Terjemah Asrar Ashshalah : Rahasia, Rukun, Syarat, Keutamaan, Kesempurnaan, Faedah, dan Fadhilah Sembahyang

Kitab Terjemah
ﺗﺮﲨﻪﻛﺘﺎب
اﺳﺮاراﻟﺼﻼۃﻣﻦﻋﺪۃﻛﺘﺐاﳌﻌﺘﻤﺪۃ
Artinye  : Terjemah beberape ruhsie sembahyang yang diambil daripade beberapa kitab yang muktamad yang dihimpunkan oleh al fakir.

Abdurrahman Shiddiq bin Muhammad Afif Banjari
ﻋﺒﺪاﻟﺮﺣﻤﻦﺻﺪﻳﻖﺑﻦﳏﻤﺪﻋﻔﻴﻒﺑﻨﺠﺮي


Kitab asli ditulis dalam tulisan Arab Melayu
Ditransliterasi oleh Encik Syamsul Hendry ke dalam tulisan Latin


Telah khatam kepada satu hari bulan Shafar 1334 sanat (tahun, pen.)
di tangan hamba Allah yang dhaif
ﻋﺒﺪاﻟﺮﺣﻤﻦﺻﺪﻳﻖﺑﻦﳏﻤﺪﻋﻔﻴﻒﺑﻨﺠﺮي
ﻋﻔﻰﻋﻨﻪرﺑـﻪاﻟﺒﺎري



Cap yang VIII




Selesai dicetak pada 27 Syawal 1349 bersamaan pada 17 Maret 1931
Tercetak di

ﻣﻄﺒﻌﺔاﻻﲪﺪﻳـﻪ
Jalan Sultan 82 – Singapura



اﳊﻤﺪﻟﻠﻪرب اﻟﻌﺎﳌﲔ واﻟﺼﻼۃ واﻟﺴﻼ مﻋﲆﺳﻴﺪاﳌﺮﺳﻠﲔﺳﻴﺪنﷴ
وﻋﲆاﻟـﻪوﲱﺒﻪاﺟﻤﻌﲔ

Adepun kemudian daripade itu berkate  ﻋَﺒْﺪُاﻟﺬّﻟِﻴْﻞُاﻟﻀّﻌِﻴﻒُ،ﻛﺜِﻴْﺮُاﻟﺠَﮭُﻮْلِ،وَﻟﻤَﺴَﺎوِى
Abdurrahman Sidiq bin Muhammad Afif al Banjari  ﻋَﻔٰﻰﻋَﻨْﻪُرَﺑُﻪُاﻟـْﺒَﺎري  yakni hamba yang amat hina lagi dhaif lagi yang banyak bebal dan kesalahan yaitu Abdurrahman Sidiq bin Muhammad Afif al Banjari memaafkan daripadenye Tuhannye yang menjadikan sekalian alam.
ﳌﺎراﻳْﺖُﻣِﻦَاﻻدﻟﺔِانَّ اﻟﺼّﻼۃَﻋِﻤَﺎدُاﻟﺪِّﻳْﻦ وَاﻓﻀَﻞُاﻟﻄﺎﻋَﺎت اﺣْﺒَﺒْﺖُانْ اذْ ﻛﺮﻛﻴْﻔِﻴَﺘَﻬَﺎاﻟﻈَﺎﻫِﺮَۃَوَاﻟﺒَﺎﻃِﻨَﺔ
ﻓِﻲْﻫٰﺬِﻩِاﻟﺘّﺮْﺟُﻤَﺔِﻟِﻴَﻜﻮنﺗﺬﻛﺮﱄوﻻﻣﺜﺎﱄﻣﻦاﻻﺧﻮان وذﺧﻴﺮۃﱄوﳍﻢﰲداراﻻﻣﺎن
Manekale aku lihat daripade beberape dalil bahwesenye sembahyang itu tiang agame dan terlebih afdal daripade segala taat make suke aku bahwe aku sebutkan akan kaifiatnye yang dzahir dan batin di dalam terjemah ini supaye adelah ie menjadi peraturan bagiku dan bagi mereke itu di dalam negeri yang aman.
ۃِوَﺳَﻤّﻴْﺘُﻬَﺎ ﺗَﺮْﺟُﻤَﺔاَﺳْﺮَاراﻟﺼّﻼۃِﻣِﻦْﻋِﺪّۃِﻛﺘُﺐاﻟـْﻤُﻌْﺘَﻤَﺪَ

Aku namai akan die terjemah
ۃِاَﺳْﺮَاراﻟﺼّﻼۃِﻣِﻦْﻋِﺪّۃِﻛﺘُﺐاﻟـْﻤُﻌْﺘَﻤَﺪَ
Artinye terjemah beberape ruhsie sembahyang yang diambil daripade beberape kitab yang muktamad. Ketahui olehmu bahwesenye sembahyang lime waktu itu fardhu ‘ain atas mukalaf dan wajib atas wali menyuruh kanak-kanak sembahyang tatkale umurnye tujuh tahun dan wajib memukul die apebile sampai umurnye sepuluh tahun dan wajib lagi menyuruh anak dan isteri dan mereke yang di bawah kuasenye dan jangan dibiarkan atas mereke itu ﻋﺬر firman Allah ta’ala :
انّ اﻟﺼّﻼۃَﰷ ﻧَﺖْﻋَﲆَاﻟﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَﻛِﺘَﺎﺑًﺎﻣَﻮْﻗُﻮْ ﺗًﺎ
Artinye bahwesenye sembahyang adelah ie atas sekalian mukmin difardhukan lagi diwaktukan. Dan sabda Nabi Muhammad saw.
ﺟِﺪَتْ ﺗَﺎﻣّﺔً ﻗُﺒِﻠﺖْوَﺳَﺎﺋِﺮُﻋَﻤَﻠِﻪٖوُ    اوَّلُﻣَﺎﻳُﺤَﺎﺳَﺐُﻋَﻠـَﻴْﻪِاﻟﻌَﺒْﺪُﻳَﻮْمَاﻟـْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِاﻟﺼّﻼۃُﻓَﺎِنْ
ﺟِﺪَتْﻧَﺎﻗِﺼَﺔًرُدّتْ وَﺳَﺎﺋِﺮُﻋَﻤَﻠِﻪٖوَاِنْ  وُ 
Artinye mule-mule yang dihisab atas hambe Allah ta’ala pade hari kiamat yaitu sembahyang make jike didapat sempurne niscaye diterime ie dan sekalian amalnye dan jike didapat kurang niscaye ditolak ie dan sekalian amalnye.
Syahdan ketahui olehmu bahwesenye kaifiat sembahyang itu due bahagi pertame dzahir dan kedue batin adepun kaifiat yang dzahir itu di dalam tujuh perkare.
Pertame mengetahui syarat wajib sembahyang, kedue mengetahui syarat sah sembahyang, ketige mengetahui rukun sembahyang , keempat mengetahui sunat ab’adh sembahyang , kelima mengetahui sunat haiyyat sembahyang, keenam mengetahui yang makruh di dalam sembahyang, ketujuh mengetahui yang membatalkan sembahyang.
Adepun kaifiat batin sembahyang itu tige perkare, pertame mengetahui yang menyempurnekan syarat dan rukun sembahyang, kedue mengetahui dan mengiktikadkan ruhsie tiap-tiap rukun sembahyang, ketige bersunggguh-sungguh mengiktikadkan hakikat dan ruhsie di dalam sembahyang.
Adepun yang pertame itu make bahwesenye tersebut di dalam kitab ﺗﻨﺒﻴﻪاﻟﻐﺎﻓﻠﲔ bahwesenye di dalam sembahyang itu ade 12.000 perkare, kemudian dihimpunkan ie di dalam due belas perkare make barang siape menghendaki sembahyang make tak dapat tiade bahwe bersungguh-sungguh ie pade memeliharekan 12 perkare ini supaye sempurne sembahyangnye :
1.       Ade ilmu, karne bahwesenye Nabi Muhammad saw. Bersabda :
ﻋﻤﻞﻗﻠﻴﻞﰱﻋﻠﻢﺧﲑﻣﻦﻋﻤﻞﻛﺜﲑﰱﺟﮭﻞ
Artinye bermule amal yang sedikit di dalam ade ilmu lebih baik daripade amal yang banyak dalam jahil.
2.       Wudhu’ karne sabde Nabi Muhammad saw.
ﻻﺻﻼۃاﻻﺑﻄﻬﻮر
Artinye tiade sah sembahyang itu melainkan dengan suci daripade hadas dan najis.
3.       Pakaian karene firman Allah ta’ala :
ﺧﺬوازﻳﻨﺘﻜﻢﻋﻨﺪﰻﻣﺴﺠﺪ
Artinye pakai oleh kamu pakaian kamu tiap-tiap sembahyang.
4.       Memeliharakan waktu karne firman Allah ta’ala :
ان اﻟﺼﻼۃﻛﺎﻧﺖﻋﲆاﻟﻤﺆﻣﻨﲔﻛﺘﺎﺑﺎﻣﻮﻗﻮﺗﺎ
Artinye bahwesenye sembahyang adelah ie atas sekalian mukmin fardhu yang diwaktukan.
5.       Mengadap Kiblat karene firman Allah ta’ala :
،ﻓﻮل وﺟﻬﻚﺷﻄﺮاﻟﻤﺴﺠﺪاﻟﺤﺮاموﺣﻴﺚﻣﺎﻛﻨﱲﻓﻮﻟﻮاوﺟﻮﻫﻜﻢﺷﻄﺮﻩ
Artinye hadapkan olehmu muke kamu akan pihak masjidil haram dan barang di mane ade kamu make hadapkan olehmu muke kamu ketike sembahyang akan pihak masjidil haram yakni Ka’bah.
6.       Niat kerane sabda Nabi Muhammad saw.
اﻧﻤﺎاﻻﻋﻤﺎلﺑﺎﻟﻨﻴﺎت واﻧﻤﺎﻟﲁاﻣﺮىءﻣﺎﻧﻮى
Artinye : Bahwesenye sah segale amal itu dengan niat dan bahwesenye kebilangan bagi tiap-tiap seorang itu barang yang diniatkannye.
7.       Takbiratul ihram kerane sabde Nabi Muhammad saw. :
ﲢﺮﻳﻤﻬﺎاﻟﺘﻜﺒﲑوﲢﻠﻴﻠﻬﺎاﻟﺘﺴﻠﻴﻢ
Artinye yang mengharamkan sembahyang itu takbiratul ihram dan yang menghalalkan die itu salam.
8.       Berdiri kerane firman Allah ta’ala :
وﻗﻮﻣﻮﷲﻗﺎﻧﺘﲔ
Artinye : Sembahyang kamu kerane Allah ta’ala hal keadaan kamu berdiri.
9.       Membace Fatihah karene firman Allah ta’ala :
،ﻓﺎﻗﺮءواﻣﺎﺗﻴﺴﺮﻣﻦاﻟﻘﺮآن
Artinye : Make baca olehmu akan barang yang mudah daripade Quran.
10.   Ruku’ karene firman Allah ta’ala :
وارﻛﻌﻮاﻣﻊاﻟﺮاﻛﻌﲔ
Artinye : Rukuklah kamu serte mereka yang ruku’.
11.   Sujud karene firman Allah ta’ala :
واﺳﺠﺪوﷲواﻋﺒﺪوا
Artinye : Dan sujudlah kamu bagi Allah ta’ala dan sembah oleh kamu akan die.
12.   Duduk kerane sabda Nabi Muhammad saw. :
اذارﻓﻊاﻟﺮﺟﻞراﺳﻪﻣﻦاﺧﺮاﻟﺴﺠﺪۃوﻗﻌﺪﻗﺪراﻟﺘﺸﻬﺪﻓﻘﺪﺗﻤﺖﺻﻼﺗﻪ
Artinye : Apebile mengangkatkan laki-laki akan kepalanye daripade akhir sujud dan duduk ie kadar membace tahyat make sanye (bahwasanya) sempurne sembahyangnye.
Make apebile didapat yang 12 perkare ini niscaye berkehendak pule kepada hakikat yaitu ikhlas supaye sempurne segale perkare ini kerane bahwesenye Allah ta’ala berfirman ie :
ﻓﺎﻋﺒﺪﷲﳐﻠﺼﲔﻟﻪاﻟﺪﯾﻦ
Artinye : Make sembahlah oleh kamu akan Allah ta’ala hal keadaan kamu ikhlas baginye pade mengerjekan agame itu.

1.       Syahdan bermule ilmu itu make kesempurnaannye itu atas tige perkare : pertamenye bahwe mengenal ie akan fardhu daripade sunat kerane bahwesenye sembahyang tiade sah ie melainkan dengan die, dan keduenye bahwe mengenal ie akan barang yang ade pade wudhu’ dan sembahyang daripade fardhu dan sunat make bahwesenye yang demikian itu daripade kesempurnaan sembahyang, dan ketigenye bahwe mengenal ie akan tipu daye setan make mengambil ie pade memerangi akan die dengan bersungguh-sungguh.
2.       Dan adepun wudhu’ make kesempurnaannye di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau sucikan hatimu daripade tipu daye dan dengki dan khianat, dan keduenye engkau sucikan badan daripade segale dose, dan ketigenye engkau basuh anggota akan sebagai basuh yang sempurne dengan tiade berlebih-lebihan daripade air.
3.       Dan adepun pakaian make kesempurnaannye dengan tige perkare, pertame bahwe adelah asalnye daripade harte halal, dan keduenye bahwe adelah ie suci daripade najis, dan ketigenye bahwe adelah ie mufakat bagi sunat Nabi Muhammad saw. Dan jangan ade memakai itu atas jalan kemegahan dan takabur.
4.       Dan adepun memeliharakan waktu make kesempurnaannye di dalam tige perkare, pertamenye bahwe adelah pandanganmu itu kepade matahari dan bulan dan bintang supaye bersungguh-sungguh engkau dengan die mengetahui hadir waktu, dan keduenye bahwe adelah pendengarmu itu kepade bang, dan ketigenye bahwe adelah hatimu memikirkan dan memeliharakan bagi waktu.
5.       Dan adepun mengadap kiblat make kesempurnaannye di dalam tige perkare, pertamenye bahwe berhadap engkau akan Kiblat dengan dade dan muke engkau, dan keduenye bahwe berhadap engkau dengan hatimu atas Allah ta’ala, dan ketigenye bahwe adelah engkau yang khusyuk lagi menghinakan dirinye.
6.       Dan adepun niat make kesempurnaannye di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau ketahui ape jue sembahyang yang engkau sembahyangkan akan die, dan keduenye bahwe engkau ketahui bahwesenye engkau itu berdiri antare hadapan Allah ta’ala dan pade hal ie memandang akan dikau make berdiri engkau dengan ﻫﻴﺒﺔ (gemetar; takut. pen.), dan ketigenye bahwe engkau ketahui bahwesenye Allah ta’ala mengetahui akan barang yang di dalam hatimu make kosongkan olehmu akan die daripade segale pekerjaan dunie.
7.       Dan adepun takbiratul ihram make kesempurnaannye itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe takbir engkau dengan takbir yang sah lagi jazam ﺟﺰم (tegas. Pen.), dan kedue bahwe engkau angkatkan due tanganmu berbetulan due telingemu, dan ketige bahwe adelah hatimu hadir dengan Allah ta’ala make takbir engkau serte membesarkan Allah ta’ala.
8.       Dan adepun kesempurnaan berdiri itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau jadikan pemandang matemu pade tempat sujudmu, dan keduenye bahwe engkau jadikan hatimu serte Allah ta’ala, dan ketigenye bahwe jangan berpaling engkau ke kanan dan ke kiri.
9.       Dan adepun kesempurnaan membace Fatihah itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau membace Fatihah dengan bacaan yang sah lagi dengan tartil dan jangan lahan, dan keduenye bahwe engkau bace akan die dengan tafakur dan engkau sungguhkan akan maknenye, dan ketigenye bahwe engkau amalkan dengan barang yang engkau bace.
10.   Dan adepun kesempurnaan ruku’ itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau ratekan belakangmu dan jangan engkau tundukkan dan jangan engkau tinggikan, dan keduenye bahwe engkau hantarkan due tanganmu atas due lututmu, dan bahwe engkau hunjurkan segale anak jarimu ke Kiblat, dan ketigenye bahwe tumakninah engkau di dalam ruku’ dan engkau bace tasbih serte ta’dzhim dan tetap pade Allah ta’ala.
11.   Dan adepun kesempurnaan sujud itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe sujud engkau dengan anggota yang tujuh dan engkau hantarkan due tanganmu berbetulan due bahumu, dan keduenye bahwe jangan engkau hampirkan due hastemu, dan ketigenye bahwe tumakninah engkau di dalam sujud serte membace tasbih dan takzim.
12.   Dan kesempurnaan duduk itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe duduk engkau atas kakimu yang kiri dan engkau dirikan kakimu yang kanan, dan keduenye bahwe engkau bace tahyat dengan takzim dan engkau doakan bagi dirimu dan bagi sekalian mukmin, dan ketigenye bahwe memberi salam engkau dengan sempurnenye.
13.   Dan adepun kesempurnaan salam itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe adelah serta niat yang benar dari hatimu dan keduenye bahwe adelah salam engkau atas mereke yang di kananmu dan yang di kirimu daripade malaikat hafazhah ﺣَﻔَﻈﻪ dan jin dan manusie yang Islam, dan ketigenye bahwe jangan melampaui pemandangmu akan bahumu.
14.   Dan adepun kesempurnaan ikhlas itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau tuntut dengan sembahyang engkau itu ridha Allah ta’ala dan jangan engkau tuntut ridha manusia, dan keduenye engkau ketahui taufik itu daripade Allah ta’ala, dan ketigenye bahwe engkau peliharekan akan sembahyang dan engkau kekalkan akan die hingge hilang ie serte dirimu dengan matimu.
Adepun yang kedue yakni mengetahui dan mengiktikadkan ruhsie tiap-tiap rukun dan lainnye dan yaitu di dalam beberape perkare :
1.       Pertamenye apebile engkau dengar orang yang bang make hadirkan olehmu hatimu akan haru-hara seru hari kiamat dan berkemas engkau dengan zahir dan batin bagi memperkenankan dan bersegere kepade sembahyang kerane bahwesenye orang yang bersegere kepade seruan ini mereka itulah orang yang diseru dengan lemah lembut pade hari kiamat make datangkan olehmu hatimu atas seruan ini make jike engkau dapat akan die penuh dengan kesukaan lagi yang berisi dengan gemar kepade bersegere make ketahui olehmu bahwe lagi akan datang akan dikau seru dengan kebajikan pade hari kiamat dan;
2.       Keduenye apebila datang kepade tempat bersuci daripade hadas make janganlah lalai engkau daripade hatimu make bersungguh-sungguh engkau menyucikan baginye dengan taubat dan menyesal atas barang yang taksir daripade ibadat ;
3.       Dan ketigenye menutup aurat make ketahui olehmu bahwesenye maknenye itu menutup yang keji daripade badanmu daripade dipandang makhluk make bahwesenye zahir badanmu itu tempat bagi pandang makhluk make betapakah hal kamu dengan aurat batinmu dan keji daripade ruhsiemu make hadirkan olehmu sekalian kejahatan batinmu itu dengan hatimu dan tuntut olehmu menutup die make bahwe sesungguhnye tiade ade yang menutup akan die melainkan menyesal daripade sekalian kesalahan dan malu dan takut kepada Allah ta’ala;
4.       Dan keempatnye menghadap kiblat yaitu memalingkan zahir mukamu daripade sekalian ﺟﻬﺔ (sisi. pen.) kepade ﺟﻬﺔ baitullah make ketike itu hendaklah muke hatimu dan muke badanmu berhadap kepada Allah ta’ala dan ketahui olehmu pule seperti bahwesenye tiade terhadap mukemu kepade ﺟﻬﺔ baitullah melainkan dengan berpaling daripade sekalian ﺟﻬﺔ demikian jue tiade terhadap hatimu kepada Allah ta’ala melainkan dengan berpaling daripade barang yang lainnye.
5.       Dan kelimenye berdiri make yaitu merupakan dengan zat diri kite antare hadapan Allah ta’ala make hendaklah engkau tundukkan kepalemu dan menjagekan atas melazimi hati akan tawadhu’ dan menghinakan diri dan melepaskan diri daripade takbur dan engkau ingatkan di sini takut ketike didirikan di hadapan hadirat Allah ta’ala di dalam haru hara kiamat dan ketike ditanye engkau daripade amal kamu;
6.       Dan keenamnye niat make hendaklah engkau cite ketike itu atas memperkenankan Allah ta’ala pade menjunjung titahnye dengan sembahyang dan menyempurnekan die dan menjauhi daripade yang membatalkan akan die dan ikhlas karene Allah ta’ala karene mengharap akan pahalenye dan takut akan siksanye dan menuntut hampir daripadenye, dan keenamnye takbiratul ihram make apebile menuturkan dengan die lidahmu make seyogyanye bahwe tiade mendustakan akan die hatimu make jike ade di dalam hatimu sesuatu yang terlebih besar daripade Allah ta’ala make bermule Allah ta’ala menyaksikan atasmu bahwesenye engkau itu dusta ;
7.       Dan ketujuhnye bace doa iftitah make permulaan kalimahnye
وﺟﻬﺖوﺟﻬﻲﻟﻠﺬيﻓﻄﺮااﻟﺴﻤﻮات واﻻرض
Artinye : Aku hadapkan mukeku bagi Tuhan yang menjadikan tujuh petale langit dan bumi, make ﻣﺮاد (murad; 1)maksud; keinginan; 2)makna lebih luas. Pen.) dengan muke itu muke hati dan ketike itu tilik olehmu akan die adekah berhadap ie kepade citenye di dalam rumah dan pasar lagi mengikut bagi syahwatnye atau berhadap ie kepade Tuhan yang menjadikan tujuh petale langit dan bumi. Dan apebile engkau kate ﺣﻨﻴﻔﺎﻣﺴﻠﻤﺎ  artinye hal keadaanku cenderung kepade agame yang sebenarnye lagi Islam make ketike itu seyogyanye terlintas di dalam hatimu bahwesenye yang bername orang Islam itu yaitu orang yang selamat sekalian orang Islam daripade kejahatan lidahnye dan tangannye make jikalau tiade seperti yang demikian itu engkau niscaye adelah engkau itu orang yang duste. Dan apebile engkau kate وﻣﺎاﻧﺎﻣﻦاﻟﻤﺸﺮﻛﲔ artinye dan tiade ku daripade orang yang syirik, make pikirkan olehmu ketike itu dengan hatimu akan syirik khafi dan takuti olehmu daripade syirik ini karene bahwesenye name syirik itu jatuh ie atas syirik yang jali dan yang khafi dan apabile engkau kate
انﺻﻼﰏوﻧﺴﻜﻲوﳏﻴﺎي وﳑﺎﰐﷲرب اﻟﻌﺎﳌﲔ ﻻﺷﺮﻳﻚﻟﻪوﺑﺬﻟﻚاﻣﺮت واﻧﺎﻣﻦاﳌﺴﻠﻤﲔ
Artinye : Bahwesenye sembahyangku dan ibadahku dan hidupku dan matiku bagi Allah ta’ala Tuhan yang memiliki sekalian alam tiade yang menyekutui bagi-Nye dan dengan yang demikian itu diperintah aku dan aku itu daripade orang yang Islam make ketike itu ketahui olehmu bahwesenye seperti inilah hal orang yang fana’ bagi dirinye dan mewujud dengan Tuhannye dan;
8.       Kedelapan, apebile engkau kate اﻟﺮﺟﲓ اﻋﻮذﺑﺎﻟﻠﻪﻣﻦاﻟﺸﻴﻄﺎن، artinye : Berlindung aku dengan Allah ta’ala daripade setan yang kena rajam, make ketika itu ketahui olehmu bahwesenye ie seterumu dan yang mengintai-intai bagi memalingkan hatimu daripade Allah ta’ala karene ie dengki bagimu atas munajatmu serte Allah ta’ala dan sujudmu bagi-Nye. Dan ketahui olehmu bahwesenye setengah daripade tipu daye setan bahwe membimbingkan ie akan dikau di dalam sembahyangmu dengan mengingatkan akhirat dan membicarekan memperbuat kebajikan supaye menegahkan ie akan dikau daripade mempahamkan barang yang engkau bace make ketahui olehmu tiap-tiap barang yang membimbingkan akan dikau daripade mempahamkan makne bacaanmu make yaitu waswas namenye dan tiap-tiap waswas itu setan karene bahwesenye gerak lidah itu tiade dimaksud tetapi yang dimaksud itu maknenye, dan apebile engkau kate ﺑﺴﻢﷲاﻟﺮﺣﻤﻦاﻟﺮﺣﲓ artinye : Dengan name Allah ta’ala yang amat murah lagi yang amat mengasihani make ketike itu niatkan olehmu akan mengambil berkat bagi memulai membace kalam Allah ta’ala dan pahamkan olehmu bahwesenye maknenye itu sekalian pekerjaan dunie dan akhirat tertentu bagi Allah ta’ala dan murad dengan name di sini yaitu dzat yang mempunyai name dan apebile engkau kate  اﻟﻌﺎﳌﲔ اﶵﺪﻟﻠﻪرب، artinye : Segale puji bagi Allah ta’ala Tuhan yang memiliki sekalian alam make ketike itu engkau citekan akan syukur pade segale nikmat Allah ta’ala dan apebile engkau kate اﻟﺮﲪﻦاﻟﺮﺣﲓ artinye : Tuhan yang amat murah lagi yang amat mengasihani, make hadirkan di dalam hatimu ketike itu akan segale bagi rahmat Allah ta’ala atasmu daripade rahmat dunie dan rahmat agame make datanglah di dalam hatimu syukur dan takzim bagi Allah ta’ala. Dan apebile engkau kate  اﻟﺪﻳﻦ ﻣﺎﻟﻚﻳﻮم٬ artinye : Tuhan yang memiliki hari agame. Make ketike itu takut olehmu akan Allah ta’ala daripade haru-hara hari kiamat dan hisab dan timbangan dan lainnye sekire-kire Allah ta’ala yang mempunyai kerajaan hari itu sendirinye.
Dan apebile engkau kate   ﻧﻌﺒﺪ اﻳﺎك،  artinye : Akan Dikau jue kami sembah. Make hadirkan di dalam hatimu ketike itu ikhlas ibadahmu kerane Allah ta’ala. Dan apebile engkau kate  ﻧﺴﺘﻌﲔ واﻳﺎك،  artinye : Dan akan Dikau jue kami minta tolong, make hadirkan olehmu ketike itu akan lemah engkau dan hajat engkau dan melepaskan diri daripade daye dan upaye daripade berbuat taat syahdan kemudian daripade itu tuntut olehmu akan hajatmu dan maksudmu yang amat benar pade agame pade katemu  اﻫﺪﻧﺎاﻟﺼﺮاط،اﳌﺴﺘﻘﲓﺻﺮط،اﻟﺬﻳﻦاﻧﻌﻤﺖﻋﻠﳱﻢ،ﻏﲑاﻟﻤﻐﻀﻮبﻋﻠﳱﻢوﻻاﻟﻀﺎﻟﲔ
Artinye : Hai Tuhanku, tunjuki oleh-Mu akan kami agame yang sebenarnye yaitu jalan agame mereke yang telah Engkau beri nikmat atas mereke itu daripade anbiya’ dan shiddhiqin dan syuhada’ dan shalihin lain daripade mereke yang dimarahkan atas mereke itu seperti yahudi dan lain daripade orang yang sesat seperti nasrani kemudian engkau pohonkan akan diterime hajatmu dengan katemu  اﻣﲔ  , artinye : Perkenankan oleh-Mu Hai Tuhanku. Dan
9.       Kesembilan, ruku’ dan sujud make ketike itu seyogyanye bahwe engkau baharukan menyebut kebesaran Allah ta’ala dan engkau angkatkan due tanganmu hal keadaanmu berlindung dengan maaf Allah ta’ala daripade sikse-Nye dan adepun tetap engkau di dalam berdiri membace Fatihah dan surat dan lainnye make yaitu menjagekan atas hadir dan tetap hati serte Allah ta’ala atas sifat yang satu yaitu ﺣﻀﻮر (hadir hati.pen.), dan
10.   Kesepuluhnye, tahyat make apebile duduk engkau baginye make duduk engkau dengan adab dan hadirkan olehmu di dalam hatimu akan zat Nabi Muhammad saw. Kemudian bicarekan olehmu bahwesenye Allah ta’ala bahwe memulangkan ie atasmu akan salam yang sempurne dengan sebilang-bilang hambe Allah ta’ala yang salih kemudian naik saksi bagi Allah ta’ala dengan wahdaniah dan bagi Nabi Muhammad saw. dengan risalah kemudian berdoa engkau pade akhir sembahyangmu dengan doa yang وارد warad serte tawadhu’ dan khusyu’ dan benar dan harap dengan diperkenankan dan sekutukan olehmu dengan doamu akan ibu bapakmu dan sekalian orang yang Islam dan qasad olehmu ketike salam itu akan memberi salam atas malaikat dan manusia dan jin yang Islam dan niatkan olehmu dengan salam itu menyudahkan sembahyang dengan die dan niatkan di dalam hatimu syukur kepada Allah ta’ala atas taufik-Nye bagi menyempurnekan taat ini dan engkau sangke bahwesenye inilah akhir sembahyang engkau dan barangkali bahwesenye engkau tiade hidup bagi mengerjekan seumpame sembahyang ini dan takut olehmu bahwe tiade menerime Allah ta’ala akan sembahyangmu dan bahwasanya engkau dimarahi dengan yang demikian itu zahir dan batin maka ditolak sembahyangmu pada mukamu dan engkau harap serta yang demikian itu bahwa menerima akan dia oleh Allah ta’ala dengan kemurahan-Nya dan karunia-Nya dan adalah setengah ahli tasawuf berhenti kemudian daripada sembahyang satu saat seolah-olah ia sakit.
Adapun yang ketiga itu yakni bersungguh-sungguh mengiktikadkan hakikat dan rahasia di dalam sembahyang maka yaitu amat banyak dan sekurang-kurangnya sebelas perkara :
1.       Khusyu’ artinye tetap anggota daripada gerak yang sia-sia dan tetap hati menghadap kepada Allah ta’ala maka khusyu’ ini syarat bagi menyempurnakan pahala sembahyang kepada fuqaha’ dan jadi syarat bagi sah sembahyang kepada ulama’ tasawuf karena firman Allah ta’ala :
ﻻﺻﻼۃاﻻﻋﲆاﻟﺨﺎﺷﻌﲔ artinya : Tiada sempurna sembahyang melainkan atas orang yang khusyu’ dan lagi firman Allah ta’ala :  ﻗﺪاﻓﻠﺢاﳌﺆﻣﻨﻮن٬اﻟﺬﻳﻦﱒﰶﺻﻼﺗﻬﻢﺧﺎﺷﻌﻮن  artinya : Sesungguhnya dapat kemenangan orang yang mukmin yang adalah mereka itu di dalam sembahyang mereka itu khusyu’ dan ;
2.       Khudhu’ artinya merendahkan diri dan menghinakan dia kepada Allah ta’ala dan ;
3.       Hudhur artinya hadir hatinya serta Allah ta’ala maka tiada ia berpaling kepada sesuatu di dalam sembahyang dan ;
4.       Ta’dzhim artinya membesarkan Allah ta’ala di dalam sembahyangnya karena firman Allah :  واﻻﻛﺮام ذواﳉﻼل،  artinya : Tuhan yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan lagi yang mengetahui zahir batin kita dan memandang segala rahasia kita dan ;
5.       Hayaa’ artinya malu kepada Allah ta’ala karena taksir kita pada menunaikan hak Allah ta’ala akan sebenar-benar menunaikan dan ;
6.       Khauf artinya takut akan murka Allah ta’ala dan akan siksa-Nya dan akan tiada diterima amalnya karena beberapa banyak dosa kita dan taksir kita pada menjauhi larangan-Nya dan ;
7.       Raja’ artinya harap akan rahmat Allah ta’ala dan harap akan ampunan-Nya dan harap akan diterima sekalian amalnya dan ;
8.       Haybah ﻫﻴﺒﺔ artinya gemetar dan takut akan kekerasan-Nya yang lulus pada segala hamba-Nya karena terkadang ditolak-Nya amal kita karena kurang adab kita sertanya karena firman Allah ta’ala :  وﻫﻮاﻟﻘﺎﻫﺮﻓﻮقﻋﺒﺎدﻩ  artinya : Dan Allah ta’ala jua yang mengurusi atas segala hamba-Nya dan ;
9.       Ikhlas artinya bersih amal kita kepada Allah ta’ala maka ikhlas inilah syarat bagi dapat pahala sekalian amal karena firman Allah ta’ala :  واﻋﺒﺪوﷲﳐﻠﺼﲔﻟﻪاﻟﺪﻳﻦ  artinya : Dan sembah oleh kamu akan Allah ta’ala hal keadaan kamu ikhlas bagi-Nya akan mengerjakan agama, dan lagi firman Allah ta’ala :  وﺗﺒﺘﻞاﻟﻴﻪﺗﺒﺘﻴﻼ  artinya : Dan ikhlas engkau kepada Allah ta’ala akan sempurna ikhlas. Dan makna ikhlas itu benar niatnya kepada Allah ta’ala di dalam ibadahnya maka ikhlas itu terbagi kepada dua bahagi : pertama  اﻻﺑﺮار اﺧﻼص، ikhlasul abrar namanya yaitu seorang yang beramal ia karena semata-mata menjunjung perintah Allah ta’ala dan tiada mengkasad ( maksud; tujuan. pen.) ia akan sesuatu yang lain daripada Allah ta’ala seperti memohonkan surga atau minta jauhkan daripada api neraka maka yaitulah isyarat firman Allah ta’ala :  ﻧﻌﺒﺪ اﻳﺎك، artinya : Akan dikau jua kami menyembah dan dinamakan amal orang ikhlasul abrar itu ﻋﻤﻞﻟﻠﻪ artinya amal karena Allah ta’ala ; kedua  اﳌﻘﺮﺑﲔ اﺧﻼص٬ artinya ikhlas orang yang hampir kepada Allah ta’ala yaitu seorang yang beramal yang tiada ia mengaku dan tiada merasa dengan usaha ikhtiarnya di dalam ma’rifatnya hanyasanya (bahwasanya) dipandangnya amalnya itu semata-mata dengan diamalkan Allah ta’ala dan taufik-Nya seperti firman Allah ta’ala ﷲﺧﻠﻘﲂوﻣﺎﺗﻌﻤﻠﻮن artinya : Allah ta’ala jua yang menjadikan kamu dan barang yang kamu perbuat dan lagi mereka itu tiada merasa mempunyai daya dan upaya seperti kata ulama’ tasawwuf  واﻟﻘﻮۃ اﻻﺧﻼصﻫﻮاﻟﺘﱪيﻋﻦاﳊﻮل،  artinya : Bermula ikhlas itu yaitu melepaskan diri daripada daya dan upaya maka yaitulah isyarat firman Allah ta’ala واﻳﺎكﻧﺴﺘﻌﲔ artinya : Dan akan Dikau kami minta tolong pada memperbuat taat dan menjauhi maksiat. Dan dinamakan amal orang yang ikhlasul muqarrabiin itu ﻋﻤﻞﺑﺎﻟﻠﻪ artinya amal dengan pertolongan Allah ta’ala. Dan ;
10.   ﺗﺪﺑﺮﻟﻠﻘﺮاءۃ artinya memikir dan membicarakan bagi bacaan yang dibacanya di dalam sembahyang maka yaitu lagi akan datang makna bacaan itu insya Allah ta’ala dan ;
11.   ﻣﻨﺎﺟﺎتﻟﻠﻪ  artinya berkata dan berhadap dengan ruhnya dan sirnya bagi Allah ta’ala maka inilah sebesar-besar rahasia batin sembahyang.
Syahdan hasilnya tatkala engkau ketahui dan engkau amalkan sekalian yang tersebut itu maka tinggal bagimu tiga perkara yang ia kepala sekalian yang tersebut itu :
1.       Pertama ikhlas dengan hatimu sekira-kira tetap pandang hatimu bahwasanya engkau beribadah itu semata-mata taufik Allah ta’ala atasmu tiada dengan daya dan upayamu.
2.       Kedua ﺗﺪﺑﺮﻟﻠﻘﺮاءۃ artinya engkau pikirkan dan engkau ingatkan makna yang engkau baca itu dengan ingatan pikirmu dan jangan memikirkan engkau akan yang lain daripada bacaanmu dan jikalau surga dan neraka dan alam sekalipun.
3.       Ketiga ﻣﻨﺎﺟﺎت artinya berkata-kata dan menyeru akan Tuhanmu dengan ruhmu dan rahasiamu dan dengan makrifatmu hingga mudah-mudahan engkau dapat ﻓﻨﺎﰱﷲ dan ﺑﻘﺎءﺑﺎﻟﻠﻪ di dalam sembahyangmu  dan engkau dapat ﻗﺮۃاﻟﻌﲔ artinya sejuk mata di dalam sembahyang karena mendapat lezat memandang ﺟﻤﺎﷲ dan jalal-Nya seperti yang tersebut di dalam hadis sabda Nabi Muhammad saw. ﺣﺒﺐاﱄﻣﻦدﻧﻴﺎﰼﺛﻼث،اﻟﻄﻴﺐ٫واﻟﻨﺴﺎءوﻗﺮۃﻋﻴﻨﻲﰱاﻟﺼﻼۃ artinya : disukakan kepada aku daripada dunia kamu tiga perkara; pertama harum-haruman dan ; kedua perempuan dan ; ketiga sejuk mataku di dalam sembahyang.
Dan mudah-mudahan engkau dapat segala faedah yang amat besar yang tertentu pada sembahyang yaitu sepuluh perkara :
1.       Sembahyang itu menerangkan hati
2.       Mencahayakan muka
3.       Meridakan akan Tuhan ar – Rahman
4.       Memarahkan akan setan
5.       Menolakkan akan bala’
6.       Memadamkan akan kejahatan segala seteru
7.       Membanyakkan akan rahmat
8.       Menolakkan akan azab kubur dan azab akhirat
9.       Menghampirkan akan hamba daripada Tuhannya
10.   Menegahkan daripada segala yang keji-keji dan yang munkar

Dan mudah-mudahan engkau dapat faedah dan fadilat sembahyang yang 25 yang tersebut di dalam hadis sabda Nabi Muhammad saw.
1.       Bermula sembahyang itu meridakan bagi Tuhan kita  وﺗﻌﺎﱃ ﺗﺒﺎرك،
2.       Dikasihkan segala malaikat
3.       Sembahyang itu jalan anbiya’ dan mursalin
4.       Sembahyang itu nur makrifat
5.       Sembahyang itu asal makrifat
6.       Sembahyang itu memperkenankan doa’
7.       Sembahyang itu sebab diterima segala amal yang lainnya
8.       Sembahyang itu jadi berkat pada rizki
9.       Sembahyang itu jadi kesenangan bagi badan
10.   Sembahyang itu jadi senjata atas segala seteru
11.   Sembahyang itu membencikan bagi setan
12.   Sembahyang itu mensyafaatkan antara orang yang sembahyang dan malaikat maut
13.   Sembahyang itu kandil di dalam kuburnya
14.   Sembahyang itu jadi hamparan di bawah limbungnya
15.   Sembahyang itu jadi dapat menjawab soal munkar dan nakir
16.   Sembahyang itu menjinakkan akan dia di dalam kuburnya hingga hari kiamat
17.   Apabila hari kiamat jadi sembahyang itu dinding kepalanya daripada panas matahari
18.   Sembahyang itu jadi mahkota atas kepalanya
19.   Sembahyang itu jadi pakaian atas badannya
20.   Sembahyang itu jadi cahaya yang berjalan antara hadapannya
21.   Sembahyang itu jadi dinding antaranya dan antara api neraka
22.   Sembahyang itu jadi hajat bagi orang yang mukmin di hadapan Allah ﻋﺰوﺟﻞ
23.   Sembahyang itu memberatkan timbangan bagi kebajikan
24.   Sembahyang itu melalukan atas titian shirathal mustaqim
25.   Sembahyang itu membukakan pintu surga karena bahwasanya sembahyang itu ada di dalamnya ﺗﺳﺒﻴﺢ tasbih dan ﺗﻘﺪﻳﺲ takdis dan ﲢﻤﻴﺪ tahmid dan ﺗﻌﻈﲓ ta’zhim dan ﻗﺮاءۃ qiraat dan doa dan munajat dan ikhlas dan tauhid dan shalawat dan lainnya.
Maka bahwa sesungguhnya yang terlebih afdal amal sekaliannya yaitu sembahyang di dalam waktunya syahdan inilah makna bacaan di dalam sembahyang supaya ditadabburkan maknanya.


Sumber :


ﻛﺘﺎب ﺗﺮﲨﻪ  
اﺳﺮاراﻟﺼﻼۃﻣﻦﻋﺪۃﻛﺘﺐاﳌﻌﺘﻤﺪۃ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 7 tentang Perkembangan Membaca Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan dalam K13

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 6 tentang Perkembangan Menulis Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep Masa Ujian 2016.1