Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2016

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 9 tentang Media Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Prodi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

1.        Jelaskan apa yang dimaksud dengan “... anak akan menyadari bahwa kata-kata itu tersusun dari bunyi-bunyi secara sendiri-sendiri atau sebagai kelompok.” Media audio adalah media pembelajaran yang menggunakan suara, seperti radio, tape recorder, canstereo, MP3 player. Anak segera menyadari bunyi s – a – r – i , t – a – r – i, a – b – i, a – b – u, sari, tari, abi, abu. 2.        Apa yang dimaksud dengan deskriptif ? Deskriptif itu lebih menekankan kepada menjelaskan secara detail tentang sesuatu. Permainan deskriptif yaitu permainan yang menuntut anak untuk menguraikan benda secara detail menggunakan kata-katanya sendiri. Baca modul halaman 9.10 – 9.11. 3.        Jelaskan manfaat terpenting dalam permainan mendengarkan ! Baca modul halaman 9.3 – 9.4 dan 9.7. 4.        Sebelum bisa membaca anak harus tahu perbendaharaan kata-kata dasar yang baik, berikan contoh dari kata-kata dasar yang baik ! Sayang adik – tayang adik. 5.        Apa saja yang termasuk media visual ? Ba

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 8 tentang Mengenalkan Literatur pada Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Prodi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

1.   Sebutkan literatur apa yang sesuai untuk dapat digunakan oleh anak-anak PAUD ! Sudah saya sebutkan tadi. 2.   Beberapa penulis cerita anak kontemporer saat ini menghasilkan karya literatur yang bersifat mendidik. Sebutkan ! 3.   Literatur salah satu sarana yang efektif menambah pengetahuan. Jelaskan maksudnya ! Literatur adalah sumber informasi yang berisi tulisan dan / atau gambar. Semua sumber bacaan disebut literatur. Literatur yang sesuai dengan anak usia dini akan menjadi sarana yang efektif bagi anak untuk menambah pengetahuan. Misalnya, buku yang berisi gambar tentang alat-alat transportasi dulu dan sekarang. Tentu saja buku tersebut akan menambah pengetahuan anak tentang alat-alat transportasi. Begitu pula buku-buku lainnya. Tentu saja literatur berupa novel atau roman tidak sesuai untuk anak usia dini. Sebaik dan semenarik apa pun literatur yang disediakan tidak akan efektif jika guru menyajikan pembelajaran dengan tidak menyenangkan. Perasaan senang akan membangkitk

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 7 tentang Perkembangan Membaca Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

1.   Bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mempunyai minat untuk mendengarkan guru bercerita ?   Guru harus mengeluarkan segala kemampuannya yang variatif. Metode, materi, tema, gaya, dinamika suara, dan cara bercerita guru hendaknya bervariasi. Hal itu tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena itu, dibutuhkan berbagi pengalaman sesama teman dalam forum KKG ( Kelompok Kerja Guru ) atau semacamnya. Guru itu artis. Guru itu aktor/aktris di dalam kelas. Guru harus mampu menjadi model (panutan) siswa. Guru harus senantiasa mencari bentuk / format terbaik dalam menyajikan pembelajaran. Guru harus mampu menghilangkan segala kegalauan dan kegelisahan hidup dan kehidupan yang dideritanya ketika menyajikan pembelajaran. 2.   Kemampuan membaca dan menyimak melibatkan proses kognitif yang aktif. Jelaskan !   Proses kognitif yang aktif adalah proses yang melibatkan pengetahuan secara aktif. Dalam membaca dan menyimak, tentu saja melibatkan pengetahuan tentang makna kata ya

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 6 tentang Perkembangan Menulis Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep Masa Ujian 2016.1

1.   Jelaskan hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan menulis ?     Baca modul halaman 6.21 dan 6.24!  2.   Jelaskan 5 prinsip dasar proses pendekatan untuk menulis !     Baca modul halaman 6.18 dan 6.23 1 3.   Sebagai guru, coba beri alasan mengapa pentingnya menulis bagi anak usia dini ?   Menulis merupakan salah satu media untuk berkomunikasi ketika anak dapat menyampaikan makna, ide, pikiran, dan perasaannya melalui untaian kata-kata yang bermakna. 4.   Menggambar dan menulis merupakan kegiatan yang saling berhubungan namun keduanya berbeda. Jelaskan !     Baca modul halaman 6.9 s.d. 6.18 dan 6.22 nomor 7 ! 5.   Apa yang dilakukan guru untuk menghargai suatu tulisan anak ?    Guru harus senantiasa memuji memberi penguatan verbal terhadap apa yang telah dilakukan anak. Jangan suke ngate budak. Die akan benci sampai ke tue kelak. 6.   Bagaimana cara guru mengatasi anak yang tidak bisa menulis ? 7.   Apa yang harus guru lakukan agar anak rajin menulis ?   G