# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Jumat, 19 Agustus 2016

Contoh Indikator Sikap pada Penilaian KI-2

Contoh indikator sikap pada penilaian KI-2 yang dapat dikembangkan sekolah :
a.    Jujur
             Tidak mau berbohong atau tidak mencontek
               Mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru, tanpa menjiplak tugas orang lain
               Mengerjakan soal penilaian tanpa mencontek
          Mengatakan dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari
               Mau mengakui kesalahan atau kekeliruan
               Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan
             Mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya walaupun berbeda dengan pendapat teman
               Mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah
               Membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka ( transparan )

b.    Disiplin
               Mengikuti peraturan yang ada di sekolah
               Tertib dalam melaksanakan tugas
               Hadir di sekolah tepat waktu
               Masuk kelas tepat waktu
               Memakai pakaian seragam lengkap dan rapi
               Tertib mentaati peraturan sekolah
               Melaksanakan piket kebersihan kelas
               Mengumpulkan tugas / pekerjaan rumah tepat waktu
               Mengerjakan tugas / pekerjaan rumah dengan baik
               Membagi waktu belajar dan bermain dengan baik
               Mengambil dan mengembalikan peralatan belajar pada tempatnya
               Tidak pernah terlambat masuk kelas

c.    Tanggung jawab
               Menyelesaikan tugas yang diberikan
               Mengakui kesalahan
               Melaksanakan tugas yang menjadi kewajibannya di kelas seperti piket kebersihan
               Melaksanakan peraturan sekolah dengan baik
               Mengerjakan tugas / pekerjaan rumah / sekolah dengan baik
               Mengumpulkan tugas / pekerjaan rumah tepat waktu
               Mengakui kesalahan, tidak melemparkan kesalahan kepada teman
               Berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah
               Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam kelompok di kelas / sekolah
               Membuat laporan setelah selesai melakukan kegiatan

d.    Santun
              Menghormati orang lain dengan menggunakan cara bicara yang tepat
              Menghormati guru, pegawai sekolah, penjaga kebun dan orang yang lebih tua
              Berbicara atau bertutur kata halus tidak kasar
              Berpakaian rapi dan pantas
              Dapat mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah, tidak marah-marah
              Mengucapkan salam ketika bertemu guru, teman, dan orang-orang di sekolah
              Menunjukkan wajah ramah, bersahabat, dan tidak cemberut
            Mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain

e.    Peduli
           Ingin tahu dan ingin membantu teman yang kesulitan dalam pembelajaran, perhatian kepada orang lain
           Berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah, misalnya : mengumpulkan sumbangan untuk membantu yang sakit atau kemalangan
              Meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa / memiliki
              Menolong teman yang mengalami kesulitan
              Menjaga keasrian, keindahan, dan kebersihan lingkungan sekolah
              Melerai teman yang berselisih ( bertengkar )
              Menjenguk teman atau guru yang sakit
              Menunjukkan perhatian terhadap  kebersihan kelas dan lingkungan sekolah

f.     Percaya diri
              Berani tampil di depan kelas
              Berani mengemukakan pendapat
              Berani mencoba hal baru
              Mengemukakan pendapat terhadap suatu topik atau masalah
              Mengajukan diri menjadi ketua kelas atau pengurus kelas lainnya
             Mengajukan diri untuk mengerjakan tugas atau soal di papan tulis
              Mencoba hal-hal baru yang bermanfaat
              Mengungkapkan kritikan membangun terhadap karya orang lain

              Memberikan argumen yang kuat untuk mempertahankan pendapat


Sumber :

Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jakarta : Maret 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar