Ciri-ciri Kelas yang Melaksanakan Pembelajaran Tuntas
Ciri-ciri Kelas yang Melaksanakan Pembelajaran Tuntas 1. Metode Pembelajaran Pembelajaran tuntas dilakukan dengan pendekatan diagnostik preskriptif. Strategi pembelajaran tuntas sebenarnya menganut pendekatan individual. Dalam arti, meskipun kegiatan belajar ditujukan kepada sekelompok siswa ( kelas ), tetapi mengakui dan melayani perbedaan-perbedaan perorangan siswa sedemikian rupa sehingga pembelajaran memungkinkan berkembangnya potensi masing-masing siswa secara optimal. Langkah-langkah besarnya adalah : a. Mengidentifikasi pengetahuan prasyarat ( prerequisit ) b. Membuat tes untuk mengukur perkembangan dan pencapaian kompetensi c. Mengukur pencapaian kompetensi siswa, serta d. Memberikan tindak lanjut ( remedi, pengayaan, atau percepatan ) Metode pembelajaran yang sangat ditekankan dalam pembelajaran tuntas adalah : a. Pembelajaran individual b. Pembelajaran sejawat ( peer instruction ) c. Bekerja dalam