Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam bersabda, barang siapa bertaubat sebelum matahari terbit dari
barat ( kiamat ), niscaya Allah ta’ala akan menerima taubatnya. ( HR Muslim )
1. Bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mempunyai minat untuk mendengarkan guru bercerita ? Guru harus mengeluarkan segala kemampuannya yang variatif. Metode, materi, tema, gaya, dinamika suara, dan cara bercerita guru hendaknya bervariasi. Hal itu tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena itu, dibutuhkan berbagi pengalaman sesama teman dalam forum KKG ( Kelompok Kerja Guru ) atau semacamnya. Guru itu artis. Guru itu aktor/aktris di dalam kelas. Guru harus mampu menjadi model (panutan) siswa. Guru harus senantiasa mencari bentuk / format terbaik dalam menyajikan pembelajaran. Guru harus mampu menghilangkan segala kegalauan dan kegelisahan hidup dan kehidupan yang dideritanya ketika menyajikan pembelajaran. 2. Kemampuan membaca dan menyimak melibatkan proses kognitif yang aktif. Jelaskan ! Proses kognitif yang aktif adalah proses yang melibatkan pengetahuan secara aktif. Dalam membaca dan menyimak, tentu saja melibatkan pengetahuan tentang makna kata ya
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan dalam K13 Penilaian pengetahuan ( KI-3 ) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar ( assesment as learning ), penilaian sebagai proses pembelajaran ( assesment for learning ), dan penilaian sebagai alat untuk mengukur pencapaian dalam proses pembelajaran ( assesment of learning ). Melalui penilaian tersebut diharapkan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, digunakan teknik penilaian yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, yaitu tes tulis, lisan, dan penugasan. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian. Untuk mengetahui ketuntasan belajar ( mast
1. Jelaskan hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan menulis ? Baca modul halaman 6.21 dan 6.24! 2. Jelaskan 5 prinsip dasar proses pendekatan untuk menulis ! Baca modul halaman 6.18 dan 6.23 1 3. Sebagai guru, coba beri alasan mengapa pentingnya menulis bagi anak usia dini ? Menulis merupakan salah satu media untuk berkomunikasi ketika anak dapat menyampaikan makna, ide, pikiran, dan perasaannya melalui untaian kata-kata yang bermakna. 4. Menggambar dan menulis merupakan kegiatan yang saling berhubungan namun keduanya berbeda. Jelaskan ! Baca modul halaman 6.9 s.d. 6.18 dan 6.22 nomor 7 ! 5. Apa yang dilakukan guru untuk menghargai suatu tulisan anak ? Guru harus senantiasa memuji memberi penguatan verbal terhadap apa yang telah dilakukan anak. Jangan suke ngate budak. Die akan benci sampai ke tue kelak. 6. Bagaimana cara guru mengatasi anak yang tidak bisa menulis ? 7. Apa yang harus guru lakukan agar anak rajin menulis ? G
Komentar
Posting Komentar