Kebutuhan-kebutuhan Orang Dewasa

Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik

Modul 4
Karakteristik dan Kebutuhan Peserta Didik Usia Dewasa

TUJUAN KHUSUS
1.       Menjelaskan pertumbuhan fisik dan perkembangan intelektual
2.       Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan orang dewasa
3.       Menjelaskan perbedaan individu orang dewasa
4.       Menjelaskan kebutuhan-kebutuhan orang dewasa


Kegiatan Belajar 4
Kebutuhan-kebutuhan Orang Dewasa

     Apa dorongan orang dewasa melakukan suatu aktivitas ? Pertanyaan ini cukup mendasar untuk dikaji melalui teori tentang kebutuhan. Pertanyaan itu kemudian memunculkan jawaban dengan adanya biogenic theories dan sociogenic theories. Teori biologis (biogenic theories ) yang menyangkut proses biologis lebih menekankan pada mekanisme pembawaan biologis, seperti instink dan kebutuhan-kebutuhan biologis. Sedangkan teori sosiologis (sociogenic theories) lebih menekankan pada pengaruh kebudayaan atau kehidupan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa orang dewasa melakukan aktivitas karena didorong oleh adanya faktor-faktor biologis serta adanya pengaruh perkembangan budaya manusia.

Need Hierarchy Theory by Abraham Maslow : 
(1) kebutuhan fisiologis / biologis; 
(2) kebutuhan rasa aman dan nyaman; 
(3) kebutuhan sosial ; cinta dan rasa memiliki; 
(4) kebutuhan akan harga diri; 
(5) kebutuhan untuk berbuat yang terbaik ; aktualisasi diri.
Kebutuhan orang dewasa tersebut bersifat dinamis. Artinya, kebutuhan tersebut berubah-ubah sesuai  dengan sifat kehidupan manusia itu sendiri.

Empat Kebutuhan Orang Dewasa menurut Morgan :  
(1) kebutuhan untuk melakukan aktivitas ; 
(2) kebutuhan untuk menyenangkan orang lain ; 
(3) kebutuhan untuk mencapai hasil ; 
(4) kebutuhan untuk mengatasi kesulitan

Lima Belas Kebutuhan Orang Dewasa menurut Murray & Edwards
(1) kebutuhan berprestasi ; 
(2) kebutuhan rasa hormat ; 
(3) kebutuhan keteraturan ; 
(4) kebutuhan memperlihatkan diri ; 
(5) kebutuhan otonomi ; 
(6) kebutuhan afiliasi ; 
(7) kebutuhan intrasepsi ; 
(8) kebutuhan berlindung ; 
(9) kebutuhan dominan ; 
(10) kebutuhan merendah ; 
(11) kebutuhan memberi bantuan ; 
(12) kebutuhan perubahan ; 
(13) kebutuhan ketekunan ; 
(14) kebutuhan heteroseksualitas ; 
(15) kebutuhan agresi

Kebutuhan-kebutuhan orang dewasa tersebut merupakan perpaduan antara kebutuhan yang bersumber pada dirinya dan tuntutan lingkungannya. Dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut orang dewasa dituntut untuk mampu melaksanakan tugas-tugas perkembangan sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Berikut ini tugas-tugas perkembangan masa dewasa :

1. Tugas-tugas perkembangan masa dewasa muda
  • Mengembangakan sikap wawasan dan pengalaman nilai-nilai agama.
  • Memperoleh atau memulai suatu pekerjaan.
  • Memilih pasangan.
  • Mulai memasuki pernikahan.
  • Belajar hidup berkeluarga.
  • Mengasuh dan mendidik anak.
  • Mengelola rumah tangga.
  • Memperoleh kemampuan dan kemantapan karier
  • Mengambil tanggung jawab atau peran sebagai warga masyarakat.
  • Mencari kelompok sosial yang menyenangkan.


2. Tugas-tugas perkembangan masa dewasa madya
  • Memantapkan pengalaman nilai-nilai agama
  • Mencapai tanggung jawab sosial sebagai warga negara
  • Membantu anak yang sudah remaja untuk belajar menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bahagia.
  • Menerima dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada aspek fisik ( penurunan kemampuan atau fungsi ).
  • Memantapkan keharmonisan hidup berkeluarga.
  • Mencapai dan mempertahankan prestasi yang memuaskan dalam karier.
  • Memantapkan peran-perannya sebagai orang dewasa.


3. Tugas-tugas perkembangan pada masa dewasa lanjut ( masa tua )
  • Lebih memantapkan diri dalam mengamalkan norma atau ajaran agama.
  • Mampu menyesuaikan diri dengan menurunnya kemampuan fisik dan kesehatan.
  • Menyesuaikan diri dengan masa pensiun dan berkurangnya penghasilan keluarga.
  • Menyesuaikan diri dengan kematian pasangan hidup.
  • Membentuk hubungan dengan orang lain yang seusia.
  • Memantapkan hubungan yang lebih harmonis dengan anggota keluarga ( anak, menantu, dan cucu )


Sumber :

Buku Materi Pokok Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik
Modul 4 Karakteristik dan Kebutuhan Peserta Didik Usia Dewasa
Prof. Dr. Mulyani Sumantri, M.Sc.
Jakarta : Universitas Terbuka, 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 7 tentang Perkembangan Membaca Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan dalam K13

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 6 tentang Perkembangan Menulis Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep Masa Ujian 2016.1