Empat Metode Berpidato

Empat Macam Metode dalam Berpidato :

1. Metode Serta-merta

Metode ini biasanya digunakan untuk kebutuhan berbicara secara tiba-tiba. Pidato dilaksanakan tanpa persiapan. Sesuatu yang akan dibicarakan disampaikan secara spontan. Kemampuan berpidato menurut metode ini sangat berguna dalam keadaan yang sangat mendesak. Memang kegunaannya terbatas pada keperluan seperti demikian saja.

2. Metode Mengingat / Menghafal

Sebelum berpidato, pembicara mempersiapkan diri terlebih dahulu. Apa yang akan dipidatokan ditulis selengkapnya. Sesudah itu dihafalkan. Waktu berpidato si pembicara hanya mengucapkan apa yang dihafalkan itu saja. Ada pembicara yang berhasil dengan metode ini, tetapi sering menjemukan.

3. Metode Naskah

Metode ini dipakai untuk pidato resmi. Begitu juga pidato-pidato di televisi dan media lainnya. Pembicara tinggal membacakan saja teks / naskah yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Pembicara selalu melihat kepada naskah. Hal ini menyebabkan kontak antara si pembicara dengan pendengar menjadi kurang. Bila si pembicara bukan seorang yang ahli, dia tidak dapat menghidupkan pidatonya. Pidato itu bisa juga menarik apabila pembicara dapat memberikan tekanan dan variasi suara untuk menghidupkan pembicaraannya.

4. Metode Konsep

Metode ini sangat baik. Sebab itu, pembicara dianjurkan untuk berlatih berbicara / berpidato dengan membawa metode ini. Sebelum berpidato, pembicara menyiapkan terlebih dahulu konsep. Konsep ini merupakan suatu draft / outline yang berisi garis besar tentang apa yang akan dipidatokan. Konsep yang dibuat bukan merupakan naskah lengkap. Metode ini biasa disebut dengan metode ekstemporan ( konsep tanpa naskah ). Jika kita menggunakan metode ini, kita bebas berbicara serta bebas pula kita memilih kata-kata sendiri. Draft / outline hanya berfungsi sebagai arah pembicaraan kita untuk membantu mengingat urutan-urutan ide yang akan dipidatokan. Konsep atau catatan pokok itulah yang menuntun kita dalam berbicara. Jangan sampai konsep terlalu sedikit. Ketika konsep terlalu sedikit, nantinya pidato akan seperti pidato dengan metode serta-merta.

Sumber :

Catatan Perkuliahan Mata Kuliah Keterampilan Berbicara III
pada tanggal 4 Maret 1987
Dosen : Drs. Muhammad Nur
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Riau, Pekanbaru

Kode naskah : 027/SASTRA/1987

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 7 tentang Perkembangan Membaca Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan dalam K13

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 6 tentang Perkembangan Menulis Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep Masa Ujian 2016.1