# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Rabu, 20 April 2011

Hidup Tanpa Uang


Pria Hidup Setahun Tanpa Uang Sepeser

     Uang bukanlah segala-galanya di dalam hidup ini. Tapi, bisakah seseorang hidup tanpa uang ? Ternyata bisa ! Ini sudah dibuktikan langsung oleh Mark Boyle (30) di Inggris. Dia bisa hidup selama setahun tanpa membelanjakan uang sepeser pun. Bahkan dia sangat bahagia.
     Bagaimana caranya ? Begini. Boyle memilih tinggal di sebuah caravan di Timsburry, dekat Bath, Inggris. Dia hidup mandiri : menanam bahan makanan sendiri dan menggunakan kembali sampah-sampah yang dibuang orang lain. Baju, celana, handuk, selimut, berasal dari pakaian bekas. Teleponnya pun hanya untuk menerima panggilan. Shower di kamar mandinya menggunakan tenaga matahari.
     “Itu merupakan saat paling bahagia dalam hidup saya dan saya akan meneruskannya. Saya tidak melihat alasan untuk kembali ke dunia yang berorientasi uang. Hidup tanpa uang sangat membebaskan. Tentu ada tantangan, tetapi saya tidak punya stres terkait rekening bank, tagihan, kemacetan, dan berlama-lama dalam pekerjaan yang tidak saya sukai,“ tuturnya.
     Boyle berencana akan mempromosikan gerakan freeconomy itu kepada semua orang. Dia juga mengajari keterampilan bagaimana hidup secara sederhana. Dia yakin, 20 tahun ke depan, orang akan memulai pola hidup seperti ini. Terbukti dia merasa sangat bahagia. Anda ingin mencobanya?

(Karya Zaenuddin H.M. 111 Peristiwa Aneh Sejagat. PT Ufuk Publishing House. @2010)

Č☼ÞΨЯΪбĤŤ βψ Encik_Syamsul_Hendry®

Kamus Cakap Melayu

oleh E. Syamsul Hendry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar