# Mengajar tanpa menggurui # Memberi nasehat tanpa merasa lebih hebat #

Kamis, 12 Mei 2016

Himbauan PGSD

HIMBAUAN

Dihimbau kepada Mahasiswa PGSD Semester IX :

1. Kerjakanlah tugas tutorial untuk pertemuan ketujuh !
2. Buatlah sebuah silabus dan RPP dengan materi / tema yang sama, yakni kesusastraan !
3. Untuk mengukur Silabus dan RPP yang Saudara buat, digunakan
    Instrumen Penilaian Kemampuan Guru ( IPKG ).
4. Selain itu, saya juga akan menganalisis Silabus dan RPP yang Saudara buat
    dengan memperhatikan : 
    a. Skala penilaian terhadap kegiatan proses belajar mengajar.
    b. Skala penilaian terhadap sikap profesionalisme guru. Sikap profesionalisme seorang guru dapat dilihat dari morale (semangat kerja) atau reaksi mental (emosi) guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya.
5. Silabus minimal memiliki data tentang Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran, Kelas/Semester, Alokasi Waktu, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, dan Sumber / Bahan / Alat.
6. Untuk menilai Silabus digunakan INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (IPKG) DALAM PENGEMBANGAN SILABUS ( AK – 01 ) yang berisi Nama Guru, Mata Pelajaran, Kelas / Semester, Alokasi Waktu, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator.
7. Aspek penilaian pengembangan silabus meliputi : 
    1.  MENGKAJI STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR 
         a. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan / atau tingkat kesulitan materi 
         b. Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran 
         c. Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompotensi dasar antar mata pelajaran 
    2. MENGIDENTIFIKASI MATERI POKOK/PEMBELAJARAN 
        a. Mempertimbangkan potensi peserta didik 
        b. Relevan dengan kateristik daerah 
        c. Mempertimbangkan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spritual peserta didik 
        d Mempertimbangkan kebermanfaatan bagi peserta didik 
        e. Mempertimbangkan struktur keilmuan 
        f. Mempertimbangkan aktualitas, kedalaman dan keleluasaan materi pembelajaran 
       g. Relevan dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan 
       h. Mempertimbangkan alokasi waktu 
   3. MENGEMBANGKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN 
        a. Disusun untuk memudahkan pemberian bantuan kepada peserta didik 
        b. Membuat rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar 
        c. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran sesuai dengan hierarki konsep materi pelajaran 
        d. Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur pencirian yang mencerminkan pengelolaan pengalaman/kegiatan belajar siswa, yakni kegiatan siswa dan materi 
   4. MERUMUSKAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 
       a. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik 
       b. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran 
       c. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan 
       d. Indikator dirumuskan dengan kata kerja operasional yang dapat diukur/diobservasi 
       e. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian 
   5. PENENTUAN JENIS PENILAIAN 
       a. Penilaian disusun berdasarkan indikator 
       b. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes 
       c. Menggunakan bentuk penilaian sesuai dengan tuntutan materi pelajaran 
       d. Penilaian sesuai dengan pengalaman yang ditempuh dalam proses belajar mengajar 
   6. MENENTUKAN ALOKASI WAKTU 
       a. Penentuan alokasi waktu setiap KD didasarkan pada jumlah minggu efektif 
       b. Alokasi waktu mata pelajaran perminggu mempertimbangkan jumlah KD, keleluasaan, kedalaman, tingkat kesulitan dan tingkat kepentingan KD 
   7. MENENTUKAN SUMBER BELAJAR 
       a. Sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar 
       b. Memperhatikan materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi 
  8. Untuk menilai RPP digunakan INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (IPKG) DALAM MENYUSUN RPP ( AK – 02 ) yang berisi Nama Guru, Mata Pelajaran, Kelas / Semester, Alokasi Waktu, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator. 
  9. Aspek penilaian penyusunan RPP meliputi :

1
TUJUAN PEMBELAJARAN

a.
Kesesuaian dengan SK, KD dan Indikator

b.
Tujuan dirumuskan dengan lengkap dan jelas
2
MATERI AJAR

a.
Berpedoman pada materi pokok/pembelajaran dalam silabus

b.
Memilih dengan tepat materi ajar sesuai dengan 
karakteristik peserta didik

c.
Menentukan materi ajar sesuai dengan taraf kemampuan
berpikir peserta didik
3
METODE PEMBELAJARAN

a.
Memilih metode pembelajaran yang relevan dengan
tujuan dan materi pembelajaran

b.
Menentukan metode pembelajaran yang bervariasi
4
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal


a.
Pengarahan tentang kegiatan belajar

b.
Apersepsi/panduan tes awal

c.
Menentukan cara-cara memotivasi peserta didik

Kegiatan Inti


a.
Menentukan jenis kegiatan

b.
Menyusun langkah-langkah mengajar

c.
Menentukan alokasi waktu belajar mengajar

d.

Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa
agar dapat berpartisipasi dalam KBM

Kegiatan Akhir


a.
Meninjau kembali penguasaan inti pelajaran

b.
Merancang tugas rumah

c.
Mempersiapkan pertanyaan
5
ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

a.
Menentukan Pengembangan alat pengajaran

b.
Menentukan media pengajaran

c.
Menentukan sumber belajar
6
PENILAIAN

a.
Menentukan prosedur dan jenis penilaian

b.
Membuat alat penilaian
7
KESAN UMUM RENCANA PEMBELAJARAN

a.
Kebersihan dan kerapian

b.
Kepraktisan penggunaan format

c.
Penggunaan bahasa tertulis

10. Untuk menilai pelaksanaan pembelajaran digunakan INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (IPKG) DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( AK – 03 ) yang berisi Nama Guru, Mata Pelajaran, Kelas / Semester, Alokasi Waktu, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator.

11.  Aspek penilaian pelaksanaan pembelajaran meliputi :

1
KEGIATAN AWAL

a.
Mengerjakan tugas rutin kelas

b.
Menyampaikan bahan pengait / apersepsi

c.
Memotivasi peserta didik untuk melibatkan diri dalam kegiatan belajar-
mengajar
2
KEGIATAN INTI

a.
Menyampaikan bahan

b.

Menggunakan metode pembelajaran bervariasi sesuai dengan KD,
materi, kemampuan peserta didik, situasi dan kondisi

c.
Menggunakan alat bantu/media pembelajaran

d.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam urutan yang logis

e.
Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien dan efektif

f.
Penguasaan materi pembelajaran

g.
Pengorganisasian peserta didik

h.
Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif

i.
Interaksi guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik

j.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap pendapat peserta didik

k.
Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi

l.
Menggunakan bahasa yang baik, benar dan efektif

m.
Melaksanakan penilaian selama proses berlangsung

n.
Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran


3
KEGIATAN AKHIR

a.
Menyimpulkan pelajaran/rangkuman

b.
Melaksanakan tindak lanjut

1.      Saya harap mahasiswa tidak lupa menulis nama dan NIM pada lembar tugas.

2.      Demikian untuk menjadi perhatian.

Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar untuk Mahasiswa Semester 9 Program Studi S.1 PGSD FKIP UT UPBJJ Batam Subpokjar Dabo Singkep



Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa seorang pendidik haruslah memiliki empat kompetensi : (i) pedagogik, (ii) kepribadian, (iii) profesional, dan (iv) sosial.
·      Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi (1) pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan (2) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
·    Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia.
·   Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.
·         Kompetensi sosial adalah kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua / wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
Salah satu hal yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik dan profesional adalah masalah pengelolaan dan penguasaan pendidik terhadap media pembelajaran.
Media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada dasarnya adalah segala sesuatu yang Anda gunakan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran tersebut. Media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang Anda gunakan setidaknya harus memenuhi kriteria (1) fungsional, (2) tersedia, (3) murah, dan (4) menarik.
Media pembelajaran yang Anda gunakan harus benar-benar menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran bahasa dan sastra yang Anda laksanakan, benar-benar Anda dapatkan pada saat memerlukannya dalam proses pembelajaran, tidak perlu mahal karena pada dasarnya Anda dapat menggunakan apa saja yang berada di lingkungan tempat Anda mengajar,dan yang penting bahwa media pembelajaran yang Anda gunakan harus menarik bagi siswa.
Dalam pembelajaran, kita dapat mengembangkan media berbasis manusia, media berbasis cetakan, media berbasis audio-visual, dan media berbasis komputer. Media-media itu dipilih dan digunakan dengan memperhatikan ciri-ciri pembelajar dan tujuan pembelajaran.
Saudara mahasiswa, kehadiran media dalam pembelajaran adalah sebuah kebutuhan. Sebuah pembelajaran akan semakin bermakna apabila menghadirkan media. Tanpa kehadiran media, pembelajaran dapat berjalan dengan verbalisme. Karena itu, tantangan bagi guru untuk selalu memikirkan kehadiran media yang cocok dan menarik dalam pembelajarannya.
Media memiliki kedudukan yang strategis dalam pembelajaran di sekolah dasar. Semakin rendah tingkat satuan belajar yang diajar, semakin banyak media yang diperlukan. Demikian pula sebaliknya. Pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Dasar tentunya memanfaatkan media secara lebih banyak dibandingkan SMP dan SMA. Hal ini disebabkan oleh tingkat berpikir anak pada usia sekolah dasar yang masih berada pada taraf berpikir operasional-konkrit. Atas dasar ini, pemanfaatan media menjadi sebuah kebutuhan. Dengan media, pemahaman anak semakin baik.
Dalam pembelajaran keterampilan berbahasa lisan beberapa media dapat dimanfaatkan. Terdapat tiga media belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran keterampilan menyimak, yakni (1) media dengar, (2) lagu, (3) manusia. Terdapat tiga media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara, yakni (1) gambar, (2) peraga bercerita, dan (3) teks yang dibaca siswa.
Dalam pembelajaran keterampilan membaca dan menulis kehadiran media pembelajaran menjadi sebuah kebutuhan. Pemilihan dan penghadiran media ke dalam pembelajaran haruslah memperhatikan ciri-ciri pembelajar dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
Dalam pembelajaran keterampilan membaca, guru dapat menghadirkan media yang berupa (1) teks, (2) manusia, dan (3) audio-visual. Dalam pembelajaran keterampilan menulis, guru dapat menghadirkan media yang berupa (1) gambar, (2) foto, (3) lingkungan sekitar, dan (4) benda model. Media-media pembelajaran itu harus dihadirkan dalam pembelajaran. Media itu dapat mempermudah guru dalam mengajar dan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi.

Sumber :
Santoso, DR. Anang, M.Pd. (2013). Buku Materi Pokok Mata Kuliah Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD : Modul 6 : Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka




Setelah membaca ikhtisar Modul 1 s.d. 6 di atas, silakan Saudara baca modul 7 dan 8 BMP Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD lalu buatlah rangkumannya beserta pertanyaan tentang materi itu minimal sebanyak 2 (dua) buah! Harapan saya, pertanyaan Saudara merupakan pertanyaan seorang mahasiswa, bukan pertanyaan siswa sekolah dasar. Kumpulkan dan serahkan rangkuman tersebut kepada PPM Dabo Singkep! In Sha Allah, kita akan membahas modul 7 dan 8 pada pertemuan ketujuh nanti.
Selanjutnya, Saudara diharapkan mempersiapkan diri untuk mengerjakan tugas tutorial minggu ketujuh nanti. Tugasnya adalah membuat silabus dan RPP dengan materi kesusastraan. Saudara diberi kebebasan untuk menentukan materi dari kelas berapa dan bagaimana merancang pembelajarannya. Pengerjaan tugas tutorial minggu ketujuh nanti dilakukan secara manual menggunakan tulisan tangan di dalam kelas. Persiapkanlah alat tulis yang dibutuhkan untuk itu.
Saya akan menilai tugas tutorial Saudara berdasarkan instrumen penilaian seperti yang terdapat dalam :
http://syamsulhendry.blogspot.com
Silakan Saudara melayari halaman tersebut sebagai rambu-rambu dalam pengerjaan tugas tutorial minggu ketujuh nanti !

Wahai pembaca yang budiman,
Sedikit pun tak terbersit
dalam pikiranku
agar ada pembenaran dari anda
Hanya satu pintaku,
kirimkanlah pembetulan kepadaku
agar tulisanku semakin bercahaya meski bersahaya.
Silakan layangkan saran dan kritik anda melalui surel : syamsulhendry@gmail.com