Tanggapan atas Pertanyaan Modul 7 tentang Perkembangan Membaca Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep
1. Bagaimana cara mengatasi anak yang
tidak mempunyai minat untuk mendengarkan guru bercerita ?
Guru harus
mengeluarkan segala kemampuannya yang variatif. Metode, materi, tema, gaya,
dinamika suara, dan cara bercerita guru hendaknya bervariasi. Hal itu tentu
tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena itu, dibutuhkan berbagi
pengalaman sesama teman dalam forum KKG ( Kelompok Kerja Guru ) atau
semacamnya.
Guru
itu artis. Guru itu aktor/aktris di dalam kelas. Guru harus mampu menjadi model
(panutan) siswa. Guru harus senantiasa mencari bentuk / format terbaik dalam
menyajikan pembelajaran. Guru harus mampu menghilangkan segala kegalauan dan
kegelisahan hidup dan kehidupan yang dideritanya ketika menyajikan
pembelajaran.
2. Kemampuan membaca dan menyimak
melibatkan proses kognitif yang aktif. Jelaskan !
Proses kognitif yang aktif
adalah proses yang melibatkan pengetahuan secara aktif. Dalam membaca dan
menyimak, tentu saja melibatkan pengetahuan tentang makna kata yang dibaca atau
disimak. Perbendaharaan kosa kata anak usia dini tentu saja sangat dipengaruhi
oleh orang tua, lingkungan, dan sekolah (PAUD/TK). Guru tidak boleh
menyamaratakan kemampuan kognitif semua anak.
3. Bagaimana cara guru agar anak bisa
gemar membaca ?
4. Bagaimana cara guru mengatasi anak
agar memiliki minat untuk membaca ?
Agar anak usia dini gemar membaca, tentu
saja dengan contoh dan teladan dari sang guru. Tentu saja orang tua dan
lingkungannya sangat mempengaruhi hal itu. Selain itu, buku-buku yang menarik
tentu akan memberikan motivasi bagi anak untuk mengetahui isinya. Buku-buku
yang lusuh, koyak-koyak, dan sedikit berbau, tentu tidak akan menarik bagi
siapa pun. Karena itu, kreativitas guru sangat diperlukan untuk senantiasa
menata sudut perpustakaan agar selalu tampil cantik dan menggoda. Catat!
Kreativitas tidak selalu membutuhkan biaya mahal.
5. Apa yang dimaksud dengan membaca
merupakan keterampilan bahasa tulis yang bersifat reseptif ?
Reseptif artinya
menerima. Ketika membaca, seorang pembaca akan menerima makna dan struktur
bahasa yang ditulis oleh penulis.
6. Bagaimana cara mencari nilai-nilai
keindahan atau pengalaman estetis ? Apa pengertian estetis ? Estetis artinya
keindahan; bersifat indah.
7. Berikan contoh dari kemampuan
perseptual motoris !
Bacalah modul halaman 7.7 !
8. Jelaskan kemampuan lateralisasi ! Baca
modul halaman 7.8. !
Lateralisasi lebih menekankan pada fungsi otak kanan dan
kiri, menurut saya. Setidaknya dengan begitu, guru dapat melihat anak kidal
atau tidak. Bisa juga untuk melatih kekompakan otak dengan tangan, misalnya
dalam permainan tangan kanan digenggam lalu pukul ke paha sedangkan tangan kiri
dibuka lalu gosok ke paha. Kemudian bertukar.
9. Menurut pendapat siapakah yang
menyatakan bahwa perkembangan membaca awal merupakan proses interaktif di mana
anak-anak adalah peserta didik ?
Baca modul halaman 7.20 !
10. Apa yang dimaksud dengan
perkembangan membaca awal merupakan proses interaktif di mana anak adalah
peserta aktif ?
Proses interaktif maksudnya proses aktif antara anak dengan
bacaan. Untuk melakukan aktivitas tersebut, anak harus aktif melakukan kegiatan
membaca. Membaca untuk anak usia dini bukanlah membaca ini ibu Budi.
Ingat ! Jangan paksakan kemampuan membaca anak usia dini !
11. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
anak-anak yang gemar membaca akan mempunyai rasa kebahasaan yang lebih tinggi !
Anak-anak yang gemar membaca akan mempunyai rasa kebahasaan yang lebih tinggi
karena perbendaharaan kosa kata dan pengetahuannya tentang struktur bahasa lebih
banyak dibandingkan yang lain.
12. Apa saja yang termasuk dalam
tahapan-tahapan membaca ? Baca modul halaman 7.20 !
13. Apa pentingnya kemampuan membaca
bagi anak ? Singkatnya, dengan kemampuan membaca, jendela pengetahuan terbuka
seluas-luasnya.
14. Kapan kemampuan membaca dan menulis
itu mulai diajarkan ? Baca modul halaman 12.13 – 12.15 !
15. Bagaimana cara mengetahui kesiapan
anak untuk diajar membaca ? Baca modul halaman 11.5 – 11.10 !
16. Mengapa kemampuan membaca sangat
penting bagi anak ? Baca modul halaman 11.5 !
17. Apa yang dimaksud dengan
pengembangan membaca dapat dilakukan secara konseptual ?
Pengembangan membaca
dapat dilakukan secara konseptual melalui RKH/RKM yang dibuat guru, misalnya.
RKH/RKM yang dibuat berdasarkan pengalaman dan pengamatan secara jujur, benar,
dan berkala, tentu akan menyajikan konsep yang benar dalam proses pengembangan
membaca anak usia dini. Pengembangan kemampuan membaca dan menulis untuk anak
usia dini dapat dilaksanakan selama masih dalam batas-batas aturan praskolastik
dan sesuai dengan karakteristik anak. Ingat ! Jangan paksakan anak belajar
membaca. Sekali lagi, pahami dan bedakan bermain sambil belajar dengan belajar
sambil bermain. Praskolastik bisa diartikan sebelum belajar/sekolah. TK itu
taman kanak-kanak. Taman itu tempat bermain. SD itu sekolah dasar.
18. Seorang guru SD menginginkan anak
yang lulus dari PAUD menjadi seorang anak yang pintar, sedangkan kita tahu
pembelajaran di PAUD tidak mengajarkan calistung. Jadi, apakah cara kami ( guru
PAUD ) mendidik anak yang salah atau guru SD itu yang tidak tahu tata cara
mendidik dengan benar?
Guru SD itu yang tidak tahu cara mendidik dengan
benar sesuai dengan didaktik - metodik, pedagogik, psikologi perkembangan anak.
19. Bagaimana cara membuat anak
berminat untuk membaca, sedangkan di usia 7 tahun ia belum bisa sedikit pun
membaca walau ia kenal dengan huruf-huruf abjad A – Z ? Jika siswa lain sudah
pandai membaca pada usia 7 tahun, hanya siswa itu yang tidak bisa, tentu saja
siswa itu yang bermasalah. Menurut saya, bila siswa tersebut telah lebih dari 4 tahun "belajar" di PAUD namun belum bisa membaca, orang tua dan siswa itu bermasalah. Bila siswa itu baru 1 semester "belajar" di PAUD, orang tuanya yang bermasalah. Ingat! Jangan paksakan siswa PAUD / TK untuk belajar
membaca. Baca modul halaman 11.13 – 11.22 !
20. Apa saja contoh dari motivasi
intrinsik dan ekstrinsik itu ? Motivasi intrinsik itu terdapat pada diri anak
itu sendiri. Anda tentu pernah melihat anak yang senang membolak-balik buku
sementara teman-temannya berkejar-kejaran di halaman. Motivasi ekstrinsik itu
terdapat di luar dari diri anak itu. Misalnya, motivasi dari orang tua,
lingkungan, dan guru.
21. Apa contoh dari perkembangan membaca
pada anak ?
Baca modul halaman 7.20 !
22. Apakah membaca harus diajarkan pada
anak usia dini ?
Tidak ada keharusan mengajarkan membaca pada anak usia dini. Ingat
konsepnya, bermain sambil ....
23. Bagaimana cara orang tua dalam
membangkitkan kemampuan membaca anak ? Baca modul halaman 7.12 !
24. Jelaskan menurut Bapak, faktor yang
mempengaruhi tingkatan membaca anak ! Baca modul halaman 7.11 – 7.13 !
25. Kemampuan kesiapan membaca,
kemampuan membedakan auditorial. Apa yang dimaksud dengan auditorial ?
Auditorial berkenaan dengan suara. Misalnya, tekanan suara. Tekanan suara ibu /
emak, meskipun lembut, anak akan mengetahui bahwa ibunya sedang marah. Baca
modul halaman 11.6 !
26. Apa yang dimaksud dengan
interpretasi gambar ? Interpretasi gambar maksudnya mengartikan dan memahami
sebuah gambar.
27. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
makna dari “keluarga yang berbudaya tuli” ?
28. Pembaca dini ( yang telah pandai
membaca sebelum masuk sekolah ) berasal dari keluarga yang berbudaya tuli. Apa
yang dimaksud dengan keluarga berbudaya tuli ? Keluarga yang tidak banyak
cakap, tidak berlama-lama mendengar radio atau menonton sinetron. Anak yang
senantiasa melihat ayah ibu serta saudaranya membaca buku, koran, atau majalah,
akan mencontohikuti kebiasaan membaca itu. Lebih-lebih lagi anak itu diberi
fasilitas literatur untuk anak usia dini. Sebaliknya, anak yang setiap hari
mendengar pertengkaran kedua orang tuanya, cenderung pandai bercakap, khususnya
berkelit. Yang terakhir itu menurut saya, belum terbukti kebenarannya.
29. Bagaimana cara memupuk minat membaca
pada AUD ?
30. Agar anak usia dini berminat membaca,
guru harus selalu berusaha membuat rencana belajar yang bervariasi. Yang
dimaksud dengan belajar yang bervariasi tersebut belajar seperti apa untuk AUD.
Misalnya, variasi tema, bahan, media, tempat belajar, metode. Tentu saja membosankan
jika ... . Sekali-kali ...
31. Apakah akibat bagi anak usia masuk
SD yang dipaksakan orang tuanya untuk bisa membaca? Baca modul / BMP mata
kuliah psikologi anak, perkembangan motorik, perkembangan kognitif, atau modul
lain yang berisi jawaban para pakar.Sumber :
BMP Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa
Modul 7 Perkembangan Membaca Anak dan Modul 11 Metode Pengembangan Bahasa Tulisan Anak
Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi., Dra. Gusti Yarmi, M.Pd., dan Dra. Sri Wulan, M.Si.
Jakarta : Universitas Terbuka, 2013
Komentar
Posting Komentar