# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Kamis, 21 April 2011

Sapi Kawin, Jalan Macet


Sapi Kawin, Jalan Macet

     Jika musim kawin sapi tiba, polisi lalu lintas di Kamboja harus bekerja ekstra keras. Maklum, sapi-sapi itu seringkali kawin di tengah jalan sehingga membuat lalulintas yang cukup padat menjadi macet total. Apa yang dilakukan para petugas ?
     Para petugas menyebar di beberapa titik jalan. Dengan dibekali pentungan dan tentu saja senjata api, mereka mengawasi sapi-sapi yang berkeliaran. Biasanya tiba-tiba ada sapi betina berlarian dan lalu dikejar oleh sapi jantan. Sapi tersebut ingin kawin meski di tengah jalan. Para petugas langsung bereaksi menangkapnya.
     Di jalanan kota Pnom Penh, misalnya, sedikitnya ada 13 sapi yang berhasil ditangkap petugas selama sepekan. Sapi-sapi itu berkeliaran hingga ke tengah jalan. „Hewan-hewan itu sering menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Karena di saat musim kawin, hewan tersebut dengan liar mengejar pasangannya hingga memasuki jalan raya,“ kata Deputi Kepala Kepolisian setempat.
     Warga pengguna jalan raya di beberapa kota di Kamboja juga mengeluhkan banyaknya sapi yang berkeliaran itu. Yang paling menjengkelkan mereka tentu saja karena lalulintas menjadi sering macet. „Mereka yang asyik kawin, malah kita yang repot,“ seloroh seorang warga.


(Karya Zaenuddin H.M. 111 Peristiwa Aneh Sejagat. PT Ufuk Publishing House. @2010)

Č☼ÞΨЯΪбĤŤ βψ Encik_Syamsul_Hendry®

Kamus Cakap Melayu

oleh E. Syamsul Hendry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar