Pendukung utama tercapainya tujuan pembelajaran adalah suasana kelas yang baik dalam arti yang seluas-luasnya. Karena itu, segala macam tindakan pembinaan pendidikan sepatutnyalah diarahkan pada kelas. Di kelaslah segala aspek pendidikan dan pembelajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individunya, kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasannya bertemu, berpadu, dan berinteraksi di kelas. Bahkan hasil dari pendidikan dan pembelajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di kelas. Oleh sebab itu, sudah selayaknyalah kelas dikelola secara baik, profesional, dan harus terus-menerus. Yang dimaksud dengan kelas adalah ruangan belajar dan / atau rombongan belajar. Pengelolaan kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar-mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemamp...