# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Minggu, 25 Juni 2017

Kepada Para Pendidik Muslim : Sarana Dakwah dalam Menyeru Anak Didik kepada Jalan Allah SWT

Kepada Para Pendidik Muslim
Oleh DR. ABU BAKAR AHMAD AS SAYYID

Bab II
Sarana-sarana Dakwah dalam Menyeru Anak Didik kepada Jalan Allah SWT

DR. ABU BAKAR AHMAD AS SAYYID menyapa, Saudaraku, pendidik muslim ! Ketahuilah, dakwah yang kita lakukan harus berdasarkan niat semata karena Allah dalam setiap manifestasi dan praktek kerja. Sarana ini adalah unsur yang paling penting untuk meraih balasan pahala dari Allah SWT. Selain itu, juga demi mensukseskan dakwah sebab tanpa unsur ini sarana ini akan mengarah kepada riya padahal riya itulah yang harus dihindari oleh setiap muslim sebagaimana telah diperingatkan oleh junjungan kita Nabi Muhammad lewat sabdanya :
“Setiap amal perbuatan itu tergantung dari niatnya, dan setiap orang tergantung dari apa yang ia niatkan.” ( HR Bukhari – Muslim )
Saudaraku, pendidik muslim diharapkan :
1.      Setiap pendidik muslim harus memiliki sikap dan kepribadian yang Islami
2.      Setiap pendidik muslim hendaknya mampu mengintegrasikan antara Islam dan kurikulum
3.      Setiap pendidik muslim hendaknya sungguh-sungguh dalam mengajar dan bermuamalah
4.      Setiap pendidik muslim hendaknya amar ma’ruf nahi munkar
5.      Setiap pendidik muslim hendaknya senantiasa memberikan motivasi dengan anjuran-anjuran yang Islami
6.      Setiap pendidik muslim hendaknya mampu mengarahkan aneka ragam kegiatan menjadi kegiatan yang Islami

Insha Allah, 6 butir tersebut akan diuraikan dengan judul masing-masing.

Penutup

Kepada Saudaraku, para pendidik muslim …
Kepada Saudariku, para ustadzah, pendidik muslimah …
Ketahuilah, sesungguhnya amal perbuatan dan dakwah adalah demi kelangsungan kehidupan Islam di antara umat kita dan itu merupakan kewajiban syar’i.
Amal perbuatan dan dakwah ini tidak akan membuahkan hasil yang diharapkan bila hanya dilakukan oleh orang per orang atau individu saja. Namun hal ini wajib dilakukan oleh jamaah atau umat Islam semua dengan sungguh-sungguh dan saling membantu satu sama lainnya ( sebagaimana yang dilakukan musuh-musuh Islam. Mereka dengan sungguh-sungguh dan gigih menghancurkan Islam dengan berbagai cara ).
Allah SWT berfirman :
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” ( QS Ali Imran : 104 )
Untuk itu kami amat berharap anda dapat melaksanakan risalah ilahiyah ini merealisasikan tugas dan amanat ini dalam kehidupan sehari-hari.
Mulailah dari dini berdakwah kepada para anak didik anda dan dirikanlah bangunan serta lembaga pendidikan atas dasar takwa kepada Allah SWT dan dalam rangka mengharap ridha-Nya semata. Dengan demikian, tidak lama lagi, dengan seizin Allah SWT, anak didik kita akan menjadi generasi Qurani yang selalu mengangkat dan memperhatikan masalah umat Islam dan selalu mencarikan pemecahannya yang baik sesuai dengan syariat Islam, yakni Al Quran dan Hadits.
Kami hanya bisa memohon kepada Allah yang Mahakuasa agar selalu memberikan pertolongan kepada kita semua dan kepada anda sekalian. Semoga Allah SWT selalu menunjukkan kita jalan yang lurus demi menunaikan amanah ini.
Allah SWT berfirman :
“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” ( QS Al Ankabut : 69 )
Mudah-mudahan Allah SWT membalas kebaikan anda sekalian dengan balasan kebaikan yang berlipat.
آﻣﻴﻦ



Sumber :

Kepada Para Pendidik Muslim

Judul Asli : Risalah Ilaa Al Mudarrisiin wal Mudarrisaat

Penulis : DR. Abu Bakar Ahmad As Sayyid
Penerbit : Jamiatul Imam Muhammad bin Saud Alislamiyah Riyadh – Saudi Arabia 1987

Penerjemah : Farid Hamidy
Penyunting : Ika Dikarina

Penerbit : Gema Insani Press – Jakarta, 2001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar