Kebutuhan-kebutuhan Orang Dewasa
Mata Kuliah : Perkembangan
Peserta Didik
Modul 4
Karakteristik dan
Kebutuhan Peserta Didik Usia Dewasa
TUJUAN KHUSUS
1.
Menjelaskan
pertumbuhan fisik dan perkembangan intelektual
2.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan orang dewasa
3.
Menjelaskan
perbedaan individu orang dewasa
4.
Menjelaskan
kebutuhan-kebutuhan orang dewasa
Kegiatan Belajar 4
Kebutuhan-kebutuhan Orang
Dewasa
Apa dorongan orang dewasa melakukan suatu aktivitas ? Pertanyaan ini cukup mendasar untuk dikaji melalui teori tentang kebutuhan. Pertanyaan itu kemudian memunculkan jawaban dengan adanya biogenic theories dan sociogenic theories. Teori biologis (biogenic theories ) yang menyangkut proses biologis lebih menekankan pada mekanisme pembawaan biologis, seperti instink dan kebutuhan-kebutuhan biologis. Sedangkan teori sosiologis (sociogenic theories) lebih menekankan pada pengaruh kebudayaan atau kehidupan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa orang dewasa melakukan aktivitas karena didorong oleh adanya faktor-faktor biologis serta adanya pengaruh perkembangan budaya manusia.
Need Hierarchy Theory
by Abraham Maslow :
(1) kebutuhan fisiologis / biologis;
(2) kebutuhan rasa aman dan
nyaman;
(3) kebutuhan sosial ; cinta dan rasa memiliki;
(4) kebutuhan akan harga diri;
(5) kebutuhan untuk berbuat yang terbaik ; aktualisasi diri.
Kebutuhan orang dewasa tersebut bersifat dinamis. Artinya, kebutuhan tersebut berubah-ubah sesuai dengan sifat kehidupan manusia itu sendiri.
Empat Kebutuhan
Orang Dewasa menurut
Morgan :
(1) kebutuhan untuk
melakukan aktivitas ;
(2) kebutuhan untuk menyenangkan orang lain ;
(3) kebutuhan untuk mencapai
hasil ;
(4) kebutuhan untuk mengatasi kesulitan
Lima Belas
Kebutuhan Orang Dewasa menurut Murray & Edwards :
(1) kebutuhan berprestasi ;
(2) kebutuhan rasa
hormat ;
(3) kebutuhan keteraturan ;
(4) kebutuhan memperlihatkan diri ;
(5) kebutuhan otonomi ;
(6) kebutuhan afiliasi
;
(7) kebutuhan intrasepsi ;
(8) kebutuhan berlindung ;
(9) kebutuhan dominan ;
(10) kebutuhan merendah ;
(11) kebutuhan memberi
bantuan ;
(12) kebutuhan perubahan ;
(13) kebutuhan ketekunan ;
(14) kebutuhan heteroseksualitas ;
(15) kebutuhan agresi
Kebutuhan-kebutuhan orang dewasa tersebut merupakan perpaduan antara kebutuhan yang bersumber pada dirinya dan tuntutan lingkungannya. Dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut orang dewasa dituntut untuk mampu melaksanakan tugas-tugas perkembangan sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Berikut ini tugas-tugas perkembangan masa dewasa :
1. Tugas-tugas perkembangan masa dewasa muda
- Mengembangakan sikap wawasan dan pengalaman nilai-nilai agama.
- Memperoleh atau memulai suatu pekerjaan.
- Memilih pasangan.
- Mulai memasuki pernikahan.
- Belajar hidup berkeluarga.
- Mengasuh dan mendidik anak.
- Mengelola rumah tangga.
- Memperoleh kemampuan dan kemantapan karier
- Mengambil tanggung jawab atau peran sebagai warga masyarakat.
- Mencari kelompok sosial yang menyenangkan.
2. Tugas-tugas perkembangan masa dewasa madya
- Memantapkan pengalaman nilai-nilai agama
- Mencapai tanggung jawab sosial sebagai warga negara
- Membantu anak yang sudah remaja untuk belajar menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bahagia.
- Menerima dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada aspek fisik ( penurunan kemampuan atau fungsi ).
- Memantapkan keharmonisan hidup berkeluarga.
- Mencapai dan mempertahankan prestasi yang memuaskan dalam karier.
- Memantapkan peran-perannya sebagai orang dewasa.
3. Tugas-tugas perkembangan pada masa dewasa lanjut ( masa tua )
- Lebih memantapkan diri dalam mengamalkan norma atau ajaran agama.
- Mampu menyesuaikan diri dengan menurunnya kemampuan fisik dan kesehatan.
- Menyesuaikan diri dengan masa pensiun dan berkurangnya penghasilan keluarga.
- Menyesuaikan diri dengan kematian pasangan hidup.
- Membentuk hubungan dengan orang lain yang seusia.
- Memantapkan hubungan yang lebih harmonis dengan anggota keluarga ( anak, menantu, dan cucu )
Sumber :
Buku Materi Pokok Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik
Modul 4 Karakteristik dan Kebutuhan Peserta Didik Usia Dewasa
Prof. Dr. Mulyani Sumantri, M.Sc.
Jakarta : Universitas Terbuka, 2012
Komentar
Posting Komentar