# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Selasa, 12 Maret 2013

Peran Guru Kelas dalam Pengelolaan Kelas

Peran guru sangat besar dalam pengelolaan kelas karena guru sebagai penanggung jawab kegiatan pembelajaran di kelas. Guru merupakan sentral serta sumber kegiatan pembelajaran. Guru harus penuh inisiatif dan kreatif dalam mengelola kelas karena gurulah yang mengetahui secara pasti situasi dan kondisi kelas terutama keadaan siswa dengan segala latar belakangnya.

Dalam kaitannya dengan tugas pengelolaan kelas ada beberapa peran guru yang harus dilakukan sebagai berikut :

1. Peran guru sebagai pengajar

Peran ini mewajibkan guru menyampaikan sejumlah materi pelajaran sesuai dengan SK / KD yang berupa informasi, fakta, tugas, serta keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Untuk itu, guru harus menguasai materi pelajaran, metode mengajar, dan teknik-teknik evaluasi. Dalam peran ini guru dianggap sumber informasi dan sumber belajar utama. Oleh karena itu guru harus selalu menambah dan memperluas wawasannya dengan ilmu pengetahuan  dan teknologi yang sedang berkembang saat ini.

2. Peran guru sebagai pendidik

Tugas guru bukan saja mengajar, tetapi lebih dari itu, mengantar siswa menjadi manusia dewasa yang cakap dan berbudi luhur. Dalam hal ini, peranan guru dalam pembentukan sikap, mental, dan watak sangat dominan. Secara psikologis, siswa memerlukan guru di sekolah sebagai pengganti orang tuanya. Karena itu, guru harus memperhatikan siswa terutama sikap, tingkah laku, ketertiban, dan kedisiplinannya. Di samping itu, guru harus memperhatikan kebiasan-kebiasaan, kelainan-kelainan, kekhususan-kekhususan, kelebihan dan kekurangan masing-masing siswa.

3. Peran guru sebagai pemimpin

Peran guru tidak saja terbatas pada kelas, namun juga di luar kelas. Peran guru tidak hanya pada saat pelajaran berlangsung, tetapi juga sebelum dan sesudah pelajaran berlangsung. Guru adalah pemimpin dan penanggungjawab utama di kelasnya. Karena itu, apa yang terjadi di kelas dan yang berkaitan dengan siswa secara langsung atau tidak langsung menjadi tanggung jawab guru.

Sehubungan dengan itu, guru harus banyak tahu tentang latar belakang siswanya, baik dari segi sosial, ekonomi, maupun budaya. Sebagai pemimpin kelas, guru harus mengadakan hubungan dengan sekolah lain, masyarakat sekitar sekolah, termasuk dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungannya. Oleh karena itu, hal-hal yang menyangkut tata usaha dan administrasi kelas termasuk juga dalam lingkup peran guru sebagai manager kelas.

4. Peran guru sebagai supervisor

Secara ringkas, guru berperan sebagai EMAS ( educator, manager, administrator, supervisor )

Sile kirem e-mail kepada :
syamsulhendry@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar