# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Jumat, 04 Mei 2012

Asal Mula Nama Pulau Mensanak

Asal Mule Name Pulau Mensanak

Pulau Mensanak merupakan salah satu pulau yang terdapat dalam gugusan pulau di kecamatan Senayang. Pulaunye besar berbentuk bumerang. Posisinya berada di kanan luar. Kabarnye, pulau Mensanak merupakan pulau yang terletak paling luar dari pulau-pulau lain. Selain itu, dekat pula dengan wilayah Kabupaten Bintan, terutama dengan Teluk Dalam, Malang Rapat, Berakit.

Konon cerite, datanglah serombongan kapal layar dari benua Eropa. Mereke singgah di pulau itu. Tak satu pon yang tahu ape yang nak mereke buat di situ. Mereke berbondong-bondong turun di pulau itu. Lame juge mereke di pulau itu. Mereke suke sekali dengan kawasan pulau Mensanak. Ade yang memancing, ade yang bermain-main dengan ombak, ade yang bermain-main dengan pasir laut nan halus.

Ternyate, mereke semue berasal dari Yunani. Tak de satu pon masyarakat pulau Mensanak yang tahu bahse mereke. Cakap punye cakap, mereke tak dapat nak tahu name pulau tu. Mereke pon menamekan sendirilah pulau tu dengan name "Mensana in Corporessano". Sejak itu, lekatlah name pulau tu dengan name Mensana in Corporessano. Karene lidah Melayu tak lepas sangat menyebot kate-kate itu, lambat laon namenye berubahlah menjadi Mensanak. Hingge kini, pulau itu bername pulau Mensanak.

Sampai hari ini, pulau Mensanak masih sering dikunjungi oleh turis-turis asing dengan menggunakan kapal-kapal layar mereka sendiri. Terbokti, wai.

Begitulah awal mule name pulau Mensanak seperti diceritekan Pak Salim Noi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar