Terjemah Asrar Ashshalah : Rahasia, Rukun, Syarat, Keutamaan, Kesempurnaan, Faedah, dan Fadhilah Sembahyang
Kitab Terjemah
ﺗﺮﲨﻪﻛﺘﺎب
اﺳﺮاراﻟﺼﻼۃﻣﻦﻋﺪۃﻛﺘﺐاﳌﻌﺘﻤﺪۃ
Artinye : Terjemah beberape ruhsie sembahyang yang diambil daripade beberapa kitab yang muktamad yang dihimpunkan oleh al fakir.
Abdurrahman Shiddiq bin Muhammad Afif Banjari
ﻋﺒﺪاﻟﺮﺣﻤﻦﺻﺪﻳﻖﺑﻦﳏﻤﺪﻋﻔﻴﻒﺑﻨﺠﺮي
Kitab asli ditulis dalam tulisan Arab Melayu
Ditransliterasi oleh Encik Syamsul Hendry ke dalam tulisan Latin
Telah khatam kepada satu hari bulan Shafar 1334 sanat (tahun, pen.)
di tangan hamba Allah yang dhaif
di tangan hamba Allah yang dhaif
ﻋﺒﺪاﻟﺮﺣﻤﻦﺻﺪﻳﻖﺑﻦﳏﻤﺪﻋﻔﻴﻒﺑﻨﺠﺮي
ﻋﻔﻰﻋﻨﻪرﺑـﻪاﻟﺒﺎري
Cap yang VIII
Selesai dicetak pada 27 Syawal 1349 bersamaan pada 17 Maret 1931
Tercetak di
ﻣﻄﺒﻌﺔاﻻﲪﺪﻳـﻪ
Jalan Sultan 82 – Singapura
اﳊﻤﺪﻟﻠﻪرب اﻟﻌﺎﳌﲔ
واﻟﺼﻼۃ واﻟﺴﻼ مﻋﲆﺳﻴﺪاﳌﺮﺳﻠﲔﺳﻴﺪنﷴ
وﻋﲆاﻟـﻪوﲱﺒﻪاﺟﻤﻌﲔ
Adepun kemudian
daripade itu berkate ﻋَﺒْﺪُاﻟﺬّﻟِﻴْﻞُاﻟﻀّﻌِﻴﻒُ،ﻛﺜِﻴْﺮُاﻟﺠَﮭُﻮْلِ،وَﻟﻤَﺴَﺎوِى
Abdurrahman Sidiq bin Muhammad Afif al
Banjari ﻋَﻔٰﻰﻋَﻨْﻪُرَﺑُﻪُاﻟـْﺒَﺎري yakni hamba yang amat
hina lagi dhaif lagi yang banyak bebal dan kesalahan yaitu Abdurrahman Sidiq
bin Muhammad Afif al Banjari memaafkan daripadenye Tuhannye yang menjadikan
sekalian alam.
ﳌﺎراﻳْﺖُﻣِﻦَاﻻدﻟﺔِانَّ اﻟﺼّﻼۃَﻋِﻤَﺎدُاﻟﺪِّﻳْﻦ وَاﻓﻀَﻞُاﻟﻄﺎﻋَﺎت
اﺣْﺒَﺒْﺖُانْ اذْ ﻛﺮﻛﻴْﻔِﻴَﺘَﻬَﺎاﻟﻈَﺎﻫِﺮَۃَوَاﻟﺒَﺎﻃِﻨَﺔ
ﻓِﻲْﻫٰﺬِﻩِاﻟﺘّﺮْﺟُﻤَﺔِﻟِﻴَﻜﻮنﺗﺬﻛﺮﱄوﻻﻣﺜﺎﱄﻣﻦاﻻﺧﻮان وذﺧﻴﺮۃﱄوﳍﻢﰲداراﻻﻣﺎن
Manekale aku lihat
daripade beberape dalil bahwesenye sembahyang itu tiang agame dan terlebih
afdal daripade segala taat make suke aku bahwe aku sebutkan akan kaifiatnye
yang dzahir dan batin di dalam terjemah ini supaye adelah ie menjadi peraturan
bagiku dan bagi mereke itu di dalam negeri yang aman.
ۃِوَﺳَﻤّﻴْﺘُﻬَﺎ ﺗَﺮْﺟُﻤَﺔاَﺳْﺮَاراﻟﺼّﻼۃِﻣِﻦْﻋِﺪّۃِﻛﺘُﺐاﻟـْﻤُﻌْﺘَﻤَﺪَ
Aku namai akan die
terjemah
ۃِاَﺳْﺮَاراﻟﺼّﻼۃِﻣِﻦْﻋِﺪّۃِﻛﺘُﺐاﻟـْﻤُﻌْﺘَﻤَﺪَ
Artinye terjemah
beberape ruhsie sembahyang yang diambil daripade beberape kitab yang muktamad. Ketahui olehmu bahwesenye sembahyang lime waktu itu fardhu ‘ain atas
mukalaf dan wajib atas wali menyuruh kanak-kanak sembahyang tatkale umurnye
tujuh tahun dan wajib memukul die apebile sampai umurnye sepuluh tahun dan
wajib lagi menyuruh anak dan isteri dan mereke yang di bawah kuasenye dan
jangan dibiarkan atas mereke itu ﻋﺬر firman Allah ta’ala :
انّ اﻟﺼّﻼۃَﰷ ﻧَﺖْﻋَﲆَاﻟﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَﻛِﺘَﺎﺑًﺎﻣَﻮْﻗُﻮْ ﺗًﺎ
Artinye bahwesenye
sembahyang adelah ie atas sekalian mukmin difardhukan lagi diwaktukan. Dan
sabda Nabi Muhammad saw.
ﺟِﺪَتْ ﺗَﺎﻣّﺔً ﻗُﺒِﻠﺖْوَﺳَﺎﺋِﺮُﻋَﻤَﻠِﻪٖوُ اوَّلُﻣَﺎﻳُﺤَﺎﺳَﺐُﻋَﻠـَﻴْﻪِاﻟﻌَﺒْﺪُﻳَﻮْمَاﻟـْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِاﻟﺼّﻼۃُﻓَﺎِنْ
ﺟِﺪَتْﻧَﺎﻗِﺼَﺔًرُدّتْ وَﺳَﺎﺋِﺮُﻋَﻤَﻠِﻪٖ وَاِنْ وُ
Artinye mule-mule
yang dihisab atas hambe Allah ta’ala pade hari kiamat yaitu sembahyang make
jike didapat sempurne niscaye diterime ie dan sekalian amalnye dan jike didapat
kurang niscaye ditolak ie dan sekalian amalnye.
Syahdan ketahui
olehmu bahwesenye kaifiat sembahyang itu due bahagi pertame dzahir dan kedue
batin adepun kaifiat yang dzahir itu di dalam tujuh perkare.
Pertame mengetahui
syarat wajib sembahyang, kedue mengetahui syarat sah sembahyang, ketige mengetahui rukun
sembahyang , keempat mengetahui sunat ab’adh sembahyang , kelima mengetahui
sunat haiyyat sembahyang, keenam mengetahui yang makruh di dalam sembahyang,
ketujuh mengetahui yang membatalkan sembahyang.
Adepun kaifiat
batin sembahyang itu tige perkare, pertame mengetahui yang menyempurnekan syarat
dan rukun sembahyang, kedue mengetahui dan mengiktikadkan ruhsie tiap-tiap
rukun sembahyang, ketige bersunggguh-sungguh mengiktikadkan hakikat dan ruhsie
di dalam sembahyang.
Adepun yang pertame
itu make bahwesenye tersebut di dalam kitab ﺗﻨﺒﻴﻪاﻟﻐﺎﻓﻠﲔ bahwesenye di dalam sembahyang itu ade 12.000 perkare, kemudian
dihimpunkan ie di dalam due belas perkare make barang siape menghendaki
sembahyang make tak dapat tiade bahwe bersungguh-sungguh ie pade memeliharekan 12 perkare ini supaye
sempurne sembahyangnye :
1.
Ade ilmu, karne bahwesenye Nabi
Muhammad saw. Bersabda :
ﻋﻤﻞﻗﻠﻴﻞﰱﻋﻠﻢﺧﲑﻣﻦﻋﻤﻞﻛﺜﲑﰱﺟﮭﻞ
Artinye bermule amal yang
sedikit di dalam ade ilmu lebih baik daripade amal yang banyak dalam jahil.
2.
Wudhu’ karne sabde Nabi Muhammad
saw.
ﻻﺻﻼۃاﻻﺑﻄﻬﻮر
Artinye tiade sah sembahyang
itu melainkan dengan suci daripade hadas dan najis.
3.
Pakaian karene firman Allah ta’ala
:
ﺧﺬوازﻳﻨﺘﻜﻢﻋﻨﺪﰻﻣﺴﺠﺪ
Artinye pakai oleh kamu
pakaian kamu tiap-tiap sembahyang.
4.
Memeliharakan waktu karne firman
Allah ta’ala :
ان اﻟﺼﻼۃﻛﺎﻧﺖﻋﲆاﻟﻤﺆﻣﻨﲔﻛﺘﺎﺑﺎﻣﻮﻗﻮﺗﺎ
Artinye bahwesenye
sembahyang adelah ie atas sekalian mukmin fardhu yang diwaktukan.
5.
Mengadap Kiblat karene firman
Allah ta’ala :
،ﻓﻮل وﺟﻬﻚﺷﻄﺮاﻟﻤﺴﺠﺪاﻟﺤﺮاموﺣﻴﺚﻣﺎﻛﻨﱲﻓﻮﻟﻮاوﺟﻮﻫﻜﻢﺷﻄﺮﻩ
Artinye hadapkan olehmu muke
kamu akan pihak masjidil haram dan barang di mane ade kamu make hadapkan olehmu
muke kamu ketike sembahyang akan pihak masjidil haram yakni Ka’bah.
6.
Niat kerane sabda Nabi Muhammad
saw.
اﻧﻤﺎاﻻﻋﻤﺎلﺑﺎﻟﻨﻴﺎت واﻧﻤﺎﻟﲁاﻣﺮىءﻣﺎﻧﻮى
Artinye : Bahwesenye sah
segale amal itu dengan niat dan bahwesenye kebilangan bagi tiap-tiap seorang
itu barang yang diniatkannye.
7.
Takbiratul ihram kerane sabde Nabi
Muhammad saw. :
ﲢﺮﻳﻤﻬﺎاﻟﺘﻜﺒﲑوﲢﻠﻴﻠﻬﺎاﻟﺘﺴﻠﻴﻢ
Artinye yang mengharamkan
sembahyang itu takbiratul ihram dan yang menghalalkan die itu salam.
8.
Berdiri kerane firman Allah ta’ala
:
وﻗﻮﻣﻮﷲﻗﺎﻧﺘﲔ
Artinye : Sembahyang kamu
kerane Allah ta’ala hal keadaan kamu berdiri.
9.
Membace Fatihah karene firman
Allah ta’ala :
،ﻓﺎﻗﺮءواﻣﺎﺗﻴﺴﺮﻣﻦاﻟﻘﺮآن
Artinye : Make baca olehmu
akan barang yang mudah daripade Quran.
10.
Ruku’ karene firman Allah ta’ala :
وارﻛﻌﻮاﻣﻊاﻟﺮاﻛﻌﲔ
Artinye : Rukuklah kamu
serte mereka yang ruku’.
11.
Sujud karene firman Allah ta’ala :
واﺳﺠﺪوﷲواﻋﺒﺪوا
Artinye : Dan sujudlah kamu
bagi Allah ta’ala dan sembah oleh kamu akan die.
12.
Duduk kerane sabda Nabi Muhammad
saw. :
اذارﻓﻊاﻟﺮﺟﻞراﺳﻪﻣﻦاﺧﺮاﻟﺴﺠﺪۃوﻗﻌﺪﻗﺪراﻟﺘﺸﻬﺪﻓﻘﺪﺗﻤﺖﺻﻼﺗﻪ
Artinye : Apebile
mengangkatkan laki-laki akan kepalanye daripade akhir sujud dan duduk ie kadar
membace tahyat make sanye (bahwasanya) sempurne sembahyangnye.
Make apebile didapat yang 12 perkare ini
niscaye berkehendak pule kepada hakikat yaitu ikhlas supaye sempurne segale perkare
ini kerane bahwesenye Allah ta’ala berfirman ie :
ﻓﺎﻋﺒﺪﷲﳐﻠﺼﲔﻟﻪاﻟﺪﯾﻦ
Artinye : Make sembahlah oleh kamu akan
Allah ta’ala hal keadaan kamu ikhlas baginye pade mengerjekan agame itu.
1.
Syahdan bermule ilmu itu make
kesempurnaannye itu atas tige perkare : pertamenye bahwe mengenal ie akan
fardhu daripade sunat kerane bahwesenye sembahyang tiade sah ie melainkan dengan
die, dan keduenye bahwe mengenal ie akan barang yang ade pade wudhu’ dan sembahyang daripade fardhu dan
sunat make bahwesenye yang demikian itu daripade kesempurnaan sembahyang, dan
ketigenye bahwe mengenal ie akan tipu daye setan make mengambil ie pade
memerangi akan die dengan bersungguh-sungguh.
2.
Dan adepun wudhu’ make kesempurnaannye
di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau sucikan hatimu daripade tipu
daye dan dengki dan khianat, dan keduenye engkau sucikan badan daripade segale
dose, dan ketigenye engkau basuh anggota akan sebagai basuh yang sempurne
dengan tiade berlebih-lebihan daripade air.
3.
Dan adepun pakaian make
kesempurnaannye dengan tige perkare, pertame bahwe adelah asalnye daripade
harte halal, dan keduenye bahwe adelah ie suci daripade najis, dan ketigenye
bahwe adelah ie mufakat bagi sunat Nabi Muhammad saw. Dan jangan ade memakai
itu atas jalan kemegahan dan takabur.
4.
Dan adepun memeliharakan waktu
make kesempurnaannye di dalam tige perkare, pertamenye bahwe adelah pandanganmu
itu kepade matahari dan bulan dan bintang supaye bersungguh-sungguh engkau
dengan die mengetahui hadir waktu, dan keduenye bahwe adelah pendengarmu itu
kepade bang, dan ketigenye bahwe adelah hatimu memikirkan dan memeliharakan
bagi waktu.
5.
Dan adepun mengadap kiblat make
kesempurnaannye di dalam tige perkare, pertamenye bahwe berhadap engkau akan
Kiblat dengan dade dan muke engkau, dan keduenye bahwe berhadap engkau dengan hatimu atas
Allah ta’ala, dan ketigenye bahwe adelah engkau yang khusyuk lagi menghinakan
dirinye.
6.
Dan adepun niat make
kesempurnaannye di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau ketahui ape jue
sembahyang yang engkau sembahyangkan akan die, dan keduenye bahwe engkau
ketahui bahwesenye engkau itu berdiri antare hadapan Allah ta’ala dan pade hal
ie memandang akan dikau make berdiri engkau dengan ﻫﻴﺒﺔ (gemetar; takut. pen.), dan ketigenye bahwe engkau ketahui bahwesenye Allah ta’ala
mengetahui akan barang yang di dalam hatimu make kosongkan olehmu akan die daripade segale
pekerjaan dunie.
7.
Dan adepun takbiratul ihram make
kesempurnaannye itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe takbir engkau dengan
takbir yang sah lagi jazam ﺟﺰم
(tegas. Pen.), dan kedue bahwe engkau angkatkan due tanganmu berbetulan due telingemu,
dan ketige bahwe adelah hatimu hadir dengan Allah ta’ala make takbir engkau
serte membesarkan Allah ta’ala.
8.
Dan adepun kesempurnaan berdiri
itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau jadikan pemandang matemu
pade tempat
sujudmu, dan keduenye bahwe engkau jadikan hatimu serte Allah ta’ala, dan
ketigenye bahwe jangan berpaling engkau ke kanan dan ke kiri.
9.
Dan adepun kesempurnaan membace Fatihah
itu di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau membace Fatihah dengan
bacaan yang sah lagi dengan tartil dan jangan lahan, dan keduenye bahwe engkau
bace akan die dengan tafakur dan engkau sungguhkan akan maknenye, dan ketigenye
bahwe engkau amalkan dengan barang yang engkau bace.
10.
Dan adepun kesempurnaan ruku’ itu
di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau ratekan belakangmu dan jangan
engkau tundukkan dan jangan engkau tinggikan, dan keduenye bahwe engkau
hantarkan due tanganmu atas due lututmu, dan bahwe engkau hunjurkan segale anak
jarimu ke Kiblat, dan ketigenye bahwe tumakninah engkau di dalam ruku’ dan
engkau bace tasbih serte ta’dzhim dan tetap pade Allah ta’ala.
11.
Dan adepun kesempurnaan sujud itu
di dalam tige perkare, pertamenye bahwe sujud engkau dengan anggota yang tujuh
dan engkau hantarkan due tanganmu berbetulan due bahumu, dan keduenye bahwe
jangan engkau hampirkan due hastemu, dan ketigenye bahwe tumakninah engkau di
dalam sujud serte membace tasbih dan takzim.
12.
Dan kesempurnaan duduk itu di
dalam tige perkare, pertamenye bahwe duduk engkau atas kakimu yang kiri dan
engkau dirikan kakimu yang kanan, dan keduenye bahwe engkau bace tahyat dengan
takzim dan engkau doakan bagi dirimu dan bagi sekalian mukmin, dan ketigenye
bahwe memberi salam engkau dengan sempurnenye.
13.
Dan adepun kesempurnaan salam itu
di dalam tige perkare, pertamenye bahwe adelah serta niat yang benar dari
hatimu dan keduenye bahwe adelah salam engkau atas mereke yang di kananmu dan
yang di kirimu daripade malaikat hafazhah ﺣَﻔَﻈﻪ dan jin dan manusie yang Islam, dan ketigenye bahwe jangan melampaui
pemandangmu akan bahumu.
14.
Dan adepun kesempurnaan ikhlas itu
di dalam tige perkare, pertamenye bahwe engkau tuntut dengan sembahyang engkau
itu ridha Allah ta’ala dan jangan engkau tuntut ridha manusia, dan keduenye
engkau ketahui taufik itu daripade Allah ta’ala, dan ketigenye bahwe engkau
peliharekan akan sembahyang dan engkau kekalkan akan die hingge hilang ie serte
dirimu dengan matimu.
Adepun yang kedue yakni mengetahui dan
mengiktikadkan ruhsie tiap-tiap rukun dan lainnye dan yaitu di dalam beberape
perkare :
1.
Pertamenye apebile engkau dengar
orang yang bang make hadirkan olehmu hatimu akan haru-hara seru hari kiamat dan
berkemas engkau dengan zahir dan batin bagi memperkenankan dan bersegere kepade
sembahyang kerane bahwesenye orang yang bersegere kepade seruan ini mereka
itulah orang yang diseru dengan lemah lembut pade hari kiamat make datangkan
olehmu hatimu atas seruan ini make jike engkau dapat akan die penuh dengan
kesukaan lagi yang berisi dengan gemar kepade bersegere make ketahui olehmu
bahwe lagi akan datang akan dikau seru dengan kebajikan pade hari kiamat dan;
2.
Keduenye apebila datang kepade
tempat bersuci daripade hadas make janganlah lalai engkau daripade hatimu make bersungguh-sungguh
engkau menyucikan baginye dengan taubat dan menyesal atas barang yang taksir
daripade ibadat ;
3.
Dan ketigenye menutup aurat make
ketahui
olehmu bahwesenye maknenye itu menutup yang keji daripade badanmu daripade
dipandang makhluk make bahwesenye zahir badanmu itu tempat bagi pandang makhluk make betapakah hal kamu
dengan aurat batinmu dan keji daripade ruhsiemu make hadirkan olehmu sekalian
kejahatan batinmu itu dengan hatimu dan tuntut olehmu menutup die make bahwe sesungguhnye tiade ade yang
menutup akan die melainkan menyesal daripade sekalian kesalahan dan malu dan
takut kepada Allah ta’ala;
4.
Dan keempatnye menghadap kiblat
yaitu memalingkan zahir mukamu daripade sekalian ﺟﻬﺔ (sisi. pen.) kepade ﺟﻬﺔ baitullah make ketike itu
hendaklah muke hatimu dan muke badanmu berhadap kepada Allah ta’ala dan ketahui
olehmu pule seperti bahwesenye tiade terhadap mukemu kepade ﺟﻬﺔ baitullah
melainkan dengan berpaling daripade sekalian ﺟﻬﺔ demikian
jue tiade terhadap hatimu kepada Allah ta’ala melainkan dengan berpaling
daripade barang yang lainnye.
5.
Dan kelimenye berdiri make yaitu
merupakan dengan zat diri kite antare hadapan Allah ta’ala make hendaklah
engkau tundukkan kepalemu dan menjagekan atas melazimi hati akan tawadhu’ dan menghinakan diri
dan melepaskan diri daripade takbur dan engkau ingatkan di sini takut ketike
didirikan di hadapan hadirat Allah ta’ala di dalam haru hara kiamat dan ketike
ditanye engkau daripade amal kamu;
6.
Dan keenamnye niat make hendaklah
engkau cite ketike itu atas memperkenankan Allah ta’ala pade menjunjung
titahnye dengan sembahyang dan menyempurnekan die dan menjauhi daripade yang
membatalkan akan die dan ikhlas karene
Allah ta’ala karene mengharap akan pahalenye dan takut akan siksanye dan menuntut hampir
daripadenye, dan keenamnye takbiratul ihram make apebile menuturkan dengan die
lidahmu make seyogyanye bahwe tiade mendustakan akan die hatimu make jike ade
di dalam hatimu sesuatu yang terlebih besar daripade Allah ta’ala make bermule
Allah ta’ala menyaksikan
atasmu bahwesenye engkau itu dusta ;
7.
Dan ketujuhnye bace doa iftitah
make permulaan kalimahnye
وﺟﻬﺖوﺟﻬﻲﻟﻠﺬيﻓﻄﺮااﻟﺴﻤﻮات واﻻرض
Artinye : Aku hadapkan
mukeku bagi Tuhan yang menjadikan tujuh petale langit dan bumi, make ﻣﺮاد (murad; 1)maksud;
keinginan; 2)makna lebih luas. Pen.) dengan
muke itu muke hati dan ketike itu tilik olehmu akan die adekah berhadap ie
kepade citenye di dalam rumah dan pasar lagi mengikut bagi syahwatnye atau
berhadap ie kepade Tuhan yang menjadikan tujuh petale langit dan bumi. Dan
apebile engkau kate ﺣﻨﻴﻔﺎﻣﺴﻠﻤﺎ artinye hal keadaanku cenderung kepade agame yang sebenarnye lagi Islam
make ketike itu seyogyanye terlintas di dalam hatimu bahwesenye yang bername
orang Islam itu yaitu orang yang selamat sekalian orang Islam daripade
kejahatan lidahnye dan tangannye make jikalau tiade seperti yang demikian itu
engkau niscaye adelah engkau itu orang yang duste. Dan apebile engkau kate وﻣﺎاﻧﺎﻣﻦاﻟﻤﺸﺮﻛﲔ artinye dan tiade ku
daripade orang yang syirik, make pikirkan olehmu ketike itu dengan hatimu akan
syirik khafi
dan takuti olehmu daripade syirik ini karene bahwesenye name syirik itu jatuh
ie atas syirik yang jali dan yang
khafi dan apabile engkau kate
انﺻﻼﰏوﻧﺴﻜﻲوﳏﻴﺎي وﳑﺎﰐﷲرب اﻟﻌﺎﳌﲔ ﻻﺷﺮﻳﻚﻟﻪوﺑﺬﻟﻚاﻣﺮت واﻧﺎﻣﻦاﳌﺴﻠﻤﲔ
Artinye : Bahwesenye
sembahyangku dan ibadahku dan hidupku dan matiku bagi Allah ta’ala Tuhan yang
memiliki sekalian alam tiade yang menyekutui bagi-Nye dan dengan yang demikian
itu diperintah aku dan aku itu daripade orang yang Islam make ketike itu
ketahui olehmu bahwesenye seperti inilah hal orang yang fana’ bagi dirinye dan
mewujud dengan Tuhannye dan;
8.
Kedelapan, apebile engkau kate اﻟﺮﺟﲓ اﻋﻮذﺑﺎﻟﻠﻪﻣﻦاﻟﺸﻴﻄﺎن، artinye : Berlindung
aku dengan Allah ta’ala daripade setan yang kena rajam, make ketika itu ketahui
olehmu bahwesenye ie seterumu dan yang mengintai-intai bagi memalingkan hatimu
daripade Allah ta’ala karene ie dengki bagimu atas munajatmu serte Allah ta’ala
dan sujudmu bagi-Nye. Dan ketahui olehmu bahwesenye setengah daripade tipu daye
setan bahwe membimbingkan ie akan dikau di dalam sembahyangmu dengan
mengingatkan akhirat dan membicarekan memperbuat kebajikan supaye menegahkan ie
akan dikau daripade mempahamkan barang yang engkau bace make ketahui olehmu
tiap-tiap barang yang membimbingkan akan dikau daripade mempahamkan makne
bacaanmu make yaitu waswas namenye dan tiap-tiap waswas itu setan karene
bahwesenye gerak lidah itu tiade dimaksud tetapi yang dimaksud itu maknenye,
dan apebile engkau kate ﺑﺴﻢﷲاﻟﺮﺣﻤﻦاﻟﺮﺣﲓ artinye : Dengan name Allah ta’ala yang
amat murah lagi yang amat mengasihani make ketike itu niatkan olehmu akan mengambil berkat bagi memulai
membace kalam Allah ta’ala dan pahamkan olehmu bahwesenye maknenye itu sekalian
pekerjaan dunie dan akhirat tertentu bagi Allah ta’ala dan murad dengan name di sini
yaitu dzat yang mempunyai name dan apebile engkau kate اﻟﻌﺎﳌﲔ اﶵﺪﻟﻠﻪرب، artinye : Segale puji bagi Allah ta’ala Tuhan yang memiliki sekalian
alam make ketike itu engkau citekan akan syukur pade segale nikmat Allah ta’ala
dan apebile engkau kate اﻟﺮﲪﻦاﻟﺮﺣﲓ artinye : Tuhan yang
amat murah lagi yang amat mengasihani, make hadirkan di dalam hatimu ketike itu akan segale bagi rahmat
Allah ta’ala atasmu daripade rahmat dunie dan rahmat agame make datanglah di
dalam hatimu syukur dan takzim bagi Allah ta’ala. Dan apebile engkau kate اﻟﺪﻳﻦ ﻣﺎﻟﻚﻳﻮم٬ artinye : Tuhan yang memiliki hari agame. Make ketike itu takut olehmu
akan Allah ta’ala daripade haru-hara hari kiamat dan hisab dan timbangan dan
lainnye sekire-kire Allah ta’ala yang mempunyai kerajaan hari itu sendirinye.
Dan apebile engkau kate ﻧﻌﺒﺪ اﻳﺎك، artinye : Akan Dikau jue kami sembah.
Make hadirkan di dalam hatimu ketike itu ikhlas ibadahmu kerane Allah ta’ala. Dan apebile
engkau kate ﻧﺴﺘﻌﲔ واﻳﺎك، artinye : Dan akan Dikau jue kami minta
tolong, make hadirkan olehmu ketike itu akan lemah engkau dan hajat engkau dan
melepaskan diri daripade daye dan upaye daripade berbuat taat syahdan kemudian daripade itu tuntut olehmu akan
hajatmu dan maksudmu yang amat benar pade agame pade katemu اﻫﺪﻧﺎاﻟﺼﺮاط،اﳌﺴﺘﻘﲓﺻﺮط،اﻟﺬﻳﻦاﻧﻌﻤﺖﻋﻠﳱﻢ،ﻏﲑاﻟﻤﻐﻀﻮبﻋﻠﳱﻢوﻻاﻟﻀﺎﻟﲔ
Artinye : Hai Tuhanku,
tunjuki oleh-Mu akan kami agame yang sebenarnye yaitu jalan agame mereke yang telah Engkau beri nikmat atas
mereke itu daripade anbiya’ dan shiddhiqin dan syuhada’ dan shalihin lain
daripade mereke yang dimarahkan atas mereke itu seperti yahudi dan lain
daripade orang yang sesat seperti nasrani kemudian engkau pohonkan akan
diterime hajatmu dengan katemu اﻣﲔ , artinye : Perkenankan
oleh-Mu Hai
Tuhanku. Dan
9.
Kesembilan, ruku’ dan sujud make
ketike itu seyogyanye bahwe engkau baharukan menyebut kebesaran Allah ta’ala
dan engkau angkatkan due tanganmu hal keadaanmu berlindung dengan maaf Allah
ta’ala daripade sikse-Nye dan adepun tetap engkau di dalam berdiri membace
Fatihah dan surat dan lainnye make yaitu menjagekan atas hadir dan tetap hati
serte Allah ta’ala atas sifat yang satu yaitu ﺣﻀﻮر (hadir hati.pen.), dan
10.
Kesepuluhnye, tahyat make apebile
duduk engkau baginye make duduk engkau dengan adab dan hadirkan olehmu di dalam
hatimu akan zat Nabi Muhammad saw. Kemudian bicarekan olehmu bahwesenye Allah
ta’ala bahwe memulangkan ie atasmu akan salam yang sempurne dengan
sebilang-bilang hambe Allah ta’ala yang salih kemudian naik saksi bagi Allah
ta’ala dengan wahdaniah dan bagi Nabi Muhammad saw. dengan risalah kemudian
berdoa engkau pade akhir sembahyangmu dengan doa yang وارد warad
serte tawadhu’
dan khusyu’ dan benar dan harap dengan diperkenankan dan sekutukan olehmu
dengan doamu akan ibu bapakmu dan sekalian orang yang Islam dan qasad olehmu
ketike salam itu akan memberi salam atas malaikat dan manusia dan jin yang Islam
dan niatkan olehmu dengan salam itu menyudahkan sembahyang dengan die dan
niatkan di dalam hatimu syukur kepada Allah ta’ala atas taufik-Nye bagi
menyempurnekan taat ini dan engkau sangke bahwesenye inilah akhir sembahyang
engkau dan barangkali bahwesenye engkau tiade hidup bagi mengerjekan seumpame
sembahyang ini dan takut olehmu bahwe tiade menerime Allah ta’ala akan
sembahyangmu dan bahwasanya engkau dimarahi dengan yang demikian itu zahir dan
batin maka ditolak sembahyangmu pada mukamu dan engkau harap serta yang
demikian itu bahwa menerima akan dia oleh Allah ta’ala dengan kemurahan-Nya dan
karunia-Nya dan adalah setengah ahli tasawuf berhenti kemudian daripada
sembahyang satu saat seolah-olah ia sakit.
Adapun yang ketiga itu yakni bersungguh-sungguh
mengiktikadkan hakikat dan rahasia di dalam sembahyang maka yaitu amat banyak
dan sekurang-kurangnya sebelas perkara :
1.
Khusyu’ artinye tetap anggota
daripada gerak yang sia-sia dan tetap hati menghadap kepada Allah ta’ala maka
khusyu’ ini syarat bagi menyempurnakan pahala sembahyang kepada fuqaha’ dan
jadi syarat bagi sah sembahyang kepada ulama’ tasawuf karena firman Allah
ta’ala :
ﻻﺻﻼۃاﻻﻋﲆاﻟﺨﺎﺷﻌﲔ artinya : Tiada sempurna sembahyang melainkan atas orang yang khusyu’
dan lagi firman Allah ta’ala : ﻗﺪاﻓﻠﺢاﳌﺆﻣﻨﻮن٬اﻟﺬﻳﻦﱒﰶﺻﻼﺗﻬﻢﺧﺎﺷﻌﻮن artinya
: Sesungguhnya dapat kemenangan orang yang mukmin yang adalah mereka itu di
dalam sembahyang mereka itu khusyu’ dan ;
2.
Khudhu’ artinya merendahkan diri
dan menghinakan dia kepada Allah ta’ala dan ;
3.
Hudhur artinya hadir hatinya serta
Allah ta’ala maka tiada ia berpaling kepada sesuatu di dalam sembahyang dan ;
4.
Ta’dzhim artinya membesarkan Allah
ta’ala di dalam sembahyangnya karena firman Allah : واﻻﻛﺮام ذواﳉﻼل، artinya : Tuhan yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan lagi yang mengetahui
zahir batin kita dan memandang segala rahasia kita dan ;
5.
Hayaa’ artinya malu kepada Allah
ta’ala karena taksir kita pada menunaikan hak Allah ta’ala akan sebenar-benar
menunaikan dan ;
6.
Khauf artinya takut akan murka
Allah ta’ala dan akan siksa-Nya dan akan tiada diterima amalnya karena beberapa
banyak dosa kita dan taksir kita pada menjauhi larangan-Nya dan ;
7.
Raja’ artinya harap akan rahmat
Allah ta’ala dan harap akan ampunan-Nya dan harap akan diterima sekalian
amalnya dan ;
8.
Haybah ﻫﻴﺒﺔ artinya
gemetar dan takut akan kekerasan-Nya yang lulus pada segala hamba-Nya karena
terkadang ditolak-Nya amal kita karena kurang adab kita sertanya karena firman
Allah ta’ala : وﻫﻮاﻟﻘﺎﻫﺮﻓﻮقﻋﺒﺎدﻩ artinya
: Dan Allah ta’ala jua yang mengurusi atas segala hamba-Nya dan ;
9.
Ikhlas artinya bersih amal kita
kepada Allah ta’ala maka ikhlas inilah syarat bagi dapat pahala sekalian amal
karena firman Allah ta’ala : واﻋﺒﺪوﷲﳐﻠﺼﲔﻟﻪاﻟﺪﻳﻦ artinya
: Dan sembah oleh kamu akan Allah ta’ala hal keadaan kamu ikhlas bagi-Nya akan
mengerjakan agama, dan lagi firman Allah ta’ala : وﺗﺒﺘﻞاﻟﻴﻪﺗﺒﺘﻴﻼ artinya
: Dan ikhlas engkau kepada Allah ta’ala akan sempurna ikhlas. Dan makna ikhlas
itu benar niatnya kepada Allah ta’ala di dalam ibadahnya maka ikhlas itu
terbagi kepada dua bahagi : pertama اﻻﺑﺮار اﺧﻼص، ikhlasul
abrar namanya yaitu seorang yang beramal ia karena semata-mata menjunjung
perintah Allah ta’ala dan tiada mengkasad ( maksud; tujuan. pen.) ia akan
sesuatu yang lain daripada Allah ta’ala seperti memohonkan surga atau minta
jauhkan daripada api neraka maka yaitulah isyarat firman Allah ta’ala : ﻧﻌﺒﺪ اﻳﺎك، artinya : Akan dikau jua kami menyembah
dan dinamakan amal orang ikhlasul abrar itu ﻋﻤﻞﻟﻠﻪ artinya amal karena Allah ta’ala ; kedua اﳌﻘﺮﺑﲔ اﺧﻼص٬ artinya ikhlas orang yang hampir kepada Allah ta’ala yaitu
seorang yang beramal yang tiada ia mengaku dan tiada merasa dengan usaha
ikhtiarnya di dalam ma’rifatnya hanyasanya (bahwasanya) dipandangnya amalnya
itu semata-mata
dengan diamalkan Allah ta’ala dan taufik-Nya seperti firman Allah ta’ala ﷲﺧﻠﻘﲂوﻣﺎﺗﻌﻤﻠﻮن artinya : Allah ta’ala jua yang menjadikan kamu dan barang yang
kamu perbuat dan lagi mereka itu tiada merasa mempunyai daya dan upaya seperti
kata ulama’ tasawwuf واﻟﻘﻮۃ اﻻﺧﻼصﻫﻮاﻟﺘﱪيﻋﻦاﳊﻮل، artinya : Bermula ikhlas
itu yaitu melepaskan diri daripada daya dan upaya maka yaitulah isyarat firman
Allah ta’ala واﻳﺎكﻧﺴﺘﻌﲔ artinya : Dan akan Dikau kami minta tolong pada memperbuat taat
dan menjauhi maksiat. Dan dinamakan amal orang yang ikhlasul muqarrabiin itu ﻋﻤﻞﺑﺎﻟﻠﻪ artinya amal dengan pertolongan Allah ta’ala. Dan ;
10.
ﺗﺪﺑﺮﻟﻠﻘﺮاءۃ artinya memikir dan membicarakan bagi bacaan yang dibacanya di dalam
sembahyang maka yaitu lagi akan datang makna bacaan itu insya Allah ta’ala dan
;
11.
ﻣﻨﺎﺟﺎتﻟﻠﻪ artinya berkata dan
berhadap dengan ruhnya dan sirnya bagi Allah ta’ala maka inilah sebesar-besar
rahasia batin sembahyang.
Syahdan hasilnya
tatkala engkau ketahui dan engkau amalkan sekalian yang tersebut itu maka
tinggal bagimu tiga perkara yang ia kepala sekalian yang tersebut itu :
1.
Pertama ikhlas dengan hatimu sekira-kira
tetap pandang hatimu bahwasanya engkau beribadah itu semata-mata taufik Allah
ta’ala atasmu tiada dengan daya dan upayamu.
2.
Kedua ﺗﺪﺑﺮﻟﻠﻘﺮاءۃ artinya engkau pikirkan dan engkau ingatkan makna yang engkau
baca itu dengan ingatan pikirmu dan jangan memikirkan engkau akan yang lain
daripada bacaanmu dan jikalau surga dan neraka dan alam sekalipun.
3.
Ketiga ﻣﻨﺎﺟﺎت artinya berkata-kata dan menyeru akan Tuhanmu dengan ruhmu dan
rahasiamu dan dengan makrifatmu hingga mudah-mudahan engkau dapat ﻓﻨﺎﰱﷲ dan ﺑﻘﺎءﺑﺎﻟﻠﻪ di dalam sembahyangmu
dan engkau dapat ﻗﺮۃاﻟﻌﲔ artinya
sejuk mata di dalam sembahyang karena mendapat lezat memandang ﺟﻤﺎﷲ dan jalal-Nya seperti yang tersebut di dalam hadis sabda Nabi
Muhammad saw. ﺣﺒﺐاﱄﻣﻦدﻧﻴﺎﰼﺛﻼث،اﻟﻄﻴﺐ٫واﻟﻨﺴﺎءوﻗﺮۃﻋﻴﻨﻲﰱاﻟﺼﻼۃ artinya : disukakan kepada aku daripada dunia kamu tiga perkara; pertama
harum-haruman dan ; kedua perempuan dan ; ketiga sejuk mataku di dalam sembahyang.
Dan mudah-mudahan engkau dapat segala
faedah yang amat besar yang tertentu pada sembahyang yaitu sepuluh perkara :
1.
Sembahyang itu menerangkan hati
2.
Mencahayakan muka
3.
Meridakan akan Tuhan ar – Rahman
4.
Memarahkan akan setan
5.
Menolakkan akan bala’
6.
Memadamkan akan kejahatan segala
seteru
7.
Membanyakkan akan rahmat
8.
Menolakkan akan azab kubur dan
azab akhirat
9.
Menghampirkan akan hamba daripada
Tuhannya
10.
Menegahkan daripada segala yang
keji-keji dan yang munkar
Dan mudah-mudahan engkau dapat faedah
dan fadilat sembahyang yang 25 yang tersebut di dalam hadis sabda Nabi Muhammad
saw.
1.
Bermula sembahyang itu meridakan
bagi Tuhan kita وﺗﻌﺎﱃ ﺗﺒﺎرك،
2.
Dikasihkan segala malaikat
3.
Sembahyang itu jalan anbiya’ dan
mursalin
4.
Sembahyang itu nur makrifat
5.
Sembahyang itu asal makrifat
6.
Sembahyang itu memperkenankan doa’
7.
Sembahyang itu sebab diterima
segala amal yang lainnya
8.
Sembahyang itu jadi berkat pada
rizki
9.
Sembahyang itu jadi kesenangan
bagi badan
10.
Sembahyang itu jadi senjata atas
segala seteru
11.
Sembahyang itu membencikan bagi
setan
12.
Sembahyang itu mensyafaatkan
antara orang yang sembahyang dan malaikat maut
13.
Sembahyang itu kandil di dalam
kuburnya
14.
Sembahyang itu jadi hamparan di
bawah limbungnya
15.
Sembahyang itu jadi dapat menjawab
soal munkar dan nakir
16.
Sembahyang itu menjinakkan akan
dia di dalam kuburnya hingga hari kiamat
17.
Apabila hari kiamat jadi sembahyang itu dinding
kepalanya daripada
panas matahari
18.
Sembahyang itu jadi mahkota atas
kepalanya
19.
Sembahyang itu jadi pakaian atas
badannya
20.
Sembahyang itu jadi cahaya yang
berjalan antara hadapannya
21.
Sembahyang itu jadi dinding
antaranya dan antara api neraka
22.
Sembahyang itu jadi hajat bagi
orang yang mukmin di hadapan Allah ﻋﺰوﺟﻞ
23.
Sembahyang itu memberatkan
timbangan bagi kebajikan
24.
Sembahyang itu melalukan atas
titian shirathal mustaqim
25.
Sembahyang itu membukakan pintu
surga karena bahwasanya sembahyang itu ada di dalamnya ﺗﺳﺒﻴﺢ tasbih
dan ﺗﻘﺪﻳﺲ takdis dan ﲢﻤﻴﺪ tahmid
dan ﺗﻌﻈﲓ ta’zhim dan ﻗﺮاءۃ qiraat
dan doa dan munajat dan ikhlas dan tauhid dan shalawat dan lainnya.
Maka bahwa sesungguhnya yang terlebih
afdal amal sekaliannya yaitu sembahyang di dalam waktunya syahdan inilah makna
bacaan di dalam sembahyang supaya ditadabburkan maknanya.
Sumber :
ﻛﺘﺎب ﺗﺮﲨﻪ
اﺳﺮاراﻟﺼﻼۃﻣﻦﻋﺪۃﻛﺘﺐاﳌﻌﺘﻤﺪۃ
Komentar
Posting Komentar