# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Rabu, 05 Oktober 2016

Perkembangan Peserta Didik : Pengaruh Berbagai Faktor dalam Perkembangan Manusia

Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik
Modul 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
TUJUAN KHUSUS
1.       Menjelaskan pentingnya mempelajari anak
2.       Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
3.       Menjelaskan fase-fase perkembangan
4.       Menjelaskan hukum-hukum perkembangan
5.       Menjelaskan hakikat pengalaman belajar

6.       Menjelaskan kaitan perkembangan dengan pengalaman kerja

Kegiatan Belajar 3 : Pengaruh Berbagai Faktor dalam Perkembangan Manusia
TEORI KEMATANGAN
·         Menurut Arnold Gesell, keterampilan berjalan, berbicara, dan belajar membaca terjadi sebagai akibat perkembangan biologis anak. Kesiapan biologis merupakan faktor dominan dalam memampukan anak untuk belajar.
·         Deskripsi Gesell tentang tahap kematangan anak dan kesiapan untuk belajar pada usia kronologis menginformasikan kepada pengembang kurikulum tentang bagaimana mendesain kurikulum bagi kelas-kelas yang berbeda.
·         Gesell mengemukakan prinsip umum bahwa pertumbuhan gerak maju dari kepala ke ekor dan dari tubuh ke bagian-bagian seperti tangan dan kaki.
·         Teori perkembangan kognitif dari Piaget pada dekade berikutnya menerangkan perkembangan kognitif individual lebih baik daripada usia kronologis.

TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF / KONSTRUKTIVISME
1.       Jean Piaget :
Menurut Piaget, perkembangan kognitif mempunyai pengaruh besar untuk memahami bagaimana anak memperoleh dan menggunakan pengetahuan. Anak-anak mempunyai tahap pemahaman yang berbeda pada usia yang berbeda pula. Pengetahuan anak terbentuk secara berangsur-angsur sejalan dengan pengalaman yang berkesinambungan dan bertambah luasnya pemahaman tentang informasi-informasi yang ditemui.
2.       Lev G. Gotsky :
Gotsky meyakini bahwa anak-anak membentuk, membangun atau mengkonstruksi pengetahuan. interaksi fisik dan sosial sangat memegang peran penting dalam belajar. Orang dewasa memegang peran penting sebagai mediator sosial, lebih-lebih guru.
3.       Teori behaviorisme :
Ivan Pavlov menetapkan bahwa binatang dapat mempelajari respon fisiologi kepada lingkungan melalui rangsangan (stimulus). B.F. Skinner menyampaikan gagasannya bahwa perilaku dapat dipelajari dan dibentuk atau dimodifikasi. Faktor kritis dalam pertumbuhan dan perkembangan adalah lingkungan dan kesempatan untuk belajar.
4.       Teori belajar sosial :
Albert Bandura menyatakan bahwa banyak perilaku yang tidak dipelajari melalui pembentukan tetapi berkembang melalui reaksi dan interpretasi individu terhadap situasi.

Sumber :

Buku Materi Pokok Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik
Modul 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
Prof. Dr. Mulyani Sumantri, M.Sc.
Jakarta : Universitas Terbuka, 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar