Tanggapan atas Pertanyaan Modul 8 tentang Mengenalkan Literatur pada Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Prodi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep
1. Sebutkan literatur apa yang sesuai
untuk dapat digunakan oleh anak-anak PAUD ! Sudah saya sebutkan tadi.
2. Beberapa penulis cerita anak
kontemporer saat ini menghasilkan karya literatur yang bersifat mendidik.
Sebutkan !
3. Literatur salah satu sarana yang
efektif menambah pengetahuan. Jelaskan maksudnya ! Literatur adalah sumber
informasi yang berisi tulisan dan / atau gambar. Semua sumber bacaan disebut
literatur. Literatur yang sesuai dengan anak usia dini akan menjadi sarana yang
efektif bagi anak untuk menambah pengetahuan. Misalnya, buku yang berisi gambar
tentang alat-alat transportasi dulu dan sekarang. Tentu saja buku tersebut akan
menambah pengetahuan anak tentang alat-alat transportasi. Begitu pula buku-buku
lainnya. Tentu saja literatur berupa novel atau roman tidak sesuai untuk anak
usia dini. Sebaik dan semenarik apa pun literatur yang disediakan tidak akan
efektif jika guru menyajikan pembelajaran dengan tidak menyenangkan. Perasaan senang akan membangkitkan gairah belajar siswa.
4. Jelaskan apa yang dimaksud
pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari secara klasikal ! Pengetahuan dan
keterampilan yang dipelajari secara klasikal maksudnya dipelajari secara
bersama-sama, misalnya mengucapkan vokal a, i, u secara bersama-sama mengikuti
guru.
5. Apa peran literatur dalam pengenalan
bahasa anak usia dini ? Literatur merupakan salah satu dari sarana yang efektif
untuk menambah pengetahuan melalui beraneka ragam bahan bacaan. Berbeda dari
pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari secara klasikal, penyediaan
berbagai bahan pustaka sebagai literatur secara individual dapat dimanfaatkan
oleh anak dalam pengembangan bahasanya. Anak yang antusias dan respek dengan
bahan bacaan tentu akan lebih baik kemampuan berbahasanya dibandingkan dengan
anak yang tidak peduli dengan bahan bacaan. Pembelajaran secara klasikal hanya
sedikit membekas dalam diri anak dibandingkan dengan pengalaman membaca atau
melihat bahan bacaan yang dilakukan anak secara individual. Anda bisa melakukan
Penelitian Tindakan Kelas untuk mengetahui kebenaran pendapat ini.
6. Apa yang dimaksud dengan sejarah
literatur ? Baca modul halaman 8.3 – 8.5 !
7. Apa yang dimaksud dengan literatur ?
8. Apa saja yang termasuk hakikat
literatur ? Literatur adalah sumber informasi yang berisi tulisan dan / atau
gambar.
9. Bagaimana prinsip pemilihan dan
pengadaan literatur untuk anak usia dini ? Baca modul halaman 8.21 – 8.23! Baca
juga modul halaman 8.13 – 8.14!
10. Sebutkan manfaat buku bagi anak !
Sudah saya sebutkan.
11. Sebutkan contoh-contoh literatur
yang dapat digunakan untuk pengembangan bahasa anak ! Sudah saya sebutkan.
12. Apa yang dimaksud dengan kontemporer ? Cari di KBBI, ya !
13. Apa yang dimaksud dengan bibliografi
khusus, indeks, dan abstrak ? Bibliografi khusus berisi daftar kepustakaan
khusus, misalnya tentang pertanian, perikanan. Biasanya bibliografi terdapat
pada akhir sebuah buku. Indeks berisi sekumpulan penjelasan tentang kata-kata
penting dalam sebuah buku yang disusun secara alfabetis. Sedangkan abstrak
berisi penjelasan ringkas tentang sesuatu hal. Kalau saya tidak bisa memuaskan
Anda, silakan tanyakan kepada atok gugel.
14. Apa yang dimaksud dengan dokumen
lain seperti standar, paten, pamflet, brosur, kliping ? Baca modul halaman
8.10 ! Saya tidak paham maksud kata standar dan paten pada halaman
tersebut. Bisa jadi (dokumen) standar dimaksud semacam surat keputusan (SK),
permen, PP, atau surat perintah tugas. Sementara yang dimaksud (dokumen) paten
semacam surat izin tempat usaha ( SITU ), surat halal dari MUI, atau
surat-surat berharga. Pamflet berupa ringkasan risalah sesuatu hal; biasanya
dicetak dengan bentuk semenarik mungkin. Brosur berupa terbitan tidak berkala
sejumlah beberapa lembar kertas tentang sesuatu hal; biasanya dibagikan atau
ditempel di tempat-tempat tertentu. Kliping berupa sekumpulan naskah cetak
tentang sesuatu; naskah tersebut bisa berasal dari koran atau majalah. Silakan
tanyakan kepada atok gugel, perbedaan pamplet, leaflet, dan booklet.
15. Apa yang dimaksud dengan sentimentil
? Menyentuh perasaan, biasanya membuat sedih atau terharu.
16. Jelaskan cara memberi dasar-dasar ke
arah belajar secara mandiri ?
17. Bagaimana cara mengatasi anak yang
tidak suka dengan literatur yang telah disediakan di sekolah? Bangkitkan
gairahnya. Jangan paksakan dia! Bukan itu kegemarannya/minatnya. Ubah suai
literatur itu menjadi ke arah minatnya tersebut. Usahakan semaksimal mungkin agar literatur yang terdapat di TK / PAUD senantiasa bersih, rapi, teratur, (bila perlu) wangi. Hal itu tentu butuh
kreativitas guru. Namun demikian, jika 99% anak menyenangi literatur yang terdapat di sekolah,
jelaslah bahwa anak itu yang bermasalah. Untuk mengatasi anak secara individual diperlukan usaha tambahan dan intensif dari sang guru. Inilah peluang ibadah sang guru. Kelak guru akan mendapat insentif dari Tuhan.
18. Apa dampak negatif atau dampak
positif apabila seorang guru selalu membacakan dongeng untuk anak usia dini ?
19. Apakah ada dampak negatif atau
positif bagi anak yang suka membaca buku komik kartun ? Ada. Negatifnya, secara
psikologis bisa saja dia mencontohikuti tokoh dalam buku yang dibacanya itu.
Apalagi kalau Sinchan yang dibacanya. Tidak ada sedikit pun nilai positif dari
buku / film Sinchan. Positifnya, kemampuan berbahasanya akan lebih baik dibandingkan
yang lain. Akan tetapi, jarang-jarang ada anak usia dini ( 0 – 6 tahun ) yang
suka membaca buku komik. Bisa jadi hanya melihat gambar saja.
20. Apakah komponen yang paling mendasar
dalam kriteria literatur anak? Informasi berupa gambar atau tulisan.
21. Literatur apa yang baik digunakan
untuk anak TK / PAUD ? Literatur untuk anak usia dini lebih ditekankan pada
gambar tanpa teks. Baca modul halaman 8.11 !
22. Apa sajakah manfaat dari kegunaan
literatur ? Baca modul halaman 8.5 !
23. Apa saja contoh-contoh literatur
yang tepat untuk anak di usia dini ?
24. Apa contoh dari literatur ? Baca
modul halaman 8.10 – 8.16 !
25. Bagaimana cara mengenalkan literatur
pada anak usia dini ? Baca modul halaman 8.20 – 8.30 !
26. Apakah peranan literatur itu ada
kaitannya dengan perkembangan anak ? Baca modul halaman 8.5 – 8.6; 8.13 – 8.15;
8.21 – 8.23 !
27. Bahan pustaka atau literatur yang
dapat disediakan untuk pengembangan bahasa anak, mencakup dalam karya
elektronik, seperti disket, pita magnetik, selongsong. Apa yang dimaksud dengan
disket, pita magnetik, selongsong ? Pita magnetik itu CD/DVD sedangkan
selongsong itu maksudnya flashdisk. Kalau saya tidak memuaskan, tanyakan saja
kepada tok gugel.
28. Apa perbedaan literatur dan
perpustakaan ? Literatur itu buku atau dokumen, baik cetak maupun elektronik.
Perpustakaan ... .Sumber :
Buku Materi Pokok Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa
Modul 8 Mengenalkan Literatur pada Anak
Dra. Sri Wulan, M.Si.
Jakarta : Universitas Terbuka, 2013
Komentar
Posting Komentar