# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Selasa, 12 Maret 2013

Pengertian Pengelolaan Kelas


Pendukung utama tercapainya tujuan pembelajaran adalah suasana kelas yang baik dalam arti yang seluas-luasnya. Karena itu, segala macam tindakan pembinaan pendidikan sepatutnyalah diarahkan pada kelas. Di kelaslah segala aspek pendidikan dan pembelajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individunya, kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasannya bertemu, berpadu, dan berinteraksi di kelas. Bahkan hasil dari pendidikan dan pembelajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di kelas. Oleh sebab itu, sudah selayaknyalah kelas dikelola secara baik, profesional, dan harus terus-menerus.


Yang dimaksud dengan kelas adalah ruangan belajar dan / atau rombongan belajar. Pengelolaan kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar-mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan. Dengan demikian, pengelolaan kelas merupakan usaha sadar untuk mengatur kegiatan pembelajaran secara sistematis. Usaha sadar itu mengarah pada penyiapan bahan belajar, penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi / kondisi proses pembelajaran, dan pengaturan waktu sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Kemampuan dan keterampilan dalam mengelola kelas seharusnya dimiliki oleh guru karena gurulah yang bertugas mengelola kelas. Guru harus mengetahui kondisi dan kekhususan kelasnya, baik yang menyangkut siswa mapun lingkungan fisik kelas.

Sile kirem e-mail kepada

syamsulhendry@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar