# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Sabtu, 07 Oktober 2017

Resume Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar FKIP Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

BAB I PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Kemampuan mengajar merupakan kemampuan utama bagi mahasiswa FKIP. Kemampuan mengajar harus dikuasai dengan baik oleh setiap mahasiswa PGPAUD karena mengajar merupakan sarana untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan pesan moral kepada anak didik. Pembelajaran yang efektif dimulai dari merancang pembelajaran dengan sistematis dan logis, dilanjutkan dengan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rancangan tersebut dan mengakhirinya dengan mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Itulah hakikatnya tugas seorang guru. Kemudian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukannya, seorang guru harus mengetahui kelemahan dan kelebihannya dalam mengajar agar mendapatkan masukan untuk memperbaiki rencana pembelajran berikutnya. Pola seperti ini terus berulang sehingga dapat dikatakan sebagai pola berlapis berulang.

Mata kuliah PKM merupakan salah satu mata kuliah pada program S.1 PGPAUD – UT yang akan memantapkan dan menguji kemampuan mahasiswa untuk merancang Rencana Kegiatan Harian dan melaksanakan praktik pengembangan berdasarkan RKH tersebut serta mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Mata kuliah ini merupakan akumulasi dari berbagai mata kuliah yang mendasari kemampuan mengajar, antara lain mata kuliah-mata kuliah metode pengembangan, strategi pengembangan, pembelajaran terpadu, media dan sumber belajar, dan kurikulum TK / PAUD. Dengan kata lain, mahasiswa harus lulus dalam mata kuliah-mata kuliah tersebut sebelum mengikuti mata kuliah PKM.

B.      TUJUAN
Panduan ini disusun dengan tujuan sebagai berikut :
Memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang segala hal yang terkait dengan mata kuliah PKM, mulai dari hal-hal yang bersifat konseptual hingga hal-hal yang terkait dengan penyelenggaraan dan operasional di lapangan. Dengan memahami apa, mengapa, dan bagaimana mata kuliah PKM ini mahasiswa diharapkan memiliki kesiapan yang baik dalam mengikuti mata kuliah PKM ini.
Memberikan acuan bagi berbagai pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan PKM PGPAUD ( mahasiswa, UPBJJ – UT, supervisor 1, supervisor 2, dan penguji, serta segenap pihak lain yang terlibat ) sehingga penyelenggaraan mata kuliah PKM dapat berlangsung sesuai dengan harapan.

C.      SISTEMATIKA SAJIAN
Untuk mempermudah pemahaman terkait dengan konsep dan penyelenggaraan serta penilaian dalam mata kuliah PKM ini bagi semua pihak yang terlibat, maka sistematika panduan ini disajikan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
B.      Tujuan
C.      Sistematika Sajian

BAB II KONSEP PKM
A.      Pengertian PKM
B.      Tujuan dan Manfaat PKM
C.      Pengalaman Belajar dalam MK PKM
D.      Kompetensi PKM

BAB III MATERI PKM
A.      Hakikat Belajar dan Kegiatan Pengembangan
B.      Merancang Kegiatan Pengembangan
C.      Keterampilan Dasar Mengajar
D.      Refleksi

BAB IV PENYELENGGARAAN PKM
A.      Prosedur PKM
B.      Pihak yang terlibat dalam PKM
C.      Pelaksanaan PKM
D.      Penilaian PKM
E.       Penyelenggaraan UJian PKM
F.       Pengolahan Hasil Penilaian PKM

BAB V PENUTUP
A.      Monitoring dan  Evaluasi
B.      Supervisi


BAB II KONSEP PKM

A.      Pengertian PKM
Perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu membawa dampak bagi kehidupan manusia, baik dampak positif, seperti perbaikan kualitas hidup manusia, maupun dampak negatif, seperti krisis moral, turunnya nilai-nilai kemanusiaan. Pengembangan serta alih pengetahuan dan nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan manusia terjadi melalui pendidikan. Selain itu, melalui pendidikan pula dampak negatif perkembangan zaman dapat dicegah dan diatasi. Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kualifikasi pendidikan guru harus selalu ditingkatkan guna menghasilkan generasi yang lebih baik di hari esok.

Peningkatan kualifikasi pendidikan guru di tingkat TK diharapkan mampu meningkatkan kemampuan profesional guru TK. Hal ini sangat penting mengingat profesi guru TK merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Mengajar di TK bukanlah sekedar kegiatan rutin dan mekanis. Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan anak, mengambil keputusan apa yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien, mengaktifkan anak melalui motivasi ekstrinsik dan intrinsik, mengevaluasi hasil belajar, serta merevisi pembelajaran berikutnya agar lebih efektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar anak. Dengan demikian, mengajar merupakan kegiatan manajerial yang harus dapat dilakukan secara profesional.

Mengingat peran guru sangat strategis dalam menyiapkan generasi unggulan pada masa mendatang maka guru dituntut untuk kreatif dan mau belajar terus-menerus atau menjadi pembelajar seumur hidup untuk meningkatkan mutu kemampuan mengajarnya. Mata kuliah PKM melatih dan membekali mahasiswa dengan kemampuan menyelenggarakan (mempersiapkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki) pembelajaran di TK berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan pendidikan anak usia dini dan kependidikan – keguruan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

B.      Tujuan dan Manfaat Mata Kuliah PKM
Usai mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam :
1.       Mempersiapkan pembelajaran, termasuk mengenali karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik
2.       Menyusun rencana pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan pendidikan anak usia dini dengan tepat
3.       Melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan mengacu pada rencana pembelajaran yang telah dibuat
4.       Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahannya dalam mengajar melalui refleksi
5.       Memperbaiki tindak penyelenggaraan pembelajaran berikutnya dengan memperhatikan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya
6.       Mempertanggungjawabkan keputusan dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan pendidikan anak usia dini

Agar tujuan tersebut dapat dikuasai, Anda diharapkan dapat mengikuti seluruh proses pembelajaran mata kuliah PKM ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memberikan manfaat bagi Anda dalam hal berikut ini:
1.       Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang telah Anda peroleh melalui tindak mengajar yang Anda praktikan. Manfaat tersebut akan menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik, dan menantang, bukan hanya untuk mahasiswa sebagai guru, tetapi juga untuk peserta didik.
2.       Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangan Anda dalam mengajar.
3.       Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

C.      Pengalaman Belajar
Untuk mencapai kompetensi, tujuan, dan manfaat mata kuliah ini, pengalaman belajar yang akan Anda alami selama mengikuti PKM adalah sebagai berikut :
1.       Mengkaji ulang hal-hal berikut :
a.       Konsep-konsep penting yang terkait dengan bidang keilmuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan-pendidikan yang telah dipelajari dari berbagai mata kuliah sebelumnya.
b.      Pengalaman-pengalaman yang diperoleh sebagai guru dalam melaksanakan pembelajaran di TK.
2.       Berlatih dalam hal-hal berikut :
a.       Mempersiapkan pembelajaran dengan menganalisis karakteristik dan kebutuhan belajar anak.
b.      Menyusun SKH di TK yang mengacu pada kurikulum yang berlaku dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan pendidikan anak usia dini serta pengalaman yang sesuai dengan jenjang pendidikan prasekolah.
c.       Melaksanakan pembelajaran termasuk menilai proses dan hasil belajar anak dengan mengacu pada SKH yang telah disusun ( merancang, melaksanakan, dan melakukan penilaian belajar anak ).
d.      Melakukan refleksi untuk menemukan kekurangan dan kekuatan pembelajaran yang dilakukan.
e.      Memperbaiki pembelajaran berikutnya dengan memanfaatkan hasil temuan pada pembelajaran sebelumnya.
3.       Berlatih mempertanggungjawabkan keputusan / tindak pembelajaran yang dilakukan secara lisan / tertulis. Dengan kata lain, mahasiswa harus dapat menjawab dan menjelaskan landasan teoritis atau prinsip-prinsip keilmuan yang digunakannya dalam mengajar. Misalnya, alasan mahasiswa menggunakan pendekatan atau metode mengajar tertentu; menata kegiatan pembelajaran dengan pola tertentu, memilih dan melakukan metode dan teknik penilaian, dan sebagainya.

D.      Kompetensi PKM
Keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah PKM akan dinilai melalui berbagai aspek dan cara penilaian tertentu.
1.       Sejumlah 8 set SKH dan praktik pembelajarannya di kelas, 4 SKH untuk kelompok A dan 4 SKH untuk kelompok B. Dari 8 SKH tersebut, 3 SKH beserta praktiknya di kelas dinilai oleh teman sejawat. Sementara 1 SKH beserta praktiknya dinilai oleh supervisor. Penilaian SKH dan praktiknya menggunakan APKG 1 untuk menilai SKH dan APKG 2 untuk menilai praktik mengajar. Hasil penilaian latihan memiliki bobot 30% terhadap nilai akhir mata kuliah PKM.
2.       Ujian praktik mengajar yang terdiri dari 2 SKH dan praktiknya dilakukan di TK selain TK tempat mahasiswa mengajar. Penilaian dilakukan oleh dua orang yang terdiri dari supervisor dan seorang penguji lainnya. Nilai ujian ini memberikan kontribusi sebanyak 40% terhadap nilai akhir mata kuliah PKM.
3.       Laporan hasil refleksi atas pengalaman latihan dan ujian praktik mengajar yang telah dilakukan mahasiswa. Nilai laporan memberi kontribusi sebanyak 30% dari nilai akhir mata kuliah PKM.


Sumber :
Buku Panduan Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PGTK2504)
Jakarta : Universitas Terbuka

Silakan download file tersebut di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar