Tanggapan atas Pertanyaan Modul 6 tentang Perkembangan Menulis Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep Masa Ujian 2016.1

1. Jelaskan hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan menulis ?
    Baca modul halaman 6.21 dan 6.24! 
2. Jelaskan 5 prinsip dasar proses pendekatan untuk menulis !
    Baca modul halaman 6.18 dan 6.23 1
3. Sebagai guru, coba beri alasan mengapa pentingnya menulis bagi anak usia dini ?
  Menulis merupakan salah satu media untuk berkomunikasi ketika anak dapat menyampaikan makna, ide, pikiran, dan perasaannya melalui untaian kata-kata yang bermakna.
4. Menggambar dan menulis merupakan kegiatan yang saling berhubungan namun keduanya berbeda. Jelaskan !
    Baca modul halaman 6.9 s.d. 6.18 dan 6.22 nomor 7 !
5. Apa yang dilakukan guru untuk menghargai suatu tulisan anak ?
   Guru harus senantiasa memuji memberi penguatan verbal terhadap apa yang telah dilakukan anak. Jangan suke ngate budak. Die akan benci sampai ke tue kelak.
6. Bagaimana cara guru mengatasi anak yang tidak bisa menulis ?
7. Apa yang harus guru lakukan agar anak rajin menulis ?
  Guru harus kreatif dalam membuat kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan menulis anak. Keterampilan menulis pada anak usia dini, bukanlah keterampilan menulis surat atau pun membuat sebuah kalimat. Perhatikan tabel halaman 11.34 !
8. Writing via Drawing, yaitu menulis dengan cara menggambar. Bagaimanakah belajar menulis dengan cara menggambar itu ?
     Baca modul halaman 6.11 dan 11.34 – 11.35 !
9. Mengapa sebab menggambar dan menulis merupakan cara anak untuk mengekspresikan ide dan perasaannya ?
    Baca modul halaman 6.13 – 6.14 !
10. Apakah ada hubungan antara kegiatan menulis pada anak dan gambaran anak ?
11. Apakah menulis ada keterkaitannya dengan hubungan menggambar bagi anak ?
12. Jelaskan hubungan antara kegiatan menulis pada anak dan gambaran anak !
      Baca modul halaman 6.15 – 6.18 dan 11.26 – 11.29 !
13. Jelaskan tujuan dalam pengajaran menulis dan seni !
      Baca modul halaman 6.14 dan 11.28 !
14. Menulis menjadi hal yang utama dalam kehidupan. Mengapa demikian ? Baca modul halaman 11.25 – 11.26 !
15. Jelaskan mengapa bahasa tulisan lebih abstrak daripada bahasa verbal lisan ?
     Baca modul halaman 6.19! Bahasa tulisan bagi anak usia dini, lebih abstrak dibandingkan bahasa lisan sebab anak menggunakan bahasa lisan sesuai dengan perkembangannya. Akan tetapi, dalam bahasa tulisan, misalnya, anak senantiasa membaca kalimat yang teratur dengan kata sambung, kata keterangan, dan kata depan yang lengkap.
16. Apa yang dimaksud dengan memberi pengalaman harus memperhatikan karakteristik, kebutuhan, dan minat anak ?
    Pengalaman belajar harus sesuai dengan karakteristik (watak, pembawaan, usia, latar belakang), kebutuhan (keinginan), dan minat ( hobi, kesenangan ) anak.
17. Apa yang dimaksud dengan emansipator ?
     Dalam pengajaran menulis dan seni, emansipatori bermaksud bahwa pengajaran menulis dan seni memberikan cara kepada anak untuk dapat berekspresi. Menulis dan seni yang tentu saja sesuai dengan tahapannya masing-masing pada anak usia dini.
18. Pada usia berapakah anak berada pada tahap menulis sambil mengeja ?
      Baca modul halaman 11.35 !
19. Apa yang dimaksud dengan tulisan horizontal ?
20. Linier Repetitive Stage, yaitu tahap pengulangan linear. Pada tahap ini anak menelusuri bentuk tulisan yang horizontal. Apakah yang dimaksud dengan tulisan horizontal ?
21. Apa yang dimaksud dengan tahap pengulangan linear ?
     Pengulangan bentuk tulisan berupa garis mendatar. Perkembangan keterampilan menulis Linear Repetitive Stage berdasarkan usia. Bacalah modul halaman 11.31 lalu perhatikan tabel Tahapan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini pada modul halaman 11.34 - 11.36 !
22. Bagaimanakah cara belajar menulis dengan cara membuat bentuk seperti huruf ?
      Baca modul halaman 6.11 ! Ingatlah selalu, bermain sambil ... .
23. Apa yang dimaksud dengan fingerpainting ?
      Baca modul halaman 6.20 dan 11.36 – 11.40 !
24. Bagaimana cara kita / guru supaya anak bisa senang menulis dan tidak mudah bosan ?
     Jangan mengajar menulis. Anak mulai mencoret pada usia 2 – 3 tahun sudah digolongkan pandai menulis. Kemampuan yang diperlukan anak untuk menulis adalah kemampuan meniru bentuk dan kemampuan menggerakkan alat tulis. Ajarkan anak memegang pensil dengan benar ! (Silakan buka modul / BMP mata kuliah yang berkenaan dengan perkembangan motorik atau lainnya!) Perhatikan dan pahami perbedaan bermain sambil belajar dengan belajar sambil bermain.
25. Jelaskan apa maksud dari kata “belajar mengeja” ? Sementara anak TK / PAUD tidak boleh diajar membaca ?
      Baca modul halaman 6.13, 11.15, dan 11.35 !
26. Kegiatan apa saja yang mendorong kegiatan menulis bagi anak ?
      Baca modul halaman 6.20 dan 11.36 – 11.40.
27. Agar anak senang melakukan kegiatan menulis, guru harus selalu berusaha membuat rencana belajar yang bervariasi. Yang dimaksud dengan belajar yang bervariasi tersebut belajar seperti apa untuk AUD ? Misalnya, variasi tema, bahan, tempat belajar, metode. Tentu saja membosankan jika ... . Sekali-kali ...
28. Mengapa dengan anak mencoret-coret buku, dikatakan anak bereksprimen atau bereksplorasi ? Anak bereksprimen (melakukan percobaan) dan bereksplorasi (menggali kemampuannya) ketika mencoret-coret pada usia 2 – 3 tahun. Tentu saja eksprimen dan eksplorasi pada anak usia 6 – 7 tahun tidak lagi mencoret-coret. Rasa eksprimen dan eksplorasi pada anak usia 2 – 3 tahun itu, bisa saja hampir sama dengan rasa ketika Anda (mahasiswa) baru belajar naik sepeda.
29. Mengapa peranan guru sangat penting dalam pengalaman menulis pada anak ?
      Baca modul halaman 6.5.

30. Bagaimanakah cara menanggapi anak usia 5 tahun yang suka menggambar, tetapi apabila disuruh menulis huruf-huruf atau angka tidak dilakukan ?
      Baca modul halaman 11.34 – 11.35.


Sumber :

Buku Materi Pokok Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa
Modul 6 Perkembangan Menulis Anak dan Modul 11 Metode Pengembangan Bahasa Tulisan Anak
Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi. dan Dra Sri Wulan, M.Si.
Cetakan Januari 2013
Jakarta : Universitas Terbuka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 7 tentang Perkembangan Membaca Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan dalam K13