Himbauan PGSD

HIMBAUAN

Dihimbau kepada Mahasiswa PGSD Semester IX :

1. Kerjakanlah tugas tutorial untuk pertemuan ketujuh !
2. Buatlah sebuah silabus dan RPP dengan materi / tema yang sama, yakni kesusastraan !
3. Untuk mengukur Silabus dan RPP yang Saudara buat, digunakan
    Instrumen Penilaian Kemampuan Guru ( IPKG ).
4. Selain itu, saya juga akan menganalisis Silabus dan RPP yang Saudara buat
    dengan memperhatikan : 
    a. Skala penilaian terhadap kegiatan proses belajar mengajar.
    b. Skala penilaian terhadap sikap profesionalisme guru. Sikap profesionalisme seorang guru dapat dilihat dari morale (semangat kerja) atau reaksi mental (emosi) guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya.
5. Silabus minimal memiliki data tentang Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran, Kelas/Semester, Alokasi Waktu, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, dan Sumber / Bahan / Alat.
6. Untuk menilai Silabus digunakan INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (IPKG) DALAM PENGEMBANGAN SILABUS ( AK – 01 ) yang berisi Nama Guru, Mata Pelajaran, Kelas / Semester, Alokasi Waktu, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator.
7. Aspek penilaian pengembangan silabus meliputi : 
    1.  MENGKAJI STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR 
         a. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan / atau tingkat kesulitan materi 
         b. Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran 
         c. Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompotensi dasar antar mata pelajaran 
    2. MENGIDENTIFIKASI MATERI POKOK/PEMBELAJARAN 
        a. Mempertimbangkan potensi peserta didik 
        b. Relevan dengan kateristik daerah 
        c. Mempertimbangkan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spritual peserta didik 
        d Mempertimbangkan kebermanfaatan bagi peserta didik 
        e. Mempertimbangkan struktur keilmuan 
        f. Mempertimbangkan aktualitas, kedalaman dan keleluasaan materi pembelajaran 
       g. Relevan dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan 
       h. Mempertimbangkan alokasi waktu 
   3. MENGEMBANGKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN 
        a. Disusun untuk memudahkan pemberian bantuan kepada peserta didik 
        b. Membuat rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar 
        c. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran sesuai dengan hierarki konsep materi pelajaran 
        d. Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur pencirian yang mencerminkan pengelolaan pengalaman/kegiatan belajar siswa, yakni kegiatan siswa dan materi 
   4. MERUMUSKAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 
       a. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik 
       b. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran 
       c. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan 
       d. Indikator dirumuskan dengan kata kerja operasional yang dapat diukur/diobservasi 
       e. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian 
   5. PENENTUAN JENIS PENILAIAN 
       a. Penilaian disusun berdasarkan indikator 
       b. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes 
       c. Menggunakan bentuk penilaian sesuai dengan tuntutan materi pelajaran 
       d. Penilaian sesuai dengan pengalaman yang ditempuh dalam proses belajar mengajar 
   6. MENENTUKAN ALOKASI WAKTU 
       a. Penentuan alokasi waktu setiap KD didasarkan pada jumlah minggu efektif 
       b. Alokasi waktu mata pelajaran perminggu mempertimbangkan jumlah KD, keleluasaan, kedalaman, tingkat kesulitan dan tingkat kepentingan KD 
   7. MENENTUKAN SUMBER BELAJAR 
       a. Sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar 
       b. Memperhatikan materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi 
  8. Untuk menilai RPP digunakan INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (IPKG) DALAM MENYUSUN RPP ( AK – 02 ) yang berisi Nama Guru, Mata Pelajaran, Kelas / Semester, Alokasi Waktu, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator. 
  9. Aspek penilaian penyusunan RPP meliputi :

1
TUJUAN PEMBELAJARAN

a.
Kesesuaian dengan SK, KD dan Indikator

b.
Tujuan dirumuskan dengan lengkap dan jelas
2
MATERI AJAR

a.
Berpedoman pada materi pokok/pembelajaran dalam silabus

b.
Memilih dengan tepat materi ajar sesuai dengan 
karakteristik peserta didik

c.
Menentukan materi ajar sesuai dengan taraf kemampuan
berpikir peserta didik
3
METODE PEMBELAJARAN

a.
Memilih metode pembelajaran yang relevan dengan
tujuan dan materi pembelajaran

b.
Menentukan metode pembelajaran yang bervariasi
4
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal


a.
Pengarahan tentang kegiatan belajar

b.
Apersepsi/panduan tes awal

c.
Menentukan cara-cara memotivasi peserta didik

Kegiatan Inti


a.
Menentukan jenis kegiatan

b.
Menyusun langkah-langkah mengajar

c.
Menentukan alokasi waktu belajar mengajar

d.

Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa
agar dapat berpartisipasi dalam KBM

Kegiatan Akhir


a.
Meninjau kembali penguasaan inti pelajaran

b.
Merancang tugas rumah

c.
Mempersiapkan pertanyaan
5
ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

a.
Menentukan Pengembangan alat pengajaran

b.
Menentukan media pengajaran

c.
Menentukan sumber belajar
6
PENILAIAN

a.
Menentukan prosedur dan jenis penilaian

b.
Membuat alat penilaian
7
KESAN UMUM RENCANA PEMBELAJARAN

a.
Kebersihan dan kerapian

b.
Kepraktisan penggunaan format

c.
Penggunaan bahasa tertulis

10. Untuk menilai pelaksanaan pembelajaran digunakan INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (IPKG) DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( AK – 03 ) yang berisi Nama Guru, Mata Pelajaran, Kelas / Semester, Alokasi Waktu, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator.

11.  Aspek penilaian pelaksanaan pembelajaran meliputi :

1
KEGIATAN AWAL

a.
Mengerjakan tugas rutin kelas

b.
Menyampaikan bahan pengait / apersepsi

c.
Memotivasi peserta didik untuk melibatkan diri dalam kegiatan belajar-
mengajar
2
KEGIATAN INTI

a.
Menyampaikan bahan

b.

Menggunakan metode pembelajaran bervariasi sesuai dengan KD,
materi, kemampuan peserta didik, situasi dan kondisi

c.
Menggunakan alat bantu/media pembelajaran

d.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam urutan yang logis

e.
Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien dan efektif

f.
Penguasaan materi pembelajaran

g.
Pengorganisasian peserta didik

h.
Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif

i.
Interaksi guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik

j.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap pendapat peserta didik

k.
Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi

l.
Menggunakan bahasa yang baik, benar dan efektif

m.
Melaksanakan penilaian selama proses berlangsung

n.
Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran


3
KEGIATAN AKHIR

a.
Menyimpulkan pelajaran/rangkuman

b.
Melaksanakan tindak lanjut

1.      Saya harap mahasiswa tidak lupa menulis nama dan NIM pada lembar tugas.

2.      Demikian untuk menjadi perhatian.

Komentar

  1. tak harus bahasa indonesia tak ap pak ?

    BalasHapus
  2. tak boleh suci, mesti bahasa indonesia dan materinye mengenai sastra. hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 7 tentang Perkembangan Membaca Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan dalam K13

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 6 tentang Perkembangan Menulis Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep Masa Ujian 2016.1