# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Jumat, 17 Juni 2016

Tanggapan atas Pertanyaan Modul 7 tentang Perkembangan Membaca Anak pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa untuk Mahasiswa Program Studi S.1 PGPAUD Universitas Terbuka UPBJJ Batam Pokjar Dabo Singkep

1. Bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mempunyai minat untuk mendengarkan guru bercerita ?
  Guru harus mengeluarkan segala kemampuannya yang variatif. Metode, materi, tema, gaya, dinamika suara, dan cara bercerita guru hendaknya bervariasi. Hal itu tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena itu, dibutuhkan berbagi pengalaman sesama teman dalam forum KKG ( Kelompok Kerja Guru ) atau semacamnya.
Guru itu artis. Guru itu aktor/aktris di dalam kelas. Guru harus mampu menjadi model (panutan) siswa. Guru harus senantiasa mencari bentuk / format terbaik dalam menyajikan pembelajaran. Guru harus mampu menghilangkan segala kegalauan dan kegelisahan hidup dan kehidupan yang dideritanya ketika menyajikan pembelajaran.
2. Kemampuan membaca dan menyimak melibatkan proses kognitif yang aktif. Jelaskan !
  Proses kognitif yang aktif adalah proses yang melibatkan pengetahuan secara aktif. Dalam membaca dan menyimak, tentu saja melibatkan pengetahuan tentang makna kata yang dibaca atau disimak. Perbendaharaan kosa kata anak usia dini tentu saja sangat dipengaruhi oleh orang tua, lingkungan, dan sekolah (PAUD/TK). Guru tidak boleh menyamaratakan kemampuan kognitif semua anak.
3. Bagaimana cara guru agar anak bisa gemar membaca ?
4. Bagaimana cara guru mengatasi anak agar memiliki minat untuk membaca ?
   Agar anak usia dini gemar membaca, tentu saja dengan contoh dan teladan dari sang guru. Tentu saja orang tua dan lingkungannya sangat mempengaruhi hal itu. Selain itu, buku-buku yang menarik tentu akan memberikan motivasi bagi anak untuk mengetahui isinya. Buku-buku yang lusuh, koyak-koyak, dan sedikit berbau, tentu tidak akan menarik bagi siapa pun. Karena itu, kreativitas guru sangat diperlukan untuk senantiasa menata sudut perpustakaan agar selalu tampil cantik dan menggoda. Catat! Kreativitas tidak selalu membutuhkan biaya mahal.
5. Apa yang dimaksud dengan membaca merupakan keterampilan bahasa tulis yang bersifat reseptif ?
   Reseptif artinya menerima. Ketika membaca, seorang pembaca akan menerima makna dan struktur bahasa yang ditulis oleh penulis.
6. Bagaimana cara mencari nilai-nilai keindahan atau pengalaman estetis ? Apa pengertian estetis ? Estetis artinya keindahan; bersifat indah.
7. Berikan contoh dari kemampuan perseptual motoris !
    Bacalah modul halaman 7.7 !
8. Jelaskan kemampuan lateralisasi ! Baca modul halaman 7.8. !
   Lateralisasi lebih menekankan pada fungsi otak kanan dan kiri, menurut saya. Setidaknya dengan begitu, guru dapat melihat anak kidal atau tidak. Bisa juga untuk melatih kekompakan otak dengan tangan, misalnya dalam permainan tangan kanan digenggam lalu pukul ke paha sedangkan tangan kiri dibuka lalu gosok ke paha. Kemudian bertukar.
9. Menurut pendapat siapakah yang menyatakan bahwa perkembangan membaca awal merupakan proses interaktif di mana anak-anak adalah peserta didik ?
    Baca modul halaman 7.20 !
10. Apa yang dimaksud dengan perkembangan membaca awal merupakan proses interaktif di mana anak adalah peserta aktif ?
  Proses interaktif maksudnya proses aktif antara anak dengan bacaan. Untuk melakukan aktivitas tersebut, anak harus aktif melakukan kegiatan membaca. Membaca untuk anak usia dini bukanlah membaca ini ibu Budi. Ingat ! Jangan paksakan kemampuan membaca anak usia dini !
11. Jelaskan apa yang dimaksud dengan anak-anak yang gemar membaca akan mempunyai rasa kebahasaan yang lebih tinggi ! 
  Anak-anak yang gemar membaca akan mempunyai rasa kebahasaan yang lebih tinggi karena perbendaharaan kosa kata dan pengetahuannya tentang struktur bahasa lebih banyak dibandingkan yang lain.
12. Apa saja yang termasuk dalam tahapan-tahapan membaca ? Baca modul halaman 7.20 !
13. Apa pentingnya kemampuan membaca bagi anak ? Singkatnya, dengan kemampuan membaca, jendela pengetahuan terbuka seluas-luasnya.
14. Kapan kemampuan membaca dan menulis itu mulai diajarkan ? Baca modul halaman 12.13 – 12.15 !
15. Bagaimana cara mengetahui kesiapan anak untuk diajar membaca ? Baca modul halaman 11.5 – 11.10 !
16. Mengapa kemampuan membaca sangat penting bagi anak ? Baca modul halaman 11.5 !
17. Apa yang dimaksud dengan pengembangan membaca dapat dilakukan secara konseptual ?
  Pengembangan membaca dapat dilakukan secara konseptual melalui RKH/RKM yang dibuat guru, misalnya. RKH/RKM yang dibuat berdasarkan pengalaman dan pengamatan secara jujur, benar, dan berkala, tentu akan menyajikan konsep yang benar dalam proses pengembangan membaca anak usia dini. Pengembangan kemampuan membaca dan menulis untuk anak usia dini dapat dilaksanakan selama masih dalam batas-batas aturan praskolastik dan sesuai dengan karakteristik anak. Ingat ! Jangan paksakan anak belajar membaca. Sekali lagi, pahami dan bedakan bermain sambil belajar dengan belajar sambil bermain. Praskolastik bisa diartikan sebelum belajar/sekolah. TK itu taman kanak-kanak. Taman itu tempat bermain. SD itu sekolah dasar.
18. Seorang guru SD menginginkan anak yang lulus dari PAUD menjadi seorang anak yang pintar, sedangkan kita tahu pembelajaran di PAUD tidak mengajarkan calistung. Jadi, apakah cara kami ( guru PAUD ) mendidik anak yang salah atau guru SD itu yang tidak tahu tata cara mendidik dengan benar?
    Guru SD itu yang tidak tahu cara mendidik dengan benar sesuai dengan didaktik - metodik, pedagogik, psikologi perkembangan anak.
19. Bagaimana cara membuat anak berminat untuk membaca, sedangkan di usia 7 tahun ia belum bisa sedikit pun membaca walau ia kenal dengan huruf-huruf abjad A – Z ? Jika siswa lain sudah pandai membaca pada usia 7 tahun, hanya siswa itu yang tidak bisa, tentu saja siswa itu yang bermasalah. Menurut saya, bila siswa tersebut telah lebih dari 4 tahun "belajar" di PAUD namun belum bisa membaca, orang tua dan siswa itu bermasalah. Bila siswa itu baru 1 semester "belajar" di PAUD, orang tuanya yang bermasalah. Ingat! Jangan paksakan siswa PAUD / TK untuk belajar membaca. Baca modul halaman 11.13 – 11.22 !
20. Apa saja contoh dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik itu ? Motivasi intrinsik itu terdapat pada diri anak itu sendiri. Anda tentu pernah melihat anak yang senang membolak-balik buku sementara teman-temannya berkejar-kejaran di halaman. Motivasi ekstrinsik itu terdapat di luar dari diri anak itu. Misalnya, motivasi dari orang tua, lingkungan, dan guru.
21. Apa contoh dari perkembangan membaca pada anak ?
      Baca modul halaman 7.20 !
22. Apakah membaca harus diajarkan pada anak usia dini ?
  Tidak ada keharusan mengajarkan membaca pada anak usia dini. Ingat konsepnya, bermain sambil ....
23. Bagaimana cara orang tua dalam membangkitkan kemampuan membaca anak ? Baca modul halaman 7.12 !
24. Jelaskan menurut Bapak, faktor yang mempengaruhi tingkatan membaca anak ! Baca modul halaman 7.11 – 7.13 !
25. Kemampuan kesiapan membaca, kemampuan membedakan auditorial. Apa yang dimaksud dengan auditorial ? Auditorial berkenaan dengan suara. Misalnya, tekanan suara. Tekanan suara ibu / emak, meskipun lembut, anak akan mengetahui bahwa ibunya sedang marah. Baca modul halaman 11.6 !
26. Apa yang dimaksud dengan interpretasi gambar ? Interpretasi gambar maksudnya mengartikan dan memahami sebuah gambar.
27. Jelaskan apa yang dimaksud dengan makna dari “keluarga yang berbudaya tuli” ?
28. Pembaca dini ( yang telah pandai membaca sebelum masuk sekolah ) berasal dari keluarga yang berbudaya tuli. Apa yang dimaksud dengan keluarga berbudaya tuli ? Keluarga yang tidak banyak cakap, tidak berlama-lama mendengar radio atau menonton sinetron. Anak yang senantiasa melihat ayah ibu serta saudaranya membaca buku, koran, atau majalah, akan mencontohikuti kebiasaan membaca itu. Lebih-lebih lagi anak itu diberi fasilitas literatur untuk anak usia dini. Sebaliknya, anak yang setiap hari mendengar pertengkaran kedua orang tuanya, cenderung pandai bercakap, khususnya berkelit. Yang terakhir itu menurut saya, belum terbukti kebenarannya.
29. Bagaimana cara memupuk minat membaca pada AUD ?
30. Agar anak usia dini berminat membaca, guru harus selalu berusaha membuat rencana belajar yang bervariasi. Yang dimaksud dengan belajar yang bervariasi tersebut belajar seperti apa untuk AUD. Misalnya, variasi tema, bahan, media, tempat belajar, metode. Tentu saja membosankan jika ... . Sekali-kali ...
31. Apakah akibat bagi anak usia masuk SD yang dipaksakan orang tuanya untuk bisa membaca? Baca modul / BMP mata kuliah psikologi anak, perkembangan motorik, perkembangan kognitif, atau modul lain yang berisi jawaban para pakar.

Sumber :

BMP Mata Kuliah Metode Pengembangan Bahasa
Modul 7 Perkembangan Membaca Anak dan Modul 11 Metode Pengembangan Bahasa Tulisan Anak
Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi., Dra. Gusti Yarmi, M.Pd., dan Dra. Sri Wulan, M.Si.
Jakarta : Universitas Terbuka, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar