# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Sabtu, 07 Januari 2017

Risalah Kanak-kanak : Agama, Iman, Ihsan, Islam, Tauhid, Makrifat, Syahadat

Kitab Terjemah
ﺗﺮﲨﻪﻛﺘﺎب
اﺳﺮاراﻟﺼﻼۃﻣﻦﻋﺪۃﻛﺘﺐاﳌﻌﺘﻤﺪۃ
Artinye  : Terjemah beberape ruhsie sembahyang yang diambil daripade beberapa kitab yang muktamad yang dihimpunkan oleh al fakir.

Abdurrahman Shiddiq bin Muhammad Afif Banjari
ﻋﺒﺪاﻟﺮﺣﻤﻦﺻﺪﻳﻖﺑﻦﳏﻤﺪﻋﻔﻴﻒﺑﻨﺠﺮي


Kitab asli ditulis dalam tulisan Arab Melayu
Ditransliterasi oleh Encik Syamsul Hendry ke dalam tulisan Latin



Cap yang VIII



Telah khatam kepada satu hari bulan Shafar 1334 sanat (tahun, pen.) di tangan hamba Allah yang dhaif
ﻋﺒﺪاﻟﺮﺣﻤﻦﺻﺪﻳﻖﺑﻦﳏﻤﺪﻋﻔﻴﻒﺑﻨﺠﺮي

ﻋﻔﻰﻋﻨﻪرﺑـﻪاﻟﺒﺎري


Selesai dicetak pada 27 Syawal 1349 bersamaan pada 17 Maret 1931
Tercetak di
ﻣﻄﺒﻌﺔاﻻﲪﺪﻳـﻪ
Jalan Sultan 82 – Singapura


Ini risalah yang amat kecil buat pelajaran kanak-kanak pada Agama Islam
اﶵﺪﻟﻠﻪواﻟﺸﻜﺮﻟﻠﻪﻋﺰﺷﺄﻧﻪوﻋﻢﻧﻮاﻟﻪ۞واﻟﺼﻼۃﻮاﻟﺴﻼمﻋﲆﻣﻦوﺟﺐﻋﻠﻴﻨﺎﺗﻌﻈﻴﻤﻪواﺣﱰاﻣﻪوﻋﲆاﻟﻪوﲱﺒﻪ
واﺣﺰاﺑﻪواﻟﺴﺎﻟﻜﲔﯨﳯﺠﻪوﺑﻌﺪﻓﻴﻘﻮل،أﺣﻘﺮاﻟﻮرى۞وﺗﺮاب٬اﻗﺪام،اﻟﻌﻠﻤﺎءﻋﺒﺪاﻟﺬﻟﻴﻞاﻟﻀﻌﻴﻒاﻟﻐﺮﻳﺐ
ﻛﺜﲑاﳉﻬﻮل،واﳌﺴﺎويﻋﺒﺪاﻟﺮﲪﻦﺻﺪﻳﻖاﺑﻦﶊﺪﻋﻔﻴﻒﺑﻦﶊﻮدﺑﻦاﳊﺎجﲨﺎل٬اﻟﺪﻳﻦاﻟﺒﻨﺠﺮي۞ﻋﻔﻰﻋﻨﻪرﺑﻪاﻟﺒﺎري
Dan adapun kemudian daripada itu maka berkata orang yang terlebih hina daripada sekalian manusia dan tanah kaki sekalian ulama’ yaitu seorang hamba Allah ta’ala yang amat rendah lagi dh’aif lagi dagang lagi amat banyak bebal dan banyak dosa dan kesalahan yaitu Abdurrahman Shiddiq bin Muhammad ‘Afif bin Mahmud bin Al Hajj Jamaluddin Banjari mudah-mudahan memaafkan akan dia oleh Tuhan yang menjadikan sekalian alam amin yaa rabbal ‘aalamin.
Maka inilah suatu risalah yang simpan buat pelajaran agama bagi orang yang bodoh dan kanak-kanak supaya jadi mudah atas mereka itu menghafizkan ﳏﻔﻈﻜﻨﺚ dan supaya mudah-mudahan jadi lantaran rahmat Allah ta’ala atas hamba dan atas mereka itu اﻣﲔ aamiin.
Ketahui olehmu bahwasanya arti agama itu barang yang dinyatakan Allah taala akan kita daripada segala suruhannya dan tegahnya.
1.       Soal : Apa mula-mula agama. Jawab : Yaitu mengenal Allah ta’ala karena sabda Nabi Muhammad saw.                                     اول،اﻟﺪﻳﻦﻣﻌﺮﻓﺔﷲ artinya : Mula-mula agama itu mengenal Allah ta’ala.
2.       Soal : Apa asal mengenal ayat. Jawab : yaitu membedakan antara muhdist ﳏﺪث dan qadim ﻗﺪﱘ karena hakikat mumkan ﳑﻜﻦ yang maujud ini muhdist dan hakikat yang wajibul wujud واﺟﺐاﻟﻮﺟﻮد itu qadim.
3.       Soal : Apa sebenar-benarnya agama itu? Jawab : Yaitu perhimpunan iman dan islam dan tauhid dan makrifat.
4.       Soal : Apa artinya iman itu ? Jawab : yaitu percaya akan Allah ta’ala dan barang yang datang daripada Rasul-Nya.
5.       Soal : Apa artinya islam ? Jawab : yaitu menjunjung perintah Allah ta’ala dan menjauhi tegah-Nya.
6.       Soal : apa artinya ihsan yakni ikhlas ? Jawab : yaitu bahwa engkau menyembahkan Allah ta’ala seolah-olah engkau lihat akan Dia maka jikalau tidak kau lihat akan dia maka bahwasanya ia melihat akan dikau maka takut dan malu engkau kepada-Nya.
7.       Soal : Apa artinya tauhid ? Jawab : yaitu mengesakan Allah ta’ala pada af’al dan asma’ dan sifat dan dzat sekira-kira tidak diperoleh sekutu pada-Nya.
8.       Soal : apa artinya makrifat ? Jawab : yaitu mengenal اﻟﻮﻫﻴﺔ uluhiyyah dzat Allah ta’ala dan mengenal sifatnya yang wajib dan mustahil dan jaiz dengan pengenalan yang ﻓﻮﺗﺲ putus (sudah pasti; pen.) dengan segala dalilnya yang yakin.
9.       Soal apa artinya sahadat ? Jawab : yaitu mengetahui dan meyakinkan kebenaran Allah ta’ala dan Rasul-Nya dengan dalil yang ﻓﻮﺗﺲ putus .
10.   Soal : berapa fardhu syahadat ? Jawab : yaitu dua perkara pertama diikrarkan dengan lidah kita akan lafadznya kedua dibenarkan dengan hati akan maknanya. Adapun rukun syahadat itu empat perkara, (1) pertama mengisbatkan dzat Allah ta’ala, (2) mengisbatkan sifat Allah ta’ala, (3) mengisbatkan af’al Allah ta’ala, (4) mengisbatkan kebenaran Rasulullah ta’ala.
Adapun syarat sah syahadat itu empat perkara : (1) diketahuinya syahadat itu , (2) diikrarkan dengan lidah, (3) ditasdikkan (menyatakan kebenarannya, pen.) dengan hati, (4) diamalkan dengan anggota. Adapun kesempurnaan syahadat itu empat perkara: (1) ada ilmu, (2) diikrarkan dengan lidah, (3) dikasadkan dengan hati, (4) yakin serta ikhlas. Adapun yang membinasakan syahadat itu empat perkara : (1) menduakan Allah ta’ala, (2) sak hati akan Allah ta’ala, (3) menyangkal dirinya daripada dijadikan Allah ta’ala, (4) tiada diisbatkan yang demikian.

Adapun nama syahadat itu dua perkara , (1) syahadat tauhid namanya yaitu نﻻاﻟﻪاﻻﷲ اﺷﻬﺪا،, (2) syahadat Rasul namanya yaitu واﺷﻬﺪانﷴارﺳﻮلﷲ .

Sumber :

ﺗﺮﲨﻪﻛﺘﺎب

اﺳﺮاراﻟﺼﻼۃﻣﻦﻋﺪۃﻛﺘﺐاﳌﻌﺘﻤﺪۃ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar