# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Senin, 24 Juni 2013

Singkep Pesisir : Asal name kampongnye

Singkep pesisir merupakan wilayah kecamatan Singkep yang terletak di pesisir timur pulau Singkep. Ade kisah asal mule name-name di wilayah tu.

Syahdan, bermule kisah dari due orang pemude yang suke berpetualang, nak pegi ke mane-mane tempat. Mereke berdue bejalan membawa ambong dari Dabo (Dabo Lama; sekarang).

Disebut Dabo Lama karena awalnya, yang disebut Dabo di seputaran Dabo Lame tu. Kampung Baru ade setelah lame. Baru karene lame. Ade bahru, ade asal. E eh nyanyok pulak. Kampong Boyan, ceritenye, di Kampong Boyan tu di awal kisah ditempati orang-orang boyan (Bawean).

Alkisah, tibelah budak bedue tu di Berindat. Waktu die nak lalu, di paret tu banyak buaye. Ade juge ula tedong. Ade beratus ekor kere sedang manjat pokok rambai, duku, rambutan. Pas musem buah mang waktu tu. Di sane sini beserak batang kayu tumbang. Susah mereke nak lalu. Malam tadi ade taong mang sehingge banyak pokok besa tumbang menghalang jalan. Dengan segale upaye dan care, mereke dapat melalui rintangan tu. Karene banyak rintangan, mereke namekan kampong tu dengan name Berindat ( beribu rintangan datang).

Mereke melanjutkan perjalanan. Tibe di suatu tempat, mereke berhenti untuk singgah. Mereke beri name kampong tu dengan sebutan Persinggahan (Persing). Mereke berjumpe dengan batu yang belubang, mereke sebot tempat tu dengan name Batu Belubang. Mereke jumpe pokok kabau dekat suatu bukit lalu mereke namai bukit itu dengan name Bukit Kabau. Mereke jumpe sungai dekat bukit, banyak nio pulak dekat sungai tu, lalu mereke namai Bukit Sungai Nio.
Mereke jumpe ketenangan, kesejukan, dan kedamaian, lalu mereke namai kampong tu dengan name Sedamai.

Mereke lelah dan kehausan. Mereke jumpe sebuah sungai dengan air berwarna merah lalu mereke namai kampong itu Air Merah.

Mereke kelelahan meski telah minum air sungai. Mereke berundeng. Melanjutkan perjalanan atau beristirahat. Yang satu berkata, "Lanjut !"

Mereke melanjutkan perjalanan. Mereke bejumpe buah lanjut. Mereke makan je buah tu. Lalu mereke namai kampong tu dengan name Lanjut.

Mereke bejalan lagi. Aleh-aleh mereke bedue betol-betol penat. Mase tu jalan di Penat tu memang sangat gembo membuat sulit bejalan. Mereke pun berehatlah. Mereke namai kampong tu dengan name Penat.

Mereke melanjutkan perjalanan. Tibelah mereke di kampong yang ramai. Ternyate kampong itu memang tempat rehat Sang Putra Mahkota. Situs peninggalan sang putra mahkota masih ada di Kute, semisal : pondasi bangunan dan makam Raja Elang. Karena itu, Mereke namai kampong tu dengan name Kota. Secara amelioratif, Kota  berangsur-angsur berubah menjadi Kote, Kute.

Budak bedue tu bejalan lagi. Mereke tibe di suatu tempat. Mereke melihat gelagat orang kampong.  Mereke dapat kesimpulan bahwa di situ berkumpul para jagoan. Tempat itu merupakan pintu masuk sehingge harus dijage agar tidak ada penjahat yang masok. Lalu mereke beri name kampong tu sebagai kampong Jago. Secara amelioratif, berangsur-angsur berubah menjadi Jagok, Jagoh.

Sile komentari !





1 komentar: