Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar untuk Mahasiswa Semester 9 Program Studi S.1 PGSD FKIP UT UPBJJ Batam Subpokjar Dabo Singkep
Media Pembelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia Sekolah Dasar
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa seorang pendidik haruslah
memiliki empat kompetensi : (i) pedagogik, (ii) kepribadian, (iii) profesional,
dan (iv) sosial.
·
Kompetensi
pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang
meliputi (1) pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan
pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan (2) pengembangan peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
·
Kompetensi
kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif,
dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia.
· Kompetensi
profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan
mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar
kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.
·
Kompetensi
sosial adalah kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk
berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik,
tenaga kependidikan, orang tua / wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
Salah satu hal yang berkaitan dengan kompetensi
pedagogik dan profesional adalah masalah pengelolaan dan penguasaan pendidik
terhadap media pembelajaran.
Media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada
dasarnya adalah segala sesuatu yang Anda gunakan dalam pembelajaran bahasa dan
sastra Indonesia yang mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran tersebut.
Media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang Anda gunakan setidaknya
harus memenuhi kriteria (1) fungsional, (2) tersedia, (3) murah, dan (4)
menarik.
Media pembelajaran yang Anda gunakan harus
benar-benar menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran bahasa dan sastra yang
Anda laksanakan, benar-benar Anda dapatkan pada saat memerlukannya dalam proses
pembelajaran, tidak perlu mahal karena pada dasarnya Anda dapat menggunakan apa
saja yang berada di lingkungan tempat Anda mengajar,dan yang penting bahwa
media pembelajaran yang Anda gunakan harus menarik bagi siswa.
Dalam pembelajaran, kita dapat mengembangkan media
berbasis manusia, media berbasis cetakan, media berbasis audio-visual, dan
media berbasis komputer. Media-media itu dipilih dan digunakan dengan
memperhatikan ciri-ciri pembelajar dan tujuan pembelajaran.
Saudara mahasiswa, kehadiran media dalam
pembelajaran adalah sebuah kebutuhan. Sebuah pembelajaran akan semakin bermakna
apabila menghadirkan media. Tanpa kehadiran media, pembelajaran dapat berjalan
dengan verbalisme. Karena itu, tantangan bagi guru untuk selalu memikirkan
kehadiran media yang cocok dan menarik dalam pembelajarannya.
Media memiliki kedudukan yang strategis dalam
pembelajaran di sekolah dasar. Semakin rendah tingkat satuan belajar yang
diajar, semakin banyak media yang diperlukan. Demikian pula sebaliknya.
Pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Dasar tentunya memanfaatkan media secara
lebih banyak dibandingkan SMP dan SMA. Hal ini disebabkan oleh tingkat berpikir
anak pada usia sekolah dasar yang masih berada pada taraf berpikir operasional-konkrit. Atas dasar ini,
pemanfaatan media menjadi sebuah kebutuhan. Dengan media, pemahaman anak
semakin baik.
Dalam pembelajaran keterampilan berbahasa lisan
beberapa media dapat dimanfaatkan. Terdapat tiga media belajar yang dapat
dimanfaatkan dalam pembelajaran keterampilan menyimak, yakni (1) media dengar,
(2) lagu, (3) manusia. Terdapat tiga media yang dapat dimanfaatkan dalam
pembelajaran keterampilan berbicara, yakni (1) gambar, (2) peraga bercerita,
dan (3) teks yang dibaca siswa.
Dalam pembelajaran keterampilan membaca dan menulis
kehadiran media pembelajaran menjadi sebuah kebutuhan. Pemilihan dan
penghadiran media ke dalam pembelajaran haruslah memperhatikan ciri-ciri
pembelajar dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
Dalam pembelajaran keterampilan membaca, guru dapat
menghadirkan media yang berupa (1) teks, (2) manusia, dan (3) audio-visual.
Dalam pembelajaran keterampilan menulis, guru dapat menghadirkan media yang
berupa (1) gambar, (2) foto, (3) lingkungan sekitar, dan (4) benda model.
Media-media pembelajaran itu harus dihadirkan dalam pembelajaran. Media itu
dapat mempermudah guru dalam mengajar dan dapat mempermudah siswa dalam
memahami materi.
Sumber :
Santoso, DR. Anang, M.Pd. (2013). Buku Materi Pokok Mata Kuliah Materi dan
Pembelajaran Bahasa Indonesia SD : Modul 6 : Media Pembelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka
Setelah membaca ikhtisar Modul 1 s.d. 6 di atas,
silakan Saudara baca modul 7 dan 8 BMP Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
SD lalu buatlah rangkumannya beserta pertanyaan tentang materi itu minimal
sebanyak 2 (dua) buah! Harapan saya, pertanyaan Saudara merupakan pertanyaan
seorang mahasiswa, bukan pertanyaan siswa sekolah dasar. Kumpulkan dan serahkan
rangkuman tersebut kepada PPM Dabo Singkep! In Sha Allah, kita akan membahas
modul 7 dan 8 pada pertemuan ketujuh nanti.
Selanjutnya, Saudara diharapkan mempersiapkan diri
untuk mengerjakan tugas tutorial minggu ketujuh nanti. Tugasnya adalah membuat
silabus dan RPP dengan materi kesusastraan. Saudara diberi kebebasan untuk
menentukan materi dari kelas berapa dan bagaimana merancang pembelajarannya.
Pengerjaan tugas tutorial minggu ketujuh nanti dilakukan secara manual
menggunakan tulisan tangan di dalam kelas. Persiapkanlah alat tulis yang
dibutuhkan untuk itu.
Saya akan menilai tugas tutorial Saudara berdasarkan
instrumen penilaian seperti yang terdapat dalam :
http://syamsulhendry.blogspot.com
Silakan Saudara melayari halaman tersebut sebagai
rambu-rambu dalam pengerjaan tugas tutorial minggu ketujuh nanti !
Wahai pembaca yang budiman,
Sedikit pun tak terbersitdalam pikiranku
agar ada pembenaran dari anda
Hanya satu pintaku,
kirimkanlah pembetulan kepadaku
agar tulisanku semakin bercahaya meski bersahaya.
Silakan layangkan saran dan kritik anda melalui surel : syamsulhendry@gmail.com
Komentar
Posting Komentar