah Menengah Pertama ( S M P ) : Petunjuk Pelaksanaan Penilaian. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1989. Pedoman Umum Penyelenggaraan Administrasi Sekolah Menengah. Jakarta : Balai Pustaka
---. 1989. Pedoman Penelaahan, Perbaikan, dan Perakitan Soal. Jakarta : Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian,  Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---. 1989. Pedoman Penulisan Soal Bahasa Indonesia SMTP. Jakarta : Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian,  Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---. 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar : Landasan, Program, dan Pengembangan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Syarif, Drs. Ismed., cs. 1985. Komponen Evaluasi dalam Pengajaran sebagai Suatu Sistem. Jakarta : Roda Pengetahuan
---. 1996. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) : Petunjuk Teknis Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---. 1997. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) : Petunjuk Teknis Mata Pelajaran : Matematika. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
---. 1999. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

---. 2000. Penilaian dan Pengujian untuk Guru SLTP. Jakarta : Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar