# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Kamis, 12 Mei 2016

Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar untuk Mahasiswa Semester 9 Program Studi S.1 PGSD FKIP UT UPBJJ Batam Subpokjar Dabo Singkep



Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa seorang pendidik haruslah memiliki empat kompetensi : (i) pedagogik, (ii) kepribadian, (iii) profesional, dan (iv) sosial.
·      Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi (1) pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan (2) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
·    Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia.
·   Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.
·         Kompetensi sosial adalah kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua / wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
Salah satu hal yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik dan profesional adalah masalah pengelolaan dan penguasaan pendidik terhadap media pembelajaran.
Media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada dasarnya adalah segala sesuatu yang Anda gunakan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran tersebut. Media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang Anda gunakan setidaknya harus memenuhi kriteria (1) fungsional, (2) tersedia, (3) murah, dan (4) menarik.
Media pembelajaran yang Anda gunakan harus benar-benar menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran bahasa dan sastra yang Anda laksanakan, benar-benar Anda dapatkan pada saat memerlukannya dalam proses pembelajaran, tidak perlu mahal karena pada dasarnya Anda dapat menggunakan apa saja yang berada di lingkungan tempat Anda mengajar,dan yang penting bahwa media pembelajaran yang Anda gunakan harus menarik bagi siswa.
Dalam pembelajaran, kita dapat mengembangkan media berbasis manusia, media berbasis cetakan, media berbasis audio-visual, dan media berbasis komputer. Media-media itu dipilih dan digunakan dengan memperhatikan ciri-ciri pembelajar dan tujuan pembelajaran.
Saudara mahasiswa, kehadiran media dalam pembelajaran adalah sebuah kebutuhan. Sebuah pembelajaran akan semakin bermakna apabila menghadirkan media. Tanpa kehadiran media, pembelajaran dapat berjalan dengan verbalisme. Karena itu, tantangan bagi guru untuk selalu memikirkan kehadiran media yang cocok dan menarik dalam pembelajarannya.
Media memiliki kedudukan yang strategis dalam pembelajaran di sekolah dasar. Semakin rendah tingkat satuan belajar yang diajar, semakin banyak media yang diperlukan. Demikian pula sebaliknya. Pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Dasar tentunya memanfaatkan media secara lebih banyak dibandingkan SMP dan SMA. Hal ini disebabkan oleh tingkat berpikir anak pada usia sekolah dasar yang masih berada pada taraf berpikir operasional-konkrit. Atas dasar ini, pemanfaatan media menjadi sebuah kebutuhan. Dengan media, pemahaman anak semakin baik.
Dalam pembelajaran keterampilan berbahasa lisan beberapa media dapat dimanfaatkan. Terdapat tiga media belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran keterampilan menyimak, yakni (1) media dengar, (2) lagu, (3) manusia. Terdapat tiga media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara, yakni (1) gambar, (2) peraga bercerita, dan (3) teks yang dibaca siswa.
Dalam pembelajaran keterampilan membaca dan menulis kehadiran media pembelajaran menjadi sebuah kebutuhan. Pemilihan dan penghadiran media ke dalam pembelajaran haruslah memperhatikan ciri-ciri pembelajar dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
Dalam pembelajaran keterampilan membaca, guru dapat menghadirkan media yang berupa (1) teks, (2) manusia, dan (3) audio-visual. Dalam pembelajaran keterampilan menulis, guru dapat menghadirkan media yang berupa (1) gambar, (2) foto, (3) lingkungan sekitar, dan (4) benda model. Media-media pembelajaran itu harus dihadirkan dalam pembelajaran. Media itu dapat mempermudah guru dalam mengajar dan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi.

Sumber :
Santoso, DR. Anang, M.Pd. (2013). Buku Materi Pokok Mata Kuliah Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD : Modul 6 : Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka




Setelah membaca ikhtisar Modul 1 s.d. 6 di atas, silakan Saudara baca modul 7 dan 8 BMP Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD lalu buatlah rangkumannya beserta pertanyaan tentang materi itu minimal sebanyak 2 (dua) buah! Harapan saya, pertanyaan Saudara merupakan pertanyaan seorang mahasiswa, bukan pertanyaan siswa sekolah dasar. Kumpulkan dan serahkan rangkuman tersebut kepada PPM Dabo Singkep! In Sha Allah, kita akan membahas modul 7 dan 8 pada pertemuan ketujuh nanti.
Selanjutnya, Saudara diharapkan mempersiapkan diri untuk mengerjakan tugas tutorial minggu ketujuh nanti. Tugasnya adalah membuat silabus dan RPP dengan materi kesusastraan. Saudara diberi kebebasan untuk menentukan materi dari kelas berapa dan bagaimana merancang pembelajarannya. Pengerjaan tugas tutorial minggu ketujuh nanti dilakukan secara manual menggunakan tulisan tangan di dalam kelas. Persiapkanlah alat tulis yang dibutuhkan untuk itu.
Saya akan menilai tugas tutorial Saudara berdasarkan instrumen penilaian seperti yang terdapat dalam :
http://syamsulhendry.blogspot.com
Silakan Saudara melayari halaman tersebut sebagai rambu-rambu dalam pengerjaan tugas tutorial minggu ketujuh nanti !

Wahai pembaca yang budiman,
Sedikit pun tak terbersit
dalam pikiranku
agar ada pembenaran dari anda
Hanya satu pintaku,
kirimkanlah pembetulan kepadaku
agar tulisanku semakin bercahaya meski bersahaya.
Silakan layangkan saran dan kritik anda melalui surel : syamsulhendry@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar