Tanggapan atas Pertanyaan Modul 9 tentang Media Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Prodi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
“... anak akan menyadari bahwa kata-kata itu tersusun dari bunyi-bunyi secara
sendiri-sendiri atau sebagai kelompok.” Media audio adalah media pembelajaran
yang menggunakan suara, seperti radio, tape recorder, canstereo, MP3 player.
Anak segera menyadari bunyi s – a – r – i , t – a – r – i, a – b – i, a – b –
u, sari, tari, abi, abu.
2. Apa yang dimaksud dengan deskriptif
? Deskriptif itu lebih menekankan kepada menjelaskan secara detail tentang sesuatu.
Permainan deskriptif yaitu permainan yang menuntut anak untuk menguraikan benda
secara detail menggunakan kata-katanya sendiri. Baca modul halaman 9.10 – 9.11.
3. Jelaskan manfaat terpenting dalam
permainan mendengarkan ! Baca modul halaman 9.3 – 9.4 dan 9.7.
4. Sebelum bisa membaca anak harus tahu
perbendaharaan kata-kata dasar yang baik, berikan contoh dari kata-kata dasar
yang baik ! Sayang adik – tayang adik.
5. Apa saja yang termasuk media visual
? Baca modul halaman 9.9 – 9.20.
6. Jelaskan media pengembangan bahasa
anak usia dini menurut anda ! Baca modul halaman 9.1 – 9.27.
7. Jelaskan bagaimana cara yang baik
untuk melatih anak-anak dalam bercerita ! Apa pun yang sudah Anda lakukan
adalah baik. Lakukan tugas dan kewajiban Anda sebagai guru sesuai standar dan
prosedur yang berlaku! Patuhilah ilmu psikologi, jangan bebani anak usia dini
dengan kegiatan yang tidak sesuai dengan usianya! Jadilah guru yang sabar, ikhlas, tabah, dan
ikhtiar. SITI,
jangan mudah menyerah, apalagi sampai bosan. Laksanakan tugas dan kewajiban
anda sebagaimana mestinya ! Urusan hasil dan masa depan anak usia dini itu 10
tahun ke depan adalah urusan Tuhan yang Mahaesa. Baca modul halaman 9.1 – 9.27.
8. Apa yang dimaksud dengan graphonik,
semantik, dan sintaksis ? Graphonik adalah ilmu kebahasaan yang mempelajari
tentang huruf/tulisan dan bunyi. Grafemik adalah ilmu kebahasaan (linguistik)
yang menyelediki tentang tulisan atau huruf dalam sistem aksara. Grafologi
adalah ilmu kebahasaan yang mempelajari tentang aksara atau sistem tulisan.
Semantik adalah ilmu kebahasaan yang mempelajari tentang makna kata, makna
leksikal maupun makna gramatikal, makna lugas maupun makna kiasan. Sintaksis
adalah ilmu kebahasaan yang mempelajari tentang tata kalimat, struktur kalimat,
frasa dan klausa dalam sebuah kalimat. Saya menyadari bahwa saya tidak mampu
memuaskan Anda. Agar Anda lebih puas, silakan tanyakan kepada atok gugel!
9. Jelaskan bagaimana caranya bermain
permainan dengan sajak dan irama ! Baca modul halaman 9.11. Silakan diskusikan
dengan rekan Anda. Saya sangat yakin ada teman Anda yang memahami halaman 9.11
tersebut.
10. Bagaimana cara kita membangkitkan
semangat anak untuk melakukan hal-hal yang menyulitkan seperti melatih
kemampuan sajak dan irama ? Sangat dibutuhkan guru yang kreatif, variatif, dan
inovatif. Guru wajib menguasai multimetode, multiteknik, multimedia,
multiharapan – visioner. Jangan paksakan sekali berlatih langsung pintar !
Patuhi dan pahamilah ilmu psikologi, berikan tugas kepada anak sesuai dengan
usianya. Bermain sambil ... .
11. Apakah serial Upin dan Ipin yang
sering tayang di televisi itu baik ditonton untuk anak usia dini ? Baik. Apakah
ada dampak negatif dan positif untuk perkembangan dan pertumbuhan mereka karena
rata-rata anak usia dini sangat senang sekali menonton serial Upin dan Ipin itu
? Sejauh ini saya memandang serial Upin dan Ipin lebih banyak unsur positif
daripada unsur negatif. Sangat jauh berbeda dengan Sinchan.
12. Bagi anak yang tidak suka menonton
televisi, ia senang sekali menonton gem atau bermain gem baik di TV atau di HP.
Apakah itu baik untuk perkembangan otak mereka atau pertumbuhan mereka ( anak
usia dini ) ? Ya, bermain game itu baik untuk perkembangan dan pertumbuhan motorik halus (kalau salah betolkan)
anak usia dini. Akan berakibat buruk jika anak itu bermain game 10 jam setiap
hari. Oleh karena itu, orang tua harus mengondisikan hal itu dan guru mesti
senantiasa mencari tahu tentang hal itu lalu memberi tahu sebagaimana mestinya.
13. Mengapa irama syair dan nyanyian
sangat membantu anak untuk mengingat kata-kata ? Anak lebih senang meniru. Anak
lebih lama ingat. Dengan nyanyian, anak akan mudah mengingat kata-kata.
14. Bagaimana cara kita sebagai orang
tua / guru untuk memilih atau mencegah anak menonton program TV yang kurang
bermanfaat baginya ? Orang tua harus mendampingi anaknya yang menonton televisi
itu. Perhatikan petunjuk di layar kaca, BO artinya bimbingan orang tua. Buatlah
jadwal anak usia dini menonton televisi !
15. Bagaimana cara mengajar pada anak
jika anak berkebutuhan khusus, misalnya anak kurang pendengarannya ? Cara
mengajar khusus tentu saja sudah dikuasai oleh guru SLB. Jika anak itu murid
Anda, tempatkan dia di kursi paling depan. Usahakan senantiasa mengecek apakah
dia mendengar atau tidak instruksi dan informasi yang Anda sampaikan.
16. Dengan melihat televisi / film dapat
membantu merangsang perhatian anak terhadap buku. Kadang anak lebih suka dengan
televisi daripada buku. Dengan ini anak lebih gemar menonton televisi daripada
membaca buku. Bagaimana cara mengatasi anak yang gemar menonton TV untuk
mengalihkan perhatiannya ke buku-buku ? Minat anak terhadap buku dipengaruhi
oleh faktor motivasi, lingkungan keluarga, dan bahan bacaan itu sendiri.
Agar anak gemar membaca buku, tentu saja faktor-faktor tersebut harus
ditingkatkan fungsinya.
17.
Televisi merupakan media audio visual
yang banyak manfaatnya untuk anak. Bagaimana cara mengantisipasi pengaruh
negatif di televisi untuk perkembangan anak ? Caranya, bekerja sama dengan
orang tua untuk mengawasi jam nonton anak usia dini dan mengawasi acara yang
ditontonnya. Guru harus memiliki catatan lengkap mengenai acara yang layak
dikonsumsi anak usia dini.
18.
Dalam pembelajaran di PAUD haruskah
menggunakan bahasa Indonesia atau menggunakan bahasa lokal ( Melayu ) ? Tidak
ada keharusan mengenai bahasa yang harus digunakan. Misalnya, Anda mengajar di daerah
yang seluruhnya orang Melayu dan/atau orang yang lahir dan dibesarkan di tanah
Melayu, boleh saja Anda menggunakan bahasa Melayu. Bahasa Melayu bagi mereka adalah bahasa ibu/emak. Tentu lebih dekat rasanya jika ibu guru menggunakan bahasa ibu. Sesuai perkembangan usia, berangsur-angsur, misalnya sehari sekali, guru menggunakan dan menjelaskan dalam bahasa Indonesia lalu dipertegas dengan bahasa Melayu atau sebaliknya. Semuanya tergantung situasi, kondisi, toleransi, beserta artinya, fantasi, dan jangkauan. Terkadang Anda menyebut
bahasa Indonesia, padahal bisa saja bahasa yang Anda gunakan bahasa sinetron
yang lebih banyak bukan bahasa Indonesia. Supaya Anda mampu membedakan bahasa
Indonesia, bukan bahasa Jakarta, dengan bukan bahasa Indonesia, silakan Anda
layari http://syamsulhendry.blogspot.com
19.
Bagaimana caranya mengajarkan anak
membaca dengan cepat ? Ingat ! Tidak ada
keharusan guru PAUD/TK mengajarkan anak usia dini belajar membaca. Tugas dan
kewajiban Anda adalah “mengajar” anak usia dini bermain, bersosialisasi, dan
berkomunikasi sesamanya. Bermain sambil ....
20.
Media televisi banyak menyajikan
tayangan kegemaran anak. Hal ini menyebabkan anak lebih senang menonton
televisi daripada membaca buku. Bagaimana cara mengatasinya ? Bangkitkan
motivasi dalam diri anak usia dini agar berminat membaca/melihat gambar di
buku. Komunikasikan hal itu kepada lingkungan keluarganya. Anak usia dini
sangat pintar mencontohikuti teladan/idolanya. Ayah ibu dan saudara-saudaranya
sangat berperan dalam menumbuhkembangkan minat baca anak usia dini. Terakhir,
usahakan bahan bacaan yang terdapat di sekolah senantiasa fresh, tidak lusuh
apalagi jorok. Lebih bagus lagi bila PAUD/TK mampu menyediakan buku-buku
terbaru setiap tahun yang sesuai dengan anak usia dini.
21.
Guru mesti kreatif menyajikan
pembelajaran. Saya analogikan dengan pisang goreng. Semua orang pandai membuat
pisang goreng. Mengapa pisang goreng yang itu yang laku keras ?
Sumber :
Buku Materi Pokok Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa
Modul 9 Media Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini
Dra. Sri Wulan, M.Si.
Jakarta : Universitas Terbuka, 2013
Komentar
Posting Komentar