# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Jumat, 21 Januari 2011

Hujan Darah di India

Kamus Cakap Melayu

oleh E. Syamsul Hendry


Hujan Darah Guyur Kota di India

     Bayangkan betapa mengerikan bila hujan darah turun ke bumi. Atap gedung, genting rumah, pepohonan, dan tanah-tanah bagai bersimbah darah. Darah itu pun mengalir ke mana-mana terutama ke tempat-tempat yang rendah. Peristiwa langka ini benar-benar terjadi di beberapa kota di wilayah India.
     Hujan darah itu mengguyur kota Kottayam dan Idukki di wilayah selatan India. Juga di daerah pinggiran kedua kota tersebut. Sebanyak 500.000 meter kubik air berwarna merah turun dari langit dan membasahi wilayah yang cukup padat penduduknya itu. Tentu saja ini membuat takut warga setempat.
     Pemerintah India dan beberapa ilmuwan kemudian melakukan penelitian. Godfrey Louis dan Santosh Kumara dari Universitas Mahatma Gandhi mencoba meneliti apa dan mengapa sampai turun hujan darah. Mereka mengumpulkan lebih dari 120 laporan dari penduduk setempat. Contoh air hujan darah pun dijadikan sampel, diambil dari wilayah sepanjang 100 kilometer.
     Semula warna merah itu dikira akibat polusi dari pasir gurun yang memang warnanya kemerah-merahan. Namun setelah dilakukan penelitian, ternyata itu adalah kumpulan berjuta sel hitup. Sebelum merah, warnanya berubah-ubah dari hijau, kuning, hitam, dan akhirnya merah. Jadilah hujan darah.
     Video yang merekam peristiwa hujan darah itu kemudian beredar lewat youtube dan sempat menghebohkan beberapa negara di Asia termasuk Indonesia .

(Karya Zaenuddin H.M. @2010)

Č☼ÞΨЯΪбĤŤ βψ Encik_Syamsul_Hendry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar