Resume Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar FKIP Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep
BAB
I PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Kemampuan mengajar merupakan kemampuan
utama bagi mahasiswa FKIP. Kemampuan mengajar harus dikuasai dengan baik oleh
setiap mahasiswa PGPAUD karena mengajar merupakan sarana untuk menyampaikan
ilmu pengetahuan dan pesan moral kepada anak didik. Pembelajaran yang efektif
dimulai dari merancang pembelajaran dengan sistematis dan logis, dilanjutkan
dengan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rancangan tersebut dan mengakhirinya
dengan mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Itulah hakikatnya tugas
seorang guru. Kemudian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang
dilakukannya, seorang guru harus mengetahui kelemahan dan kelebihannya dalam
mengajar agar mendapatkan masukan untuk memperbaiki rencana pembelajran
berikutnya. Pola seperti ini terus berulang sehingga dapat dikatakan sebagai
pola berlapis berulang.
Mata kuliah PKM merupakan salah satu
mata kuliah pada program S.1 PGPAUD – UT yang akan memantapkan dan menguji
kemampuan mahasiswa untuk merancang Rencana Kegiatan Harian dan melaksanakan
praktik pengembangan berdasarkan RKH tersebut serta mengevaluasi hasil belajar
peserta didik. Mata kuliah ini merupakan akumulasi dari berbagai mata kuliah
yang mendasari kemampuan mengajar, antara lain mata kuliah-mata kuliah metode
pengembangan, strategi pengembangan, pembelajaran terpadu, media dan sumber
belajar, dan kurikulum TK / PAUD. Dengan kata lain, mahasiswa harus lulus dalam
mata kuliah-mata kuliah tersebut sebelum mengikuti mata kuliah PKM.
B.
TUJUAN
Panduan ini disusun dengan tujuan
sebagai berikut :
Memberikan penjelasan kepada mahasiswa
tentang segala hal yang terkait dengan mata kuliah PKM, mulai dari hal-hal yang
bersifat konseptual hingga hal-hal yang terkait dengan penyelenggaraan dan
operasional di lapangan. Dengan memahami apa, mengapa, dan bagaimana mata
kuliah PKM ini mahasiswa diharapkan memiliki kesiapan yang baik dalam mengikuti
mata kuliah PKM ini.
Memberikan acuan bagi berbagai pihak
yang terlibat dalam penyelenggaraan PKM PGPAUD ( mahasiswa, UPBJJ – UT, supervisor
1, supervisor 2, dan penguji, serta segenap pihak lain yang terlibat ) sehingga
penyelenggaraan mata kuliah PKM dapat berlangsung sesuai dengan harapan.
C.
SISTEMATIKA SAJIAN
Untuk mempermudah pemahaman terkait dengan
konsep dan penyelenggaraan serta penilaian dalam mata kuliah PKM ini bagi semua
pihak yang terlibat, maka sistematika panduan ini disajikan sebagai berikut :
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Tujuan
C.
Sistematika Sajian
BAB II KONSEP PKM
A.
Pengertian PKM
B.
Tujuan dan Manfaat PKM
C.
Pengalaman Belajar dalam MK PKM
D.
Kompetensi PKM
BAB III MATERI PKM
A.
Hakikat Belajar dan Kegiatan Pengembangan
B.
Merancang Kegiatan Pengembangan
C.
Keterampilan Dasar Mengajar
D.
Refleksi
BAB IV PENYELENGGARAAN PKM
A.
Prosedur PKM
B.
Pihak yang terlibat dalam PKM
C.
Pelaksanaan PKM
D.
Penilaian PKM
E.
Penyelenggaraan UJian PKM
F.
Pengolahan Hasil Penilaian PKM
BAB V PENUTUP
A.
Monitoring dan
Evaluasi
B.
Supervisi
BAB II KONSEP PKM
A. Pengertian
PKM
Perkembangan zaman yang ditandai dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu membawa dampak bagi
kehidupan manusia, baik dampak positif, seperti perbaikan kualitas hidup
manusia, maupun dampak negatif, seperti krisis moral, turunnya nilai-nilai
kemanusiaan. Pengembangan serta alih pengetahuan dan nilai-nilai yang berlaku
dalam kehidupan manusia terjadi melalui pendidikan. Selain itu, melalui
pendidikan pula dampak negatif perkembangan zaman dapat dicegah dan diatasi.
Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
kualifikasi pendidikan guru harus selalu ditingkatkan guna menghasilkan
generasi yang lebih baik di hari esok.
Peningkatan kualifikasi pendidikan guru
di tingkat TK diharapkan mampu meningkatkan kemampuan profesional guru TK. Hal
ini sangat penting mengingat profesi guru TK merupakan pekerjaan yang tidak
mudah dilakukan. Mengajar di TK bukanlah sekedar kegiatan rutin dan mekanis.
Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan anak, mengambil
keputusan apa yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan
efisien, mengaktifkan anak melalui motivasi ekstrinsik dan intrinsik,
mengevaluasi hasil belajar, serta merevisi pembelajaran berikutnya agar lebih
efektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar anak. Dengan demikian, mengajar
merupakan kegiatan manajerial yang harus dapat dilakukan secara profesional.
Mengingat peran guru sangat strategis
dalam menyiapkan generasi unggulan pada masa mendatang maka guru dituntut untuk
kreatif dan mau belajar terus-menerus atau menjadi pembelajar seumur hidup
untuk meningkatkan mutu kemampuan mengajarnya. Mata kuliah PKM melatih dan
membekali mahasiswa dengan kemampuan menyelenggarakan (mempersiapkan,
merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki) pembelajaran di TK
berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan pendidikan anak usia dini dan kependidikan
– keguruan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
B. Tujuan
dan Manfaat Mata Kuliah PKM
Usai mengikuti mata kuliah ini,
mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam :
1. Mempersiapkan
pembelajaran, termasuk mengenali karakteristik dan kebutuhan belajar peserta
didik
2. Menyusun
rencana pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan
keilmuan pendidikan anak usia dini dengan tepat
3. Melaksanakan
pembelajaran secara efektif dengan mengacu pada rencana pembelajaran yang telah
dibuat
4. Mengidentifikasi
kelebihan dan kelemahannya dalam mengajar melalui refleksi
5. Memperbaiki
tindak penyelenggaraan pembelajaran berikutnya dengan memperhatikan hasil
evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya
6. Mempertanggungjawabkan
keputusan dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip
keilmuan pendidikan anak usia dini
Agar
tujuan tersebut dapat dikuasai, Anda diharapkan dapat mengikuti seluruh proses
pembelajaran mata kuliah PKM ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat
memberikan manfaat bagi Anda dalam hal berikut ini:
1. Memiliki
pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang
telah Anda peroleh melalui tindak mengajar yang Anda praktikan. Manfaat
tersebut akan menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis,
menarik, dan menantang, bukan hanya untuk mahasiswa sebagai guru, tetapi juga
untuk peserta didik.
2. Mempunyai
kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan
melakukan pembelajaran serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki
kekurangan Anda dalam mengajar.
3. Terbiasa
mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan
kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
C. Pengalaman
Belajar
Untuk mencapai kompetensi, tujuan, dan
manfaat mata kuliah ini, pengalaman belajar yang akan Anda alami selama
mengikuti PKM adalah sebagai berikut :
1. Mengkaji
ulang hal-hal berikut :
a.
Konsep-konsep penting yang terkait dengan bidang
keilmuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan-pendidikan yang telah
dipelajari dari berbagai mata kuliah sebelumnya.
b.
Pengalaman-pengalaman yang diperoleh sebagai
guru dalam melaksanakan pembelajaran di TK.
2. Berlatih
dalam hal-hal berikut :
a.
Mempersiapkan pembelajaran dengan menganalisis
karakteristik dan kebutuhan belajar anak.
b.
Menyusun SKH di TK yang mengacu pada kurikulum
yang berlaku dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan
pendidikan anak usia dini serta pengalaman yang sesuai dengan jenjang
pendidikan prasekolah.
c.
Melaksanakan pembelajaran termasuk menilai
proses dan hasil belajar anak dengan mengacu pada SKH yang telah disusun (
merancang, melaksanakan, dan melakukan penilaian belajar anak ).
d.
Melakukan refleksi untuk menemukan kekurangan
dan kekuatan pembelajaran yang dilakukan.
e.
Memperbaiki pembelajaran berikutnya dengan
memanfaatkan hasil temuan pada pembelajaran sebelumnya.
3. Berlatih
mempertanggungjawabkan keputusan / tindak pembelajaran yang dilakukan secara
lisan / tertulis. Dengan kata lain, mahasiswa harus dapat menjawab dan
menjelaskan landasan teoritis atau prinsip-prinsip keilmuan yang digunakannya
dalam mengajar. Misalnya, alasan mahasiswa menggunakan pendekatan atau metode
mengajar tertentu; menata kegiatan pembelajaran dengan pola tertentu, memilih
dan melakukan metode dan teknik penilaian, dan sebagainya.
D. Kompetensi
PKM
Keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah PKM
akan dinilai melalui berbagai aspek dan cara penilaian tertentu.
1.
Sejumlah 8 set SKH dan praktik pembelajarannya
di kelas, 4 SKH untuk kelompok A dan 4 SKH untuk kelompok B. Dari 8 SKH
tersebut, 3 SKH beserta praktiknya di kelas dinilai oleh teman sejawat.
Sementara 1 SKH beserta praktiknya dinilai oleh supervisor. Penilaian SKH dan
praktiknya menggunakan APKG 1 untuk menilai SKH dan APKG 2 untuk menilai
praktik mengajar. Hasil penilaian latihan memiliki bobot 30% terhadap nilai akhir mata kuliah PKM.
2.
Ujian praktik mengajar yang terdiri dari 2 SKH
dan praktiknya dilakukan di TK selain TK tempat mahasiswa mengajar. Penilaian
dilakukan oleh dua orang yang terdiri dari supervisor dan seorang penguji
lainnya. Nilai ujian ini memberikan kontribusi
sebanyak 40% terhadap nilai akhir mata kuliah PKM.
3.
Laporan hasil refleksi atas pengalaman latihan
dan ujian praktik mengajar yang telah dilakukan mahasiswa. Nilai laporan
memberi kontribusi sebanyak 30% dari
nilai akhir mata kuliah PKM.
Komentar
Posting Komentar