Tanggapan atas Pertanyaan Modul 6 tentang Perkembangan Menulis Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep Masa Ujian 2016.1
1. Jelaskan hal yang perlu diperhatikan
dalam kegiatan menulis ?
Baca modul halaman 6.21 dan 6.24!
2. Jelaskan 5 prinsip dasar proses
pendekatan untuk menulis !
Baca modul halaman 6.18 dan 6.23 1
3. Sebagai guru, coba beri alasan
mengapa pentingnya menulis bagi anak usia dini ?
Menulis merupakan salah satu
media untuk berkomunikasi ketika anak dapat menyampaikan makna, ide, pikiran,
dan perasaannya melalui untaian kata-kata yang bermakna.
4. Menggambar dan menulis merupakan
kegiatan yang saling berhubungan namun keduanya berbeda. Jelaskan !
Baca modul
halaman 6.9 s.d. 6.18 dan 6.22 nomor 7 !
5. Apa yang dilakukan guru untuk
menghargai suatu tulisan anak ?
Guru harus senantiasa memuji memberi penguatan
verbal terhadap apa yang telah dilakukan anak. Jangan suke ngate budak. Die
akan benci sampai ke tue kelak.
6. Bagaimana cara guru mengatasi anak
yang tidak bisa menulis ?
7. Apa yang harus guru lakukan agar anak
rajin menulis ?
Guru harus kreatif dalam membuat kegiatan yang menarik dan
menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan menulis anak. Keterampilan menulis
pada anak usia dini, bukanlah keterampilan menulis surat atau pun membuat
sebuah kalimat. Perhatikan tabel halaman 11.34 !
8. Writing
via Drawing, yaitu menulis dengan cara menggambar.
Bagaimanakah belajar menulis dengan cara menggambar itu ?
Baca modul halaman
6.11 dan 11.34 – 11.35 !
9. Mengapa sebab menggambar dan menulis
merupakan cara anak untuk mengekspresikan ide dan perasaannya ?
Baca modul
halaman 6.13 – 6.14 !
10. Apakah ada hubungan antara kegiatan
menulis pada anak dan gambaran anak ?
11. Apakah menulis ada keterkaitannya
dengan hubungan menggambar bagi anak ?
12. Jelaskan hubungan antara kegiatan
menulis pada anak dan gambaran anak !
Baca modul halaman 6.15 – 6.18 dan 11.26
– 11.29 !
13. Jelaskan tujuan dalam pengajaran
menulis dan seni !
Baca modul halaman 6.14 dan 11.28 !
14. Menulis menjadi hal yang utama dalam
kehidupan. Mengapa demikian ? Baca modul halaman 11.25 – 11.26 !
15. Jelaskan mengapa bahasa tulisan lebih
abstrak daripada bahasa verbal lisan ?
Baca modul halaman 6.19! Bahasa tulisan
bagi anak usia dini, lebih abstrak dibandingkan bahasa lisan sebab anak
menggunakan bahasa lisan sesuai dengan perkembangannya. Akan tetapi, dalam
bahasa tulisan, misalnya, anak senantiasa membaca kalimat yang teratur dengan
kata sambung, kata keterangan, dan kata depan yang lengkap.
16. Apa yang dimaksud dengan memberi
pengalaman harus memperhatikan karakteristik, kebutuhan, dan minat anak ?
Pengalaman belajar harus sesuai dengan karakteristik (watak, pembawaan, usia,
latar belakang), kebutuhan (keinginan), dan minat ( hobi, kesenangan ) anak.
17. Apa yang dimaksud dengan emansipator
?
Dalam pengajaran menulis dan seni, emansipatori bermaksud bahwa pengajaran
menulis dan seni memberikan cara kepada anak untuk dapat berekspresi. Menulis
dan seni yang tentu saja sesuai dengan tahapannya masing-masing pada anak usia
dini.
18. Pada usia berapakah anak berada pada
tahap menulis sambil mengeja ?
Baca modul halaman 11.35 !
19. Apa yang dimaksud dengan tulisan
horizontal ?
20. Linier
Repetitive Stage, yaitu tahap pengulangan linear. Pada tahap ini
anak menelusuri bentuk tulisan yang horizontal. Apakah yang dimaksud dengan
tulisan horizontal ?
21. Apa yang dimaksud dengan tahap
pengulangan linear ?
Pengulangan bentuk tulisan berupa garis mendatar. Perkembangan keterampilan menulis Linear Repetitive Stage berdasarkan usia. Bacalah modul halaman 11.31 lalu perhatikan tabel Tahapan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini pada modul halaman 11.34 - 11.36 !
22. Bagaimanakah cara belajar menulis
dengan cara membuat bentuk seperti huruf ?
Baca modul halaman 6.11 ! Ingatlah selalu, bermain sambil ... .
23. Apa yang dimaksud dengan
fingerpainting ?
Baca modul halaman 6.20 dan 11.36 – 11.40 !
24. Bagaimana cara kita / guru supaya
anak bisa senang menulis dan tidak mudah bosan ?
Jangan mengajar menulis. Anak
mulai mencoret pada usia 2 – 3 tahun sudah digolongkan pandai menulis.
Kemampuan yang diperlukan anak untuk menulis adalah kemampuan meniru bentuk dan
kemampuan menggerakkan alat tulis. Ajarkan anak memegang pensil dengan benar !
(Silakan buka modul / BMP mata kuliah yang berkenaan dengan perkembangan
motorik atau lainnya!) Perhatikan dan pahami perbedaan bermain sambil
belajar dengan belajar sambil bermain.
25. Jelaskan apa maksud dari kata
“belajar mengeja” ? Sementara anak TK / PAUD tidak boleh diajar membaca ?
Baca
modul halaman 6.13, 11.15, dan 11.35 !
26. Kegiatan apa saja yang mendorong
kegiatan menulis bagi anak ?
Baca modul halaman 6.20 dan 11.36 – 11.40.
27. Agar anak senang melakukan kegiatan
menulis, guru harus selalu berusaha membuat rencana belajar yang bervariasi.
Yang dimaksud dengan belajar yang bervariasi tersebut belajar seperti apa untuk
AUD ? Misalnya, variasi tema, bahan, tempat belajar, metode. Tentu saja
membosankan jika ... . Sekali-kali ...
28. Mengapa dengan anak mencoret-coret
buku, dikatakan anak bereksprimen atau bereksplorasi ? Anak bereksprimen (melakukan
percobaan) dan bereksplorasi (menggali kemampuannya) ketika mencoret-coret pada
usia 2 – 3 tahun. Tentu saja eksprimen dan eksplorasi pada anak usia 6 – 7
tahun tidak lagi mencoret-coret. Rasa eksprimen dan eksplorasi pada anak usia 2
– 3 tahun itu, bisa saja hampir sama dengan rasa ketika Anda (mahasiswa) baru
belajar naik sepeda.
29. Mengapa peranan guru sangat penting
dalam pengalaman menulis pada anak ?
Baca modul halaman 6.5.
30. Bagaimanakah cara menanggapi anak
usia 5 tahun yang suka menggambar, tetapi apabila disuruh menulis huruf-huruf
atau angka tidak dilakukan ?
Baca modul halaman 11.34 – 11.35.
Sumber :
Buku Materi Pokok Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa
Modul 6 Perkembangan Menulis Anak dan Modul 11 Metode Pengembangan Bahasa Tulisan Anak
Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi. dan Dra Sri Wulan, M.Si.
Cetakan Januari 2013
Jakarta : Universitas Terbuka
Komentar
Posting Komentar