Mata Kuliah : Perkembangan
Peserta Didik
Modul 1 : Pertumbuhan
dan Perkembangan Anak
TUJUAN KHUSUS
1.
Menjelaskan
pentingnya mempelajari anak
2.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
3.
Menjelaskan
fase-fase perkembangan
4.
Menjelaskan
hukum-hukum perkembangan
5.
Menjelaskan
hakikat pengalaman belajar
6.
Menjelaskan
kaitan perkembangan dengan pengalaman kerja
Kegiatan
Belajar 3 : Pengaruh Berbagai Faktor dalam Perkembangan Manusia
TEORI
KEMATANGAN
·
Menurut
Arnold Gesell, keterampilan berjalan, berbicara, dan belajar membaca terjadi
sebagai akibat perkembangan biologis anak. Kesiapan biologis merupakan faktor
dominan dalam memampukan anak untuk belajar.
·
Deskripsi
Gesell tentang tahap kematangan anak dan kesiapan untuk belajar pada usia
kronologis menginformasikan kepada pengembang kurikulum tentang bagaimana
mendesain kurikulum bagi kelas-kelas yang berbeda.
·
Gesell
mengemukakan prinsip umum bahwa pertumbuhan gerak maju dari kepala ke ekor dan
dari tubuh ke bagian-bagian seperti tangan dan kaki.
·
Teori
perkembangan kognitif dari Piaget pada dekade berikutnya menerangkan perkembangan
kognitif individual lebih baik daripada usia kronologis.
TEORI
PERKEMBANGAN KOGNITIF / KONSTRUKTIVISME
1.
Jean Piaget :
Menurut Piaget, perkembangan kognitif mempunyai pengaruh besar untuk
memahami bagaimana anak memperoleh dan menggunakan pengetahuan. Anak-anak mempunyai tahap pemahaman
yang berbeda pada usia yang berbeda pula. Pengetahuan anak terbentuk secara
berangsur-angsur sejalan dengan pengalaman yang berkesinambungan dan bertambah
luasnya pemahaman tentang informasi-informasi yang ditemui.
2.
Lev G. Gotsky :
Gotsky meyakini bahwa anak-anak
membentuk, membangun atau mengkonstruksi pengetahuan. interaksi fisik dan sosial
sangat memegang peran penting dalam belajar. Orang dewasa memegang peran
penting sebagai mediator sosial, lebih-lebih guru.
3.
Teori
behaviorisme :
Ivan Pavlov menetapkan bahwa binatang dapat
mempelajari respon fisiologi kepada lingkungan melalui rangsangan (stimulus). B.F.
Skinner menyampaikan gagasannya bahwa perilaku dapat dipelajari dan
dibentuk atau dimodifikasi. Faktor kritis dalam pertumbuhan dan perkembangan
adalah lingkungan dan kesempatan untuk belajar.
4.
Teori
belajar sosial :
Albert Bandura menyatakan bahwa banyak perilaku
yang tidak dipelajari melalui pembentukan tetapi berkembang melalui reaksi dan
interpretasi individu terhadap situasi.
Sumber :
Buku Materi Pokok Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik
Modul 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
Prof. Dr. Mulyani Sumantri, M.Sc.
Jakarta : Universitas Terbuka, 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar