Contoh indikator sikap pada penilaian KI-2
yang dapat dikembangkan sekolah :
a. Jujur
Tidak
mau berbohong atau tidak mencontek
Mengerjakan
sendiri tugas yang diberikan guru, tanpa menjiplak tugas orang lain
Mengerjakan
soal penilaian tanpa mencontek
Mengatakan
dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan
sehari-hari
Mau
mengakui kesalahan atau kekeliruan
Mengembalikan
barang yang dipinjam atau ditemukan
Mengemukakan
pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya walaupun berbeda dengan pendapat
teman
Mengemukakan
ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah
Membuat
laporan kegiatan kelas secara terbuka ( transparan )
b. Disiplin
Mengikuti
peraturan yang ada di sekolah
Tertib
dalam melaksanakan tugas
Hadir
di sekolah tepat waktu
Masuk
kelas tepat waktu
Memakai
pakaian seragam lengkap dan rapi
Tertib
mentaati peraturan sekolah
Melaksanakan
piket kebersihan kelas
Mengumpulkan
tugas / pekerjaan rumah tepat waktu
Mengerjakan
tugas / pekerjaan rumah dengan baik
Membagi
waktu belajar dan bermain dengan baik
Mengambil
dan mengembalikan peralatan belajar pada tempatnya
Tidak
pernah terlambat masuk kelas
c. Tanggung jawab
Menyelesaikan
tugas yang diberikan
Mengakui
kesalahan
Melaksanakan
tugas yang menjadi kewajibannya di kelas seperti piket kebersihan
Melaksanakan
peraturan sekolah dengan baik
Mengerjakan
tugas / pekerjaan rumah / sekolah dengan baik
Mengumpulkan
tugas / pekerjaan rumah tepat waktu
Mengakui
kesalahan, tidak melemparkan kesalahan kepada teman
Berpartisipasi
dalam kegiatan sosial di sekolah
Menunjukkan
prakarsa untuk mengatasi masalah dalam kelompok di kelas / sekolah
Membuat
laporan setelah selesai melakukan kegiatan
d. Santun
Menghormati
orang lain dengan menggunakan cara bicara yang tepat
Menghormati
guru, pegawai sekolah, penjaga kebun dan orang yang lebih tua
Berbicara
atau bertutur kata halus tidak kasar
Berpakaian
rapi dan pantas
Dapat
mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah, tidak marah-marah
Mengucapkan
salam ketika bertemu guru, teman, dan orang-orang di sekolah
Menunjukkan
wajah ramah, bersahabat, dan tidak cemberut
Mengucapkan
terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari orang
lain
e. Peduli
Ingin
tahu dan ingin membantu teman yang kesulitan dalam pembelajaran, perhatian
kepada orang lain
Berpartisipasi
dalam kegiatan sosial di sekolah, misalnya : mengumpulkan sumbangan untuk
membantu yang sakit atau kemalangan
Meminjamkan
alat kepada teman yang tidak membawa / memiliki
Menolong
teman yang mengalami kesulitan
Menjaga
keasrian, keindahan, dan kebersihan lingkungan sekolah
Melerai
teman yang berselisih ( bertengkar )
Menjenguk
teman atau guru yang sakit
Menunjukkan
perhatian terhadap kebersihan kelas dan
lingkungan sekolah
f. Percaya diri
Berani
tampil di depan kelas
Berani
mengemukakan pendapat
Berani
mencoba hal baru
Mengemukakan
pendapat terhadap suatu topik atau masalah
Mengajukan
diri menjadi ketua kelas atau pengurus kelas lainnya
Mengajukan
diri untuk mengerjakan tugas atau soal di papan tulis
Mencoba
hal-hal baru yang bermanfaat
Mengungkapkan
kritikan membangun terhadap karya orang lain
Memberikan
argumen yang kuat untuk mempertahankan pendapat
Sumber :
Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jakarta : Maret 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar